Sambut Imlek 2023, Nikmati Jelly Fish Yusheng yang Segar dan Manis di La Moda

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Menu perayaan Imlek Savour The Flavour China Blossom x Chef Yvonne Yue x La Moda Plaza Indonesia. Foto: Dok. La Moda Plaza Indonesia

Menu perayaan Imlek Savour The Flavour China Blossom x Chef Yvonne Yue x La Moda Plaza Indonesia. Foto: Dok. La Moda Plaza Indonesia

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Berencana menjamu keluarga di restoran ibu kota untuk merayakan Imlek 2023? Jika iya, La Moda Plaza Indonesia bisa jadi pilihan kamu. Bertajuk "Savour The Flavour China Blossom", La Moda berkolaborasi dengan Chef Yyonne Yuen merilis empat menu yang menggugah selera. Apa saja itu? Mulai dari Jelly Fish Yusheng with Yuzu Sauce, Doubled Boiled Black Garlic Chicken Soup, Lanzhou Beef Noodle Soup, hingga 8 Treasure Rice with Chinese Almond Sauce.

Seperti apa rasa keempat hidangan tersebut? Berikut cerita kuliner Cantika.

1. Jelly Fish Yusheng with Yuzu Sauce

Jamuan makan dimulai dengan Yusheng. Dalam bahasa Cina, Yusheng artinya ikan mentah Makanan khas tahun baru Cina ini hanya umum di tionghoa peranakan seperti Indonesia, Singapura, dan Malaysia. Praktik ini tidak umum di Cina. Masing-masing bahan makanan memiliki arti keberuntungan dalam yu sheng.

Di menu ini, Chef Yvonne memakai ubur-ubur atau jelly fish, bukan ikan salmon pada umumnya. Menurut Yvonne, ubur-ubur semakin menambah kesegaran bersama irisan sayur warna-warni.

"Saya menggunakan ubur-ubur di menu tahun ini karena ingin menambahkan little bit crunchiness and fresh. Dan, dia cocok sekali sama bumbu dan sausnya," ucap Yvonne saat ditemui di La Moda Plaza Indonesia, pada 19 Januari 2023.

Jelly fish Yusheng with Yuzu Sauce. Foto: Dok. La Moda Plaza Indonesia

Dalam mengolah ubur-ubur, Yvonne mengatakan pentingnya proses perendaman. Mengingat ubur-ubur asin sekali, lanjutnya, ia merebus ubur-ubur sebanyak dua kali untuk menghilangkan rasa asin tersebut.

"Kita harus rendam, pouch, rendam lagi agar (ubur-ubur) mekar lagi. Prosesnya agak lama. Biasanya dua hari," tuturnya.

Ia juga mengatakan memakai bagian kepala ubur-ubur di menu Jelly Fish Yusheng with Yuzu Sauce. Karena kepala ubur-ubur lebih tebal dan kenyal ketimbang bagian tubuh lainnya.

Selain ubur-ubur, juga ada irisan wortel, lobak, timun jepang di hidangan yusheng. Ada pula bihun, jeruk bali, seledri, kerupuk pangsit minimalis, taburan wijen, dan perasan jeruk nipis.

Untuk pilihan sausnya, Chef Yvonne memilih saus yuzu karena jeruk dan olahannya identik dengan perayaan Imlek.

"Biasanya di chinese, kita selalu pakai orange (jeruk) untuk chinese new year (Tahun Baru Cina). Maknanya selalu lucky (beruntung) seluruh tahun. Jadi, saya tambahakan jeruk di dalam saus. Dan, manisnya berarti manis-manis sama keluarga, pacar, sahabat," katanya.

Sebelum menyantap hidangan, kamu dan sekeluarga disarankan mencampur dan mengangkat tinggi seluruh bahan, boleh setinggi mungkin. Jangan sampai terbuang dari piring juga, sayang bukan? Gerakan tinggi iu menandakan harapan yang dapat diraih setinggi mungkin. 

Kesan pertama yang dirasakan begitu menyantap Jelly Fish Yusheng with Yuzu Sauce adalah segar, renyah, lalu manis. Sajian ini pas sekali sebagai hidangan pembuka. Mengingat hidangan ini disajikan dalam porsi cukup besar bisa disantap untuk dua orang.

2. Doubled Boiled Black Garlic Chicken Soup

Hidangan selanjutnya yang disantap adalah sup ayam dengan bawang hitam. Menurut Chef Yvonne, hidangan ini juga kerap disantap saat Tahun Baru Cina. Sementara untuk pemilihan bawang hitam karena kaya gizi, dengan harapan yang menyantap sehat sepanjang tahun.

Doubled boiled black garlic chicken soup. Foto: Dok. La Moda Plaza Indonesia

Bagaimana dengan soal rasanya? Begitu menyantap sup di mangkuk kecil warna putih itu terasa tubuh lebih berenergi dan hangat. Rasa supnya light, membuat kita kembali ingin menyeruput supnya. Di dalam sup terdapat empat potongan ayam berukuran kecil, satu bawang hitam, dan beberapa buah kici atau wolfberries atau juga dikenal dengan goji berry.

Menurut Chef Yvonne, kici kerap digunakan dalam hidangan sup ala masyarakat Cina karena menyehatkan mata.

3. Lanzhou Beef Noodle Soup

Lanzhou beef noodle soup. Foto: Dok. La Moda Plaza Indonesia

Menu selanjutnya adalah mi daging. Cita rasa supnya light sekaligus kaya rasa kaldu daging. Tekstur mi begitu lembut di mulut. Saat disantap bersama daging dan sayur pakcoy bak harmoni yang indah di dalam mulut. Ada kelembutan mi dan daging dipadu dengan kerenyahan pakcoy.

4. 8 Treasure Rice with Chinese Almond Sauce

Hidangan penutup ini salah satu menu wajib Chef Yvonne dan keluarga. Ia kerap membuat hidangan penutup ini bersama keluarganya menjelang perayaan Imlek.

"Ini biasanya kita bikin sendiri sejak aku kecil. Biasanya bersama my grandma (nenek saya), my aunty (bibi saya). (momen membuat ketan) ini kayak family event (acara keluarga). Kita bisa intim sama-sama, it's memorable dessert (hidangan penutup penuh memori)," jelasnya.

8 treasure rice with Chinese almond sauce. Foto: Dok. La Moda Plaza Indonesia

Di hidangan ini terdapat selai kacang merah di antara ketan. Kemudian di atasnya terdapat kacang walnut, jujuba, hingga biji teratai yang berjumlah delapan. Seperti kita ketahui bersama, dalam budaya Cina, angka 8 diyakini paling hoki karena dikaitkan dengan kekayaan.

Cita rasa hidangan penutup ini sederhana mengingatkan kita pada sajian di rumah tetua. Saus almond yang tidak terlalu manis semakin mengikat semua bahan makanan saat berada di dalam mulut.

Keempat menu ini tersedia dari tanggal 16 Januari - 5 Februari 2023 di La Moda Plaza Indonesia. Untuk soal harga, keempat menu hampir Rp900.000. Jelly Fish Yusheng dibanderol Rp300.000, sementara sup ayam seharga Rp140.000. Mi daging senilai Rp280.000. Dan, hidangan penutup seharga Rp100.000.

Tertarik membawa keluarga menyantap keempat menu tersebut untuk merayakan Imlek 2023?

Baca juga: Jelang Perayaan Imlek 2023, Kue Keranjang dan Dekorasi Imlek Laris Manis

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."