6 Jenis Superfood yang Sering Terlupakan saat Diet, dari Pepaya Sampai Lidah Buaya

Ilustrasi buah pepaya. Unsplash.com/Pranjall Kumar

kesehatan

6 Jenis Superfood yang Sering Terlupakan saat Diet, dari Pepaya Sampai Lidah Buaya

Kamis, 24 November 2022 17:15 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Ada beberapa makanan yang memiliki sejumlah nutrisi yang dibutuhkan oleh bagian tertentu dari tubuh kita dan kemudian ada makanan super atau superfood yang dikemas dengan banyak vitamin yang bermanfaat bagi seluruh tubuh kita. 

Makanan super atau superfood ini memengaruhi kesehatan kita secara keseluruhan dan dapat dipenuhi untuk kebutuhan diet. 

1. Biji rami

Jangan terkecoh dengan ukurannya, biji kecil berwarna coklat ini dikemas dengan nutrisi. Kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi meningkatkan produksi minyak alami tubuh dan membantu menjaga kelembapan kulit. Ini adalah makanan super yang bagus untuk memfasilitasi penurunan berat badan. Ditambah lagi mereka bebas kolesterol, karenanya sangat baik untuk jantung Anda. Rambut rontok adalah masalah umum lainnya yang kita hadapi dan biji ini adalah cara terbaik untuk meningkatkan kesehatan rambut.

2. Kelapa

Minyak kelapa adalah dewa makanan super. Jika berbicara tentang makanan serba guna ini, tidak ada yang mendekati. Dapat digunakan untuk memasak, kecantikan, makan, dan hal lain yang bisa dibayangkan. Minyak kelapa adalah pelembab hebat yang ada dalam losion tubuh, krim wajah atau bahkan dioleskan langsung ke kulit. Kaya akan vitamin, mineral, dan serat, ini juga merupakan tambahan yang luar biasa untuk diet Anda.

3. Pepaya

Buah pepaya adalah makanan super lainnya untuk ditambahkan ke keranjang belanja Anda. Dengan kandungan papain yang tinggi, ini banyak digunakan dalam masker, krim, dan losion pemutih kulit. Pepaya kaya akan vitamin A, C dan E yang artinya pepaya sangat membantu dalam mencegah masalah kesehatan seperti penyakit jantung diabetik. 

Jus pepaya juga sangat bagus untuk perempuan dengan siklus tidak teratur karena dapat membantu menormalkan siklus. Terakhir, ini juga merupakan sumber yang bagus untuk membangun sistem kekebalan Anda.

4. Quinoa

Quinoa membantu dalam produksi kolagen membuat kulit lebih elastis dan sehat membantu kulit Anda melawan tanda-tanda penuaan seperti keriput, bintik-bintik penuaan, dll. Manfaat besar lainnya adalah sifat pengatur sebum yang membantu Anda mengobati jerawat. 

5. Lidah Buaya

Sama mengagumkannya dengan kelapa, lidah buaya adalah raja makanan serbaguna. Gel yang diekstraksi dari bagian dalam tanaman merupakan ramuan kebaikan. Ini digunakan dalam berbagai produk untuk mengobati masalah kulit, jerawat, bekas luka dan sengatan matahari. 

Gel lidah buaya bahkan dapat digunakan sebagai produk mandiri untuk memperbaiki tekstur kulit dan memperlambat penuaan. Minum jus Aloe Vera membantu menyembuhkan sembelit dan mulas, juga memberikan manfaat pencernaan bersama dengan kulit yang bersih.

6. Minyak zaitun

Tidak ada yang dapat menggantikan dosis minyak zaitun yang sehat. Gunakan minyak zaitun extra virgin untuk membantu mengelola kadar gula darah dan mengurangi risiko kolesterol, jantung atau masalah pencernaan. 

Selain memiliki manfaat kesehatan untuk makanan Anda, minyak zaitun juga dapat digunakan sebagai bagian dari rutinitas kecantikan Anda. Secara alami, dikemas dengan antioksidan anti-penuaan bersama dengan kualitas menghidrasi. Minyak zaitun sangat diperlukan dalam perangkat DIY atau do it your self apapun, mulai dari meminyaki rambut atau kuku hingga menggunakannya dalam scrub bibir.

Baca: 5 Superfood untuk Menurunkan Kadar Gula Darah Tinggi

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika