Iriana Jokowi Anggun Berkebaya dan Pakai Mutiara di Prosesi Siraman Kaesang, Putra Bungsunya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Presiden Joko Widodo, Ibu Negara Iriana, Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution keluar dari kediaman sebelum prosesi pemasangan bleketepe di atas gerbang kediamannya, di Banjarsari, Solo, Jawa Tengah, Jumat, 9 Desember 2022. Kaesang Pangarep dan Erina Gudono akan menikah pada 10 Desember 2022. ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Presiden Joko Widodo, Ibu Negara Iriana, Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution keluar dari kediaman sebelum prosesi pemasangan bleketepe di atas gerbang kediamannya, di Banjarsari, Solo, Jawa Tengah, Jumat, 9 Desember 2022. Kaesang Pangarep dan Erina Gudono akan menikah pada 10 Desember 2022. ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ibu nengara, Iriana Jokowi anggun berkebaya di momen siraman putra bungsunya, Kaesang Pangarep, di kediaman mereka, di Banjarsari, Solo, Jawa Tengah, pada Jumat pagi ini, 9 Desember 2022. Iriana tampak memakai kebaya kutubaru bercorak bunga warna hijau dan fuchsia dipadu dengan angkin warna serupa serta kain batik coklat sebagai bawahannya.

Penampilan Iriana tampak dilengkapi sejumlah aksesori mutiara dari anting, kalung, gelang, dan cincin. Sanggul klasik Jawa semakin menambah penampilan ayu ibu tiga anak ini. Ada pula hiasan ronce melati dan tusuk konde di sanggul. Riasan Iriana tampak natural dengan pulasan lipstik merah muda lembut.

Sementara sang suami yang juga Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo atau Jokowi memakai beskap fuchsia dan kain batik warna cokelat dan blangkon warna senada. Anak dan cucu menantu Jokowi dan Iriana juga tampak memakai busana serupa, termasuk calon pengantin pria, Kaesang Pangerep.

Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana menyalami kerabat sebelum prosesi pemasangan bleketepe menjelang pernikahan putra bungsunya, Kaesang Pangerep, di Banjarsari, Solo, Jawa Tengah, Jumat, 9 Desember 2022. ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

7 Menteri Hadiri Prosesi Siraman Kaesang Pangarep

Acara siraman Kaesang Pangarep berlangsung secara tertutup dengan dihadiri segenap keluarga Presiden, sejumlah menteri di Kabinet Indonesia Maju, dan tamu undangan lain dalam jumlah terbatas.

Pantauan Tempo di lokasi, sejumlah tamu undangan mulai berdatangan ke kediaman Jokowi yang berada di Jalan Kutai Timur RT 8/RW 7, Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo itu sejak sekitar pukul 7.00 WIB. Di antara tamu yang hadir, tampak sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju, di antaranya Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, serta Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto 

Prosesi siraman dimulai sekitar pukul 08.00 WIB dengan dipimpin oleh Yoyok Subandrio. Rangkaian acara dibuka dengan acara sungkeman calon mempelai pria pada orangtua, Jokowi dan Iriana Jokowi. 

Presiden Joko Widodo menyaksikan Ibu Negara Iriana melepas penutup pisang tuwuhan usai prosesi bleketepe menjelang pernikahan putra bungsunya, Kaesang Pangerep, di Banjarsari, Solo, Jawa Tengah, Jumat, 9 Desember 2022. ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Prosesi dilanjutkan dengan penyerahan air siraman yang dirikim oleh utusan perwakilan calon mempelai wanita dari Yogyakarta. Air itu kemudian dicampur dengan air dari campuran tujuh sumber mata air, yakni Keraton Kasunanan, Keraton Mangkunegaran, Masjid Agung Keraton Surakarta, Umbul Pengging, Istana Merdeka, Istana Bogor dan dari kediaman pribadi Presiden Jokowi.

Setelah siraman acara dilanjutkan dengan tata cara potong rambut calon pengantin dan bucal sukerto (buang sial). Setelah itu dilanjutkan gendongan, kaesang digendong sang ayah dan disuapi untuk terakhir kalinya oleh ibu.

Kaesang Pangarep dan Erina Gudono akan menikah pada Sabtu, 10 Desember 2022 di Pendopo Ambarrukmo, Yogyakarta pukul 13.00 WIB. Bertindak sebagai khatib nikah adalah Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan dua menteri menjadi saksi. Saksi nikah untuk Kaesang adalah Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono. Adapun saksi di pihak Erina adalah Mensesneg Pratikno. 

SEPTHIA RYANTHIE 

Baca juga: Gaya Fashion Iriana Jokowi di KTT G20, Tenun Bali dan Kebaya

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."