Tips Memilih Tableware Berkualitas: Cantik, Bergaya, dan Baik Buat Kesehatan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Pengunjung Tableware Bazaar Mal Ciputra Jakarta memilih keramik HSI di area Center Court lantai Lower Ground. Tableware Bazaar Mal Ciputra Jakarta berlangsung mulai 20-26 Maret 2023/ Istimewa

Pengunjung Tableware Bazaar Mal Ciputra Jakarta memilih keramik HSI di area Center Court lantai Lower Ground. Tableware Bazaar Mal Ciputra Jakarta berlangsung mulai 20-26 Maret 2023/ Istimewa

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ada berbagai jenis tableware yang digunakan untuk bersantap. Pada umumnya peralatan makan berupa piring, mangkuk, dan gelas berasal dari bahan plastik dan kaca.

General Manager Bazaar Keramik HSI Reny Harenda berbagi tips memilih tableware berkualitas, bergaya, dan baik untuk kesehatan. "Tableware yang baik itu yang berbobot atau berat," kata Reny di sela acara Tableware Bazaar di Mal Ciputra Jakarta pada Jumat, 24 Maret 2023. 

Ada alasan khusus di balik tableware yang berat itu. Menurut Reny, tableware yang berat berarti memiliki material yang padat dan mampu menjaga suhu makanan dan minuman yang ada di dalamnya. "Semua tableware kami bisa masuk oven, microwave, food grade, dan bebas kadmium," kata Reny seraya menambahkan produk HSI sudah diekspor ke Eropa dan Amerika.

General Manager Mal Ciputra Jakarta Ferry Irianto dan General Manager Bazaar Keramik HSI Reny Harenda berfoto seusai konferensi pers Tableware Bazaar Mal Ciputra pada Jumat, 24 Maret 2023/ Istimewa

Mengenai pemakaian tableware yang terlihat seperti bahan keramik, namun ringan, Reny menjelaskan, pada umumnya jenis tableware seperti itu memiliki rongga di dalamnya. Kondisi tableware seperti ini, dia melanjutkan, berpotensi memiliki penyerapan air atau water absorbsion yang tinggi. 

Reny mencontohkan, apabila ada mangkuk mi yang bernoda dan sukar hilang meski sudah dicuci berulang kali, maka kemungkinan ada cairan yang meresap dan terjebak di dalam mengkuk itu. Dalam memilih tableware berkualitas, dia mengingatkan agar konsumen memperhatikan apakah peralatan makan dan minum itu telah lulus Standar Nasional Indonesia (SNI) dan mengantongi sertifikasi halal. 

Saat datang ke pameran atau berbelanja di area peralatan makan yang berpotensi pecah, dia menyarankan agar penyelenggara dan pengunjung berhati-hati. Pertama, perhatikan penataan produk atau display-nya. "Sebaiknya ketinggian meja pameran tidak lebih dari 30 sentimeter," katanya. Begitu juga ketinggian tumpukan keramik tidak lebih dari 30 sentimeter.

Apabila pengunjung ingin melihat atau mendapatkan tableware yang berada di bawah atau sulit dijangkau, Reny melanjutkan, sebaiknya meminta tolong kepada petugas agar proses pengambilannya lebih aman. Dan yang juga penting adalah menyiapkan tenaga dan peralatan belanja yang memadai karena Anda akan membawa pulang tableware berkualitas yang tentunya berat.

Pilihan Editor: Intip Koleksi Tableware Wayang Beber Ghea Panggabean

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."