Benarkah Lip Plumper Bisa Bikin Bibir Lebih Tebal? Ini Penjelasan Dokter Kulit

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi bibir perempuan berisi dan tebal. Foto: Pixabay.com/drphuc

Ilustrasi bibir perempuan berisi dan tebal. Foto: Pixabay.com/drphuc

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Tampilan bibir lebih tebal merupakan dambaan sejumlah perempuan yang memiliki bibir tipis. Beberapa di antara mereka memilih filler bibir untuk membuat bibirnya lebih tebal dan berisi. Sementara yang lain lebih nyaman dengan menggunakan lip plumper, produk kosmetik yang menyerupai lipstik dengan formula bahan tertentu untuk menebalkan bibir. Benarkah lip plumper bisa bikin bibir lebih tebal? Apa saja kandungan yang berkhasiat membantu menebalkan bibir? Yuk, kita telusuri bersama. 

Kandungan di Lip Plumper yang Bantu Menebalkan Bibir

Dari waktu ke waktu, lip plumper memanfaatkan bahan-bahan yang tidak terlalu mengiritasi dan cenderung menawarkan hasil yang lebih tahan lama. Berikut sederet kandungan di lip plumper saat ini menurut Marisa Garshick, dokter kulit bersertifikat.

1. Asam Hialuronat: Humektan yang bekerja dengan menarik kelembapan pada kulit. Faktanya, asam hialuronat dapat menahan kira-kira 1000 kali beratnya di dalam air.

2. Peptida: “Bahan ini membantu meningkatkan produksi kolagen yang dapat membantu meningkatkan penampilan bibir secara keseluruhan dari waktu ke waktu,” catat Dr. Garshick.

3. Gliserin: Humektan lain yang juga membantu membuat bibir lembut dan kenyal.

4. Minyak & Mentega Tumbuhan: Minyak alpukat, minyak jojoba, dan shea butter adalah beberapa contoh bahan pengkondisi yang menghasilkan tampilan bibir lebih tebal dan terhidrasi.

Sejarah Singkat Lip Plumper

Lip plumper OG muncul pada pertengahan tahun 2000-an, dan pada tahun 2010 menjadi kategori produk kecantikan yang berkembang pesat. Saat itu, lip plumper biasanya bekerja melalui bahan "vasodilator" yang agak mengiritasi seperti peppermint, kayu manis, jahe, dan capsaicin, catat Blair Hayes, asisten dokter estetika bersertifikat. Beberapa produk lip plumper bahkan menggunakan racun lebah, yang diyakini dapat memicu respons peradangan.

Beragam reaksi penggunaan lip plumper saat itu. “Bahan-bahan ini membantu meningkatkan aliran darah, menyebabkan efek pembengkakan sementara alias bibir lebih tebal,” kata Hayes.

Namun, di sisi lain, bagi pemilik kulit sensitif mengalami kemerahan, perih, pengelupasan, dan rasa terbakar. Maka dari itu, disarankan lakukan uji tempel saat mencoba produk baru, termasuk lip plumper. 

Seberapa Baik Lip Plumper untuk Menebalkan Bibir?

Singkat cerita, lip plumper berfungsi, tapi tidak bertahan lama. “Menurut saya lip plumper ini adalah pilihan yang bagus untuk meningkatkan kepercayaan diri dengan cepat dan mudah, tetapi penting untuk memiliki harapan yang realistis dan memahami bahwa hasilnya akan halus dan berumur pendek,” kata Hayes.

Kim Nichols, dokter kulit bersertifikat, juga mengatakan hal yang sama. “Lip plumper hanya membuat bibir lebih tebal sementara. Di sisi lain, filler bibir tidak hanya berfungsi untuk memperbesar ukuran bibir, tetapi juga mempertegas bentuk bibir, meminimalkan munculnya garis-garis halus dan kerutan pada bibir, bahkan bibir atas dan bawah, menghidrasi lebih lama, dan meningkatkan warna bibir,” tandas Dr. Nichols.

REAL SIMPLE

Baca juga: Tips Menggunakan Lip Liner Supaya Bibir Lebih Bervolume

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."