Merasa Mudah Lelah dan Stres, Yuk Mulai dari Perbaiki Kualitas Tidur

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi wanita tidur. Freepik.com/Jcomp

Ilustrasi wanita tidur. Freepik.com/Jcomp

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaStres dan lelah bermanifestasi baik secara mental maupun fisik, dan perlu niat penih serta latihan untuk tetap berpegang pada kebiasaan baru atau jadwal baru, dan itu bisa sulit dicapai ketika pikiran dan tubuh Anda sudah terhambat oleh kelelahan. Namun, bertentangan dengan persepsi populer, Anda tidak perlu mengubah setiap kebiasaan. Perubahan kecil dan konsisten adalah kunci untuk menuai keuntungan positif dalam jangka panjang.

Harvard Business Review baru-baru ini membagikan postingan di Instagram yang menyetujui hal yang sama. “Bagaimana Anda bisa membentuk kebiasaan baru saat Anda kelelahan? Kuncinya adalah memulai dari yang kecil. Ambil pendekatan pelan-pelan dan utuh untuk perubahan jangka panjang." Dalam keterangan itu juga menyatakan bahwa "tidur yang cukup dan makan dengan benar akan membantu kebiasaan lain bertahan."

Jika kamu merasa stres dan rasa lelah menghalangi goals kamu untuk punya kebiasaan gaya hidup sehat, mulailah dari hal kecil dengan 4 hal ini: 

1. Mulailah dengan tidur

Jika kamu lelah, kunci produktivitas yang lebih besar ialah cobalah perbaiki kualitas tidur dan bangun pada waktu yang sama selama seminggu. Begitu kamu mulai cukup tidur, tubuh kamu akan mendukung dalam mencapai kegiatan dan tujuan harian. 

2. Perbaiki nutrisi

Saat kamu kelelahan atau stres, mudah untuk melewatkan makan atau lupa untuk tetap terhidrasi. Untuk mengatasi hal ini, siapkan segelas air dan camilan cepat di meja Anda setiap saat — terutama saat Anda paling sibuk. Ini akan meningkatkan energi kamu, membantu konsentrasi, dan mengurangi kelelahan serta kecemasan.

3. Aktivitas fisik

Setelah kamu memulainya dengan kualitas tidur dan nutrisi baik, mulailah mengintegrasikan aktivitas fisik. Jika sepertinya terlalu banyak, mulailah dengan peregangan perlahan, dan jalan kaki setiap hari. Membangun mulai dari sana.

4. Pilih kebiasaan baru

Setelah kamu mengintegrasikan kebiasaan sehat ini, maka kamu akan memiliki energi untuk melakukan lebih banyak. Pilih hanya satu kebiasaan baru untuk dikerjakan pada satu waktu. Misalnya, kamu mungkin memutuskan untuk fokus tepat waktu, merencanakan minggu-minggu Anda sebelumnya.

Baca: Jaga Kualitas Tidur Bagian dari Persiapan Olahraga Lari

INDIAN EXPRESS 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."