16 Film Korea Sedih yang Menguras Air Mata dan Menyayat Hati, Siap-Siap Tisu

A Wedding Dress. Asianwiki

ragam

16 Film Korea Sedih yang Menguras Air Mata dan Menyayat Hati, Siap-Siap Tisu

Jumat, 13 Januari 2023 18:48 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Mitra Tarigan

CANTIKA.COM, Jakarta - Jika kamu ingin menangis untuk menuangkan semua perasaan yang ada di hati namun terasa sulit, maka kamu bisa memilih untuk meluapkannya dengan menonton film Korea yang menampilkan kisah sedih. Tidak hanya bisa bikin kamu nangis, namun film Korea sedih juga akan banyak memberikan banyak pelajaran hidup untuk kamu. 

Ada film Korea yang mengangkat tema isu sosial di masyarakat sampai kasus hukum berdasarkan kisah nyata. Penasaran? Berikut rekomendasi 16 film Korea sedih yang menguras air mata dan menyayat hati, siap-siap tisu!

1. Miracle: Letters to the President

Miracle: Letters to the President/Asianwiki

Film Korea sedih yang terbaru ini dibintangi oleh Park Jung Min, Tae Yoon, Lim Yoon A dan Lee Soo Kyung. Film ini bercerita tentang Joon Kyeong (Park Jung Min) yang tinggal di sebuah desa kecil dan mempunyai impian agar desanya mempunyai sebuah stasiun kereta api, karena selama ini di desanya hanya terdapat relnya saja. 

Untuk mewujudkan mimpinya, dia pun mencoba berbagai cara untuk membangun stasiun kereta, salah satunya menulis banyak surat kepada presiden Korea Selatan. Bagian mengharukan dari film ini yaitu alasan Joon Kyeong ingin desanya mempunyai sebuah stasiun karena sudah banyak orang di desanya mengalami kecelakaan hingga meninggal akibat melintasi rel kereta api tanpa palang pintu. 

Bahkan saat suratnya tak kunjung mendapat balasan, Joon Kyeong pun sampai berusaha membuat stasiun sederhana dengan dibantu oleh para warga sampai selesai. Namun sayangnya para masinis kereta yang lewat tidak menghiraukan stasiun tersebut. Lalu apakah impiannya akan terwujud? Kamu bisa menontonnya lewat aplikasi Viu.

2. Miracle In Cell No.7

Miracle In Cell No.7/AsianwikiHope/Asianwiki

Miracle In Cell No.7 merupakan film sedih Korea namun tetap memiliki sisi komedi. Film ini paling banyak dibuat ulang oleh negara lain, termasuk Indonesia.  Film ini menceritakan tentang seorang ayah dengan kondisi keterbelakangan mental dan anak perempuannya yang saling menyayangi satu sama lain. Namun suatu ketika sang ayah tiba-tiba harus masuk penjara dan dihukum berat atas kasus yang tidak pernah dia lakukan. 

Pada saat dewasa, sang anak berprofesi sebagai pengacara dan ingin membantu ayahnya bebas dari segala tuntutan hukum. Sisi komedi dari film ini adalah kisah saat kehidupan sang ayah di penjara. Si ayah bertemu dengan teman-teman sel pencara yang kocak.

3. Hope

Hope/Asianwiki

Rekomendasi film Korea sedih ini berdasarkan kisah nyata. Pemeran utamanya adalah seorang anak kecil, Hope. Film ini bercerita tentang So Woon yang pada saat ingin berangkat sekolah harus mengalami kejadian pahit yang membuatnya trauma seumur hidupnya. 

Karena So Woon mengalami pelecehan seksual secara brutal yang dilakukan oleh seorang laki-laki pedofil. So Woon dan juga orang tuanya berusaha keras untuk keluar dari trauma tersebut. Namun bisakah keluarga mereka mengembalikan suasana hangat rumah mereka seperti dulu? Kamu dapat menontonnya di aplikasi Viu. 

4. Birthday

Birthday/Asianwiki

Birthday adalah film Korea sedih tentang keluarga yang berlatar belakang tragedi tenggelamnya kapal feri MV Sewol pada 2014. Korban kecelakaan itu sebagian besar adalah siswa sekolah. Cerita ini berkisah tentang pasangan suami istri bernama Jung II dan Soo Nam yang anak pertamanya yang harus meninggal dunia karena kejadian tersebut. 

Semenjak kepergian anaknya, kehidupan rumah tangga mereka jadi kacau karena masih menyimpan banyak perasaan bersalah dan belum bisa merelakan anaknya tersebut sampai anak keduanya yaitu Ye Sol harus menjadi korban pelampiasan orang tuanya. Ye Sol jadi tidak diperhatikan lagi dan sering mendapatkan perlakuan kasar dari orang tuanya.

5. Kim Ji-Young: Born 1982

Kim Ji-Young: Born 1982. Asianwiki

Film Korea paling sedih yang bisa kamu tonton di Netflix adalah Kim Ji-Young : Born 1982. Film ini berfokus pada kisah rumah tangga Gong Yoo yang berperan sebagai Jung Dae Hyun dan Jung Yu Mi yang berperan sebagai Kim Ji Young. 

Dulu Kim Ji Young merupakan seorang wanita yang memiliki karir cemerlang namun harus melepaskan karirnya untuk menjadi ibu rumah tangga demi fokus mengurus anak. Lambat laun Kim Ji Young merasa tertekan dengan perannya tersebut dan mengalami depresi, namun dia tidak menyadari akan hal itu. 

Jung Dae Hyun pun berusaha keras untuk membawa istrinya ke psikiater untuk mendapat penangan yang tepat. Jadi selain mengharukan, film ini juga banyak pesan penting tentang belajar bagi para pasangan yang sudah menikah. 

6. Be With You

Be with You. Asianwiki

Be With You adalah film Korea sedih tentang kekuatan cinta dari dua sejoli yang bisa kamu tonton di iQIYI. Film ini bercerita tentang seorang pria bernama  Woo Jin yang harus merawat putranya sendirian setelah kepergian istrinya Soo A.

Kesedihan terus dirasakan oleh Woo Jin karena kepergian istrinya, namun dia ingat satu hal. Sebelum Soo A meninggal, Soo A telah berjanji akan kembali pada hari hujan satu tahun kemudian. Akhirnya hari itu pun datang, satu tahun kemudian, Soo A muncul lagi di hadapannya, namun dengan keadaan tidak bisa mengingat memori tentang suami dan juga anaknya. 

7. A Long Visit

Film Korea sedih terbaik kali ini bercerita tentang hubungan ibu dan anak berjudul A Long Visit. Ibu Ji Suk selalu mendukung dan memberikan kebahagiaan untuk anaknya yaitu Ji Suk dengan penuh rasa cinta. 

Dukungan ibunya pun berbuah manis, karena Ji Suk menjadi orang yang sukses dan bisa bekerja di luar kota. Suatu hari, Ji Suk tiba-tiba pulang untuk menemui ibunya, mengajaknya jalan-jalan dan mengabulkan apapun yang ibunya inginkan. Namun tanpa sepengetahuan ibunya, alasan kepulangan Ji Suk yang sebenarnya adalah karena dia ingin menghabiskan sisa waktu hidupnya yang terakhir karena Dia telah divonis penyakit yang cukup serius.  

8. The Preparation

The Preparation merupakan film Korea sedih tentang perjuangan seorang ibu. Ae Soon adalah seorang single parent yang menderita kanker stadium akhir sekaligus mempunyai anak tunggal yang berkebutuhan khusus. 

Segala upaya dia lakukan untuk melatih anaknya demi bisa hidup mandiri. Harapannya, ketika dia telah meninggal, anaknya tetap bisa menjalani hidup seperti orang pada umumnya. Film ini menggambarkan betapa kasih sayang dan juga pengorbanan seorang ibu untuk anaknya tidak terbatas dan sangatlah besar. 

9. A Wedding Dress

Wedding Dress. wikipedia.org

A Wedding Dress adalah movie Korea tentang hubungan ibu dan anak yang dapat membuatmu berlinang air mata. Seorang ibu tunggal bernama Ko woon yang memiliki penyakit kanker stadium akhir. 

Dia kemudian mempersiapkan putrinya yang baru berusia sembilan tahun bernama So Ra untuk bisa hidup tanpanya. Termasuk menyiapkan sebuah gaun pernikahan yang diharapkan akan digunakan saat So ra menikah nanti. 

Ketika sudah beranjak dewasa, kondisi ibunya sudah tidak stabil dan akhirnya So Ra mengetahui bahwa ibunya sakit keras. Lalu dia berusaha untuk segera mengabulkan keinginan ibunya dengan memakai gaun tersebut pada saat acara pernikahannya. 

10. Silenced

Silenced. Asianwiki

Bisa dibilang bahwa Silenced merupakan film Korea tersedih sepanjang masa. Dalam film ini Gong Yoo berperan sebagai Kang Ha In yang berprofesi sebagai guru baru di sekolah khusus tuna rungu. Namun Kang Ha In merasa ada keanehan dari anak muridnya yang menurutnya perlu untuk diusut. 

Setelah sang guru mengusutnya, akhirnya terungkaplah fakta bahwa murid-murid tersebut telah mengalami pelecehan seksual yang dilakukan oleh seorang guru yang berkuasa. Film ini berdasarkan kisah nyata atas kasus pelecehan seksual yang terjadi di Gwangju Inhwa School pada tahun 2000an. Film Korea Silenced dibuat sebagai bentuk kritik terhadap pemerintah karena guru tersebut tidak mendapatkan hukuman yang seharusnya. 

11. My Annoying Brother

Film My Annoying Brother. Asianwiki

My Annoying Brother adalah film Korea yang sedih, bercerita tentang hubungan adik dan kakak. Kisah itu bermula saat seorang kakak bernama Doo Sik harus dipenjara karena kasus penipuan. 

Lalu Doo Sik mendengar kabar bahwa adik tirinya yang merupakan seorang atlet Judo bernama Doo Young harus kehilangan penglihatannya karena sebuah pertandingan. Akhirnya Doo Sik dapat dibebaskan bersyarat untuk merawat Doo Young. 

Kedua bersaudara itu mulai hidup bersama lagi meski mereka sebenarnya saling membenci. Namun tanpa sepengetahuan Doo Young, Doo Sik sebenarnya mengidap penyakit serius dan kapan saja bisa merenggut nyawanya. 

12. Canola

Canola. Asianwiki 

Canola bercerita tentang hubungan cucu dan nenek yang sangat mengharukan. Ceritanya bermula saat nenek Gye Choon harus terpisah dari cucu kesayangannya bernama Hye Ji yang hilang di pasar dan tak kunjung kembali selama 12 tahun. 

Nenek pun tidak menyerah, Dia terus mencari cucunya sampai ketemu dan akhirnya perjuangannya pun membuahkan hasil. Hye Ji kembali, namun berubah menjadi remaja berandal dan tidak beraturan. Karena perilaku Hye Ji tersebut, tetangga sekitar merasa bahwa dia bukanlah cucu nenek yang asli, namun nenek tetap yakin bahwa Hye Ji adalah cucu aslinya. 

13. A Moment To Remember

Film A Moment To Remember. Asianwiki

A Moment To Remember merupakan film Korea lawas tentang ujian kisah cinta. Menceritakan tentang kehidupan rumah tangga antara Cheol Su dan Su Jin yang semula penuh kebahagiaan sampai satu ujian besar menimpa mereka. 

Ternyata istrinya, Su Jin divonis mengidap penyakit Alzheimer yang nantinya akan membuat Su Jin semakin lama akan mengalami penurunan daya ingat bahkan semakin lama dia akan lupa dengan dirinya sendiri. Cheol Su pun tetap setia menemani Su Jin dan selalu berharap bahwa ada keajaiban agar istrinya dapat sembuh. 

14. Pawn

Film Pawn. Asianwiki

Pawn bercerita tentang seorang debt collector atau penagih hutang bernama Doo Seok yang menagih hutang kepada Myung Ja. Namun bukan uang yang didapat Doo Seok, Myung Ja justru memberikan anaknya yaitu Seung Yi sebagai jaminan. 

Alih-alih datang menemui Doo Seok lagi untuk membayar hutangnya dan membawa anaknya kembali, Myung Ja ternyata harus pergi karena telah dideportasi. Doo Seok pun mau tidak mau harus merawat Seung Yi yang masih berusia 10 tahun. Kisah harau dalam film ini adalah bagian kebersamaan Doo Seok dan Seung Yi layaknya ayah dan anak kandung walaupun tidak sedarah. 

15. Inseparable Bros

Inseparable Bros. Asianwiki

Kamu wajib menyiapkan tisu jika menonton movie Korea Inseparable Bros. Karena film ini bercerita tentang Se Ha dan Dong Goo yang bukan saudara sedarah namun sudah seperti saudara kandung dan saling menyayangi.

Keduanya saling melengkapi satu sama lain, Se Ha pintar, tapi dia memiliki cacat fisik sedangkan Dong Goo mengalami masalah mental namun memiliki kondisi fisik yang prima. Sampai akhirnya keduanya bertemu Mi Hyun, yaitu satu-satunya orang yang memperlakukan mereka dengan tulus.     

16. The Way Home

Film The Way Home. Asianwiki.com

Rekomendasi film sedih Korea terakhir adalah The Way Home. Film ini bercerita tentang anak umur 6 tahun yang sudah terbiasa hidup di kota bernama Sang Woo, namun terpaksa harus dibawa ke rumah neneknya untuk hidup di sebuah pedesaan terpencil. 

Karena belum bisa beradaptasi dengan kehidupan di desa, Sang Woo sering berontak kepada neneknya. Meskipun begitu, nenek Sang Woo yang merupakan tuna wicara dan tuna rungu itu tetap sabar untuk menghadapi cucunya. 

Itulah rangkuman film Korea sedih versi Cantika. Selamat menonton semuanya!

Baca: 8 Drama Korea JTBC Paling Ditunggu Tahun 2023, Banyak Bertabur Idol K-Pop!

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

LINTANG OLIVIA | BERBAGAI SUMBER