Tips Keuangan untuk Milenial, Mulai Siapkan Dana Pensiun dan Tuntaskan Utang

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi pasangan merencanakan keuangan. Freepik.com/tirachardz

Ilustrasi pasangan merencanakan keuangan. Freepik.com/tirachardz

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Dengan rentang usia dari pertengahan 20-an hingga awal 40-an, generasi milenial sekarang menabung untuk rumah pertama mereka, membangun bisnis, dan memulai keluarga. Namun, mereka juga menghadapi hambatan keuangan yang tinggi, termasuk kenaikan biaya perumahan dan hutang pinjaman mahasiswa yang menjulang tinggi. Sebagian besar generasi milenial belum mencapai tahun penghasilan puncaknya, sehingga dibutuhkan tips keuangan khusus untuk milenial. 

Sebuah survei baru-baru ini oleh Morning Consult menunjukkan bahwa banyak milenial akan mendapat manfaat dari memahami cara menetapkan tujuan keuangan—seperti membuat dana darurat dan memoderasi pengeluaran mereka—bahkan lebih dari generasi sebelumnya. Dan, karena masa mudanya, mereka yang mulai menabung kini punya banyak waktu untuk membangun aset yang akan mereka butuhkan di kemudian hari.

Ciri khas keuangan milenial 

Dibandingkan dengan orang tua atau kakek nenek mereka, generasi milenial—mereka yang lahir antara tahun 1981 dan 1996—memiliki kebiasaan, tujuan, dan rintangan keuangan yang unik. Banyak yang menghadapi hambatan untuk menyeimbangkan tanggung jawab dan kebutuhan keuangan jangka panjang mereka. Pertimbangkan pinjaman mahasiswa: peminjam milenial menanggung utang pinjaman mahasiswa dalam jumlah yang belum pernah terjadi sebelumnya—rata-rata $38.877 pada tahun 2020, menurut Experian. Penelitian juga menunjukkan bahwa mereka yang berada di generasi ini lebih kecil kemungkinannya untuk membeli mobil atau memiliki rumah daripada generasi sebelumnya.

Di mana mereka membelanjakan uang mereka? Banyak yang cenderung memprioritaskan pengalaman daripada hal-hal. Milenium menghabiskan 64 persenlebih banyak untuk liburan daripada populasi umum pada tahun 2020, menurut Berkshire Hathaway Travel Protection. Mereka juga cenderung makan di restoran atau lebih banyak memesan makanan untuk dibawa pulang. Milenium menghabiskan persentase anggaran makanan mereka sedikit lebih tinggi untuk makan di luar (37%) dibandingkan Generasi X (34%) atau baby boomer (28%), menurut laporan tahun 2020 oleh Biro Statistik Tenaga Kerja.

Milenial sebagai sebuah kelompok telah merasakan dampak dari dinamika keuangan yang unik, karena mereka telah mengalami Resesi Hebat dan kejatuhan ekonomi dari pandemi COVID-19 selama tahun-tahun puncak kerja mereka. Analisis oleh Morning Consult menemukan bahwa kaum milenial lebih cenderung mengungkapkan kekhawatiran bahwa uang yang mereka miliki atau simpan tidak akan bertahan lama, dan bahwa keuangan "mengendalikan" hidup mereka. 

Pada saat yang sama, penelitian telah menemukan bahwa orang-orang dalam kelompok usia ini juga lebih bersedia untuk meningkatkan skor kredit mereka, berinvestasi, dan mengatakan bahwa mereka bekerja untuk tujuan pengelolaan uang. Bagi anggota yang mewakili generasi terbesar saat ini, mengambil langkah konkret untuk mencapai tujuan tersebut dapat menjadi sangat penting untuk mengurangi stres dan mencapai keamanan finansial jangka panjang.

Ilustrasi mengelola keuangan. Shutterstock

Berikut tips keuangan milenial yang bisa kamu praktikkan: 

1. Atur anggaran dengan bijak

Landasan kesehatan keuangan adalah akuntabilitas. Temukan cara untuk mengontrol pengeluaran diskresioner Anda dengan strategi penganggaran yang cerdas, seperti menggunakan kartu debit khusus untuk semua pembelian tidak penting Anda dan mengisinya kembali setiap bulan dengan jumlah tertentu. Anda juga dapat menggunakan aplikasi penganggaran yang disinkronkan dengan rekening bank dan kartu kredit Anda, sehingga Anda dapat melacak dengan lebih baik ke mana uang Anda gunakan.

2. Jangan menunda bayar utang

Bayar lebih dari jumlah minimum untuk kartu kredit dan utang berbunga tinggi lainnya jika memungkinkan. Semakin cepat Anda menghilangkan utang itu, semakin cepat Anda dapat menggunakan uang Anda untuk alokasi lainnya.

3. Menyiapkan dana darurat

Tidak ada yang bisa memprediksi krisis atau PHK apa yang akan terjadi, jadi selalu penting untuk bersiap. Sebagai pedoman umum, Anda harus menyisihkan setidaknya cukup dana darurat untuk menutupi pengeluaran Anda selama tiga hingga enam bulan. Namun, mereka yang tidak memiliki pekerjaan tetap atau dengan pasangan yang tidak bekerja mungkin ingin membuat simpanan yang sedikit lebih besar.

4. Simpan dana pensiun

Semakin cepat Anda mulai berinvestasi dalam tujuan jangka panjang—seperti pensiun—semakin sedikit risiko di kemudian hari dalam karier Anda. Mereka yang mulai menyisihkan 10 -15 persen dari gaji mereka di usia 20-an, termasuk kontribusi yang sesuai, umumnya berada di jalur yang benar. Jika Anda memulai nanti, Anda mungkin harus meningkatkan persentase itu untuk mengimbanginya. Saat Anda memberikan kontribusi, perhatikan bagaimana tabungan pensiun Anda menumpuk hingga angka rata-rata umum

5. Alokasikan dana untuk sumbangan 

Selain mengurus kebutuhan sendiri, banyak generasi milenial juga memberikan sumbangsih kepada mereka yang membutuhkan. Sebuah survei tahun 2020 oleh Zelle menunjukkan bahwa generasi milenial adalah generasi yang paling sering menyumbang ke organisasi amal atau orang-orang yang membutuhkan. Jika ada organisasi atau grup lokal yang ingin Anda dukung secara berkelanjutan, Anda dapat menyiapkan draf bulanan otomatis sehingga uang tersebut dikhususkan dan terpisah dari sisa pengeluaran Anda.

6. Simpan untuk tujuan jangka pendek dan menengah

Pertimbangkan untuk menyisihkan sebagian dari setiap gaji untuk setiap peluang yang mungkin muncul, seperti berinvestasi dalam bisnis pemula, menerima pekerjaan impian yang memerlukan relokasi, atau merenovasi rumah Anda untuk anggota keluarga baru. Umumnya, uang ini harus disimpan dalam platform yang memberikan pengembalian masuk akal.

Baca: 6 Tips Meraih Kemerdekaan Finansial bagi Milenial

THRIVENT

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."