Soal Kesetaraan Gender di Korps Bhayangkara, Kapolri Pastikan Telah Diterapkan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam rapat kerja bersama Komisi III DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan , Jakarta Pusat, Rabu, 12 April 2023. Foto: Istimewa

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam rapat kerja bersama Komisi III DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan , Jakarta Pusat, Rabu, 12 April 2023. Foto: Istimewa

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia atau Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memastikan kesetaraan gender telah diterapkan di lingkungan Korps Bhayangkara. Hal itu terbukti dari penempatan polisi wanita (polwan) dalam beberapa jabatan, termasuk dengan risiko tinggi. 

“Sebagai catatan, pada internal Polri kesetaraan gender juga menjadi poin penting bagi kami. Sebagai wujud nyata, Polri telah mengesahkan Perkap Nomor 1 Tahun 2022 tentang Pengarusutamaan Gender di Lingkungan Polri," ujarnya dalam rapat kerja bersama Komisi III DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu, 12 April 2023.

Kapolri mengungkapkan pada 2022 sudah terdapat tiga Polwan yang berhasil meraih pangkat Inspektur Jenderal Polisi atau Irjen Pol, dan masih terdapat dua polwan berpangkat Brigadir Jenderal Polisi atau Brigjen Pol.

Dalam struktur organisasi polisi, Irjen Pol merupakan pangkat polisi di atas Brigjen Pol dan di bawah Komisaris Jenderal Polisi (Komjen Pol). Sementara urutan tertinggi adalah Jenderal Polisi.

"15 Polwan berpangkat kombes pol menduduki jabatan kasatker, 9 polwan menduduki jabatan kapolres/ta dan masih banyak lagi polwan yang menduduki jabatan operasional, strategis, maupun jabatan high risk, seperti pada misi perdamaian dunia, Densus 88 Antiteror, serta pasukan Brimob," jelas Kapolri.

Dijelaskan pula oleh Kapolri, penempatan dan pembinaan karier terhadap seluruh anggota, termasuk polwan selalu disesuaikan dengan porsi dan kemampuannya. Hal itu berlaku mulai dari jenjang tamtama, bintara, hingga perwira.

Pilihan Editor: Menilik Tema International Women's Day 2023, Inovasi dan Teknologi untuk Kesetaraan Gender

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."