Penyebab Jerawat di Miss V dan Cara Mengatasinya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi Miss V

Ilustrasi Miss V

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Tidak hanya di wajah, dalam hidung, punggung atau bokong, jerawat juga bisa muncul di vagina atau Miss V. Menurut pakar dermatologi di India, Dr. Geetika Mittal Gupta, jerawat di Miss V tidak mengancam jiwa, meski membuat kamu tidak nyaman.

“Jerawat miss V sama seperti jerawat di bagian tubuh kita yang lain,” kata Dr. Geetika dikutip dari Indian Express, pada Rabu, 4 Januari 2023.

Lantas, apa saja penyebab jerawat di miss V? Dr. Geetika menyebut celana yang dipenuhi keringat, pakaian renang basah, dan pakaian yang memicu gesekan dan penumpukan bakteri termasuk faktor yang memicu jerawat di miss V.

Jika kamu sedang alami jerawat di miss V, pakar dermatologi kosmetik dari Jivisha Clinic New Delhi, Dr Akriti Gupta, menyarankan para wanita menghindari memencet jerawat di miss V. Sebab hal itu bisa menularkan kuman dan menyebabkan infeksi.

"Juga karena area sensitif ini rentan terhadap iritasi, kemungkinan besar Anda akan memperburuk keadaan. Jika jerawat berisi nanah dan membesar selama beberapa hari, bisa berkembang menjadi bisul. Ini bisa menjadi menyakitkan saat berkembang," tutur Akriti.

Cara Mengatasi Jerawat di Miss V

Menurut Dr. Geetika salah satu cara mengatasi jerawat di Miss V dengan menggunakan pembersih area kewanitaan pH seimbang. Selain itu, melakukan kompres hangat diikuti dengan kompres dingin, tidak mencoba mencabut rambut yang tumbuh ke dalam sendiri.

“Jika Anda merasa sangat tidak nyaman atau gatal, sebaiknya konsultasikan ke dokter,” saran Geetika.

Mengenai pencegahan, dia merekomendasikan para wanita menghindari pakaian ketat yang dapat menyebabkan gesekan, tidak mencukur bulu di area miss V atau waxing karena bisa sangat keras untuk kulit sensitif di sana.

Selain itu, memilih pakaian dalam yang terbuat dari katun daripada bahan sintetis juga bisa mencegah jerawat di Miss V. Sebaiknya jangan mandi busa atau menggunakan sabun beraroma. Terakhir, tanyakan kepada dokter tentang produk aman yang digunakan saat menstruasi.

Baca juga: Kenali Masalah Jerawat, Mulai dari Komedo hingga Bisul

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."