Mengenal Lebih Dekat Callista Aldenia, Remaja yang Bikin Baju Costum untuk Billie Eilish

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Callista Aldenia. Foto: Instagram/@soniadewi

Callista Aldenia. Foto: Instagram/@soniadewi

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta Kabar gembira datang dari industri mode Indonesia. Kali ini mengisahkan pencapaian Callista Aldenia atau akrab disapa Ita. Busana khusus atau custom buatannya dipakai oleh Billie Eilish untuk melengkapi penampilannya di konser Amerika Serikat.

Kisah tersebut dibagikan oleh ibundanya, Sonia Dewi Wiriadinati di akun Instagram resminya pada Senin, 13 Februari 2023 lewat unggahan video.

Di video berisi kompilasi foto itu, Sonia membubuhkan keterangan yang mengisahkan awal mula Callista yang hobi menggambar anime hingga mendesain baju sejak kecil. Kemudian waktu pandemi, Ita iseng jual baju bekas atau thrift secara daring untuk tambahan uang jajan. Nama akunnya di Instagram adalah dressedlikeparents. Dan, respons-nya tak terduga, laku keras.

"Lama-lama bikin baju dengan desain sendiri. Rework baju-baju thrift jadi desain baru. Satu model, cuma ada satu piece," tulis Sonia.

Salah satu baju buatan Ita diketahui pernah dibeli senilai hampir Rp8 juta dalam sebuah lelang.

Pada suatu hari, Ita mendapatkan surat elektronik dari Shirley Kurata, salah satu tim penata busana penyanyi berusia 21 tahun itu. Di surat elektronik tersebut, Shirley mengungkapkan ketertarikannya akan baju yang didesain Ita, meminta Ita untuk mengirimkan foto-foto koleksi yang ada, dan penawaran untuk membuat baju khusus untuk penampilan Eilish di turnya.

"Langsung ngebut bikin desain sesuai request team stylist (permintaan tim penata gaya) Billie Eilish," jelasnya.

Menurut Sonia, pengerjaannya sangat detail. Di video itu, Ita tampak melukis di atas celana pendek bermotif hitam putih. Pengerjaan busana khusus tersebut selama dua bulan. "Sampe harus lembur ga ikut ujian sekolah demi ngejar deadline," tulisnya.

Di video itu, tampak dua sweater beda warna, satu berwarna biru-hitam, satunya lagi merah-hitam

Kemudian pada Selasa, 14 Februari 2023, Sonia merespons tingginya antusias dan permintaan terhadap baju buatan anak keduanya. Ia mengatakan akun Instagram lini baju buatan anaknya sedang vakum karena Ita sedang fokus sekolah.

"Skrg Callista @valdstc lg fokus boarding school dl. InsyaAllah thn dpn lulus SMA lanjut berkarya lg. Terimakasih ats supportnya," ujarnya.

Total terdapat empat set custom outfit yang dipesan Billie melalui pengarah gayanya (fashion stylist) pada tahun 2022. Salah satu outfit berupa longsleeve yang diberi nama "the clash blue stripe", akhirnya dikenakan Billie untuk jamming di konser Olivia Rodrigo pada tahun lalu.

Apresiasi Kemenparekraf

Pencapaian Callista juga mendapat apresiasi dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dalam unggahannya di Instagram.

"Keren banget, kan! Penyanyi terkenal aja sudah pakai jenama buatan Indonesia, sobat kapan? Yakin mau sebatas lihat-lihat aja?" tulis Kemenparekraf yang juga diunggah ulang oleh Menteri Parekraf Sandiaga Uno, Minggu malam, 26 Februari 2023.

Semoga usai Callista Aldenia lulus tahun depan dapat berkarya kembali dan mendapatkan beasiswa kuliah fashion design di London atau Paris seperti doa ibundanya. Amin. You, go girl!

Pilihan Editor: Curhat Billie Eilish Berdamai dengan Masalah Tubuhnya, Sempat Benci Diri Sendiri

INSTAGRAM | ANTARA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."