Bisa Jadi Panggung Bisnis, Ada Hampir 50 ribu Pesta Pernikahan Setiap Tahun di Jakarta

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi Pernikahan (Sumber: shutterstock)

Ilustrasi Pernikahan (Sumber: shutterstock)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta Andhika Permata mengingatkan bahwa industri pernikahan berpotensi menjadi panggung bisnis. Hal ini dinilainya dari tingginya angka pernikahan di Jakarta. Maklum, angka pernikahan di Jakarta mencapai hampir 50 ribu pesta perta setiap tahun.

"Kalau kita perhatikan dari data Badan Pusat Statistik (BPS), bahwa di DKI Jakarta pada tahun 2021, terdata sejumlah 48.302 pernikahan. Tentunya, ini memberikan indikasi bahwa industri pernikahan berpotensi jadi panggung bisnis di Indonesia," kata Andhika dalam acara pembukaan Culinary Wedding Festival 2023 di Gedung Sasana Kriya Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, Jumat 3 Februari 2023.

Ilustrasi hantaran atau seserahan pernikahan. Shutterstock

Selain itu, Andhika juga mengatakan bahwa di zaman sekarang, banyak pasangan yang mempersiapkan resepsi pernikahan mereka dengan sangat serius dan menggunakan jasa perencana pernikahan (wedding planner/wedding organizer).

Melihat hal tersebut, Andhika mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sangat mendukung pertumbuhan industri pernikahan. Apalagi, menurut dia, sebagian besar pelaku industri pernikahan berasal dari usaha kecil, dan menengah (UKM).

Andhika memaparkan bahwa berdasarkan data, setiap satu acara pernikahan biasanya dapat menyerap hingga sekitar 70 orang tenaga kerja. Sedangkan pernikahan yang digelar dengan sangat besar dan megah dapat menyerap hingga 200 orang tenaga kerja.

Ia pun memberikan apresiasi atas penyelenggaraan Culinary Wedding Festival 2023 yang berlangsung pada 3-5 Februari oleh Sasana Kriya, yang dapat memberikan semangat kepada para pelaku usaha di industri pernikahan. "Bisa dilihat bersama bahwa semua entitas yang hadir pada festival ini juga memberikan semangat bagi kita semua bahwa industri pernikahan ini merupakan salah satu platform industri yang paling banyak menyerap tenaga kerja," kata Andhika.

Lebih lanjut, Andhika mengatakan bahwa kebangkitan industri pernikahan tak hanya dinantikan oleh masyarakat yang bekerja pada sektor tersebut, namun lebih luas lagi sebab tentu akan berkontribusi pada perbaikan ekonomi pasca pandemi COVID-19.

Baca: Pernikahan Anak Masih Tinggi, Perempuan Sebaiknya Menikah di Usia Minimal 21 Tahun

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."