Netflix Hadirkan 5 Sineas Perempuan Asia di Reflections of Me

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
(dari kiri) Marla Ancheta, Eirene Tran Donohue, Kamila Andini, Manatsanun 'Donut' Phanlerdwongsakul, Anupama Chopra, dan Marissa Anita dalam acara Netflix bertajuk Reflections of Me, di The Hall, Senayan City, Jakarta, pada Kamis, 16 Maret 2023. Foto: Netflix

(dari kiri) Marla Ancheta, Eirene Tran Donohue, Kamila Andini, Manatsanun 'Donut' Phanlerdwongsakul, Anupama Chopra, dan Marissa Anita dalam acara Netflix bertajuk Reflections of Me, di The Hall, Senayan City, Jakarta, pada Kamis, 16 Maret 2023. Foto: Netflix

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Merayakan Hari Perempuan Internasional atau International Women's Day yang diperingati setiap 8 Maret, Netflix mengadakan diskusi panel bertajuk Reflections of Me pada Kamis, 17 Maret 2023. Di diskusi tersebut, lima sineas perempuan Asia berbagi pandangannya terkait representasi tokoh perempuan di layar lebar dan pengaruh positifnya kepada kaum Hawa di industri kreatif.

Sebelum diskusi dimulai, Amy Kunrojpanya, Vice President, Public Relations - Asia Pacific, Netflix mengawali dengan sekapur sirih yang menginspirasi. Dia mengatakan Reflections of Me diadakan untuk memberi penghargaan kepada para perempuan penuh inspirasi baik di depan dan belakang kamera, juga menghubungkan orang-orang dari beragam latar belakang dan budaya.

“Di Netflix, kami yakin bahwa kisah-kisah menakjubkan bisa berasal dari mana saja dan dampak terbaik dari kisah-kisah tersebut adalah terciptanya rasa empati serta pemahaman. Sudah selayaknya ada lebih banyak representasi yang tercermin di layar, dan kami ingin memberi pengalaman luar biasa saat publik melihat cerminan mereka dalam tayangan Netflix,” sambungnya.

Setelah itu, penyair dan komedian Sakdiyah Ma’ruf mempersembahkan puisi tentang pentingnya menghadirkan representasi di layar.

(kiri ke kanan) Amy Kunrojpanya, Marla Ancheta, Eirene Tran Donohue, Kamila Andini, Manatsanun ‘Donut’ Phanlerdwongsakul, Anupama Chopra, Marissa Anita, dan Sakdiyah Ma’ruf dalam acara Netflix yang bertajuk Reflections of Me, Kamis, 16 Maret 2023. TEMPO/Marvela

Pengalaman Sineas Perempuan

Dalam diskusi panel bertajuk “Reflections of Me - Representation in Southeast Asia TV and Cinema”,  aktris, jurnalis, dan pembawa acara Marissa Anita bertindak sebagai moderator. Marissa memimpin diskusi dengan cair dan hangat di antara sineas yang antusias bertukar pengalaman.

Adapun lima sineas perempuan yang menjadi pembicara adalah kritikus film Anupama Chopra dari India; penulis naskah Eirene Tran Donohue (A Tourist’s Guide to Love) asal Vietnam-Irlandia; sutradara Kamila Andini (Gadis Kretek) dari Indonesia; aktris, sutradara, produser, dan penulis Manatsanun ‘Donut’ Phanlerdwongsakul (Thai Cave Rescue) asal Thailand; serta sutradara Marla Archeta (Doll House) dari Filipina.

Kritikus film, Anupama Chopra dari India dalam acara Netflix bertajuk Reflections of Me, di The Hall, Senayan City, Jakarta Pusat, pada Kamis, 16 Maret 2023. Foto: Netflix

Mereka berbagi mengenai pengalaman sebagai perempuan dalam industri kreatif dan perjalanan mereka menghadirkan berbagai karakter perempuan yang autentik dan menggugah di layar,
serta pengaruh positif melibatkan lebih banyak perempuan di depan dan balik kamera.

Para panelis sepakat bahwa dibutuhkan lebih banyak percakapan untuk memantik perubahan yang menyeluruh di dalam industri.

“Walau perlahan, percakapan mengenai representasi dan narasi memiliki pengaruh pada apa yang pada akhirnya tampil di layar. Diskusi seperti yang kita lakukan hari ini juga akan membantu,” kata Anupama Chopra.

Baca juga: Kamila Andini Ungkap Deretan Film Favoritnya: My Girl hingga Dr. Samsi

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."