Romansa Raja Charles dan Permaisuri Camilla, Cinta Lama Bersemi Kembali

Pangeran Charles dan istrinya Camilla, Duchess of Cornwall, menunggu Ratu Elizabeth menyampaikan pidatonya di House of Lords, saat Pembukaan Parlemen Negara di Istana Westminster di London, Inggris, 27 Mei 2015. Camilla menikah dengan Charles, 17 tahun yang lalu. REUTERS/Alastair Grant

cinta

Romansa Raja Charles dan Permaisuri Camilla, Cinta Lama Bersemi Kembali

Selasa, 13 September 2022 19:00 WIB
Reporter : magang_merdeka Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Pangeran Charles naik takhta menjadi Raja setelah meninggalnya sang ibunda, Ratu Elizabeth di usia 96, pada kamis 9 September 2022. Raja Charles menjadi penerus takhta Kerajaan Inggris. Bukan hanya Pangeran Charles yang berubah status menjadi Raja, istrinya, Camilla Parker Bowles, juga akan berubah status menjadi Permaisuri Ratu. 

Hubungan Raja Charles dan Ratu Camilla memiliki perjalanan yang sulit. Berikut perjalanan hubungan antara Raja Charles dan Ratu Camilla yang perlu diketahui. 

1970: Awal mula Pangeran Charles dan Camilla bertemu

Pangeran Charles dan Ratu Camilla pertama kali bertemu pada tahun 1970. Mereka saling diperkenalkan oleh seorang teman, Lucia Santa Cruz pada pertandingan polo. Penny Junor, penulis dari The Dughess: The Untold Story, mengatakan bahwa Pangeran Charles saat itu langsung jatuh cinta. 

"Dia (Charles) menyukai kenyataannya bahwa dia (Camilla) tersenyum dengan mata dan bibirnya, dan menertawakan hal-hal konyol yang sama seperti dia (Charles)," tulis Junor.

"Dia (Charles) juga suka bahwa dia (Camilla) begitu ramah, terlihat sama sekali tidak terpesona olehnya. Singkatnya, dia sangat tertarik dengannya, dan setelah pertemuan pertama itu dia (Charles) mulai meneleponnya," lanjut Junor. 

Lalu, menurut buku yang dibuat oleh James Panton dan Kenneth John Panton pada tahun 2011 yang berjudul “Historical Dictionary of the British Monarchy”, Kala itu Camilla tidak malu-malu mendekati pangeran saat itu, dan dialah yang mengejar Pangera Charles. Sebagai salah satu contohnya, Camilla menghampiri Charles pada sebuah klub malam di awal pertemuan mereka. 

Pangeran Charles dari Inggris dan istrinya Camila, Duchess of Cornwall tiba di acara gala makan malam yang diadakan malam sebelum upacara turun tahta Ratu Beatrix dan inaugurasi penggantinya, Raja Willem-Alexander, di Rijksmuseum, Amsterdam, Belanda, Senin (29/4). AP/Robin Utrecht, pool

1971: Pangeran Charles dan Camilla berpisah

Pada tahun 1971, Charles menjalani latihan sebagai Angkatan Laut yang membuat hubungan Charles dan Camilla menjadi renggang. Selain itu, keluarga terdekat Pangeran Charles tidak menyukai hubungan antara Charles dan Camilla. Camilla dinilai tidak cocok untuk menjadi bagian dari keluarga kerajaan karena tidak memiliki garis keturunan Aristokrat. Aristokrat merupakan sebuah pengertian tentang kumpulan para bangsawan atau orang kaya yang mendapat gelar bangsawan. Maka dari itu, Charles dan Camilla berpisah. 

1973: Camilla menikah dengan Andrew Parker Bowles

Ketika Pangeran Charles berada di Karibia sedang bertugas di Angkatan Laut Kerajaan, Camilla bertunangan dengan Parker Bowles pada 1973. Charles mencoba menghentikan Camilla untuk menikahi Andew Parker Bowles. 

“Tampaknya sangat kejam”, tulis Charles dalam satu surat, di dalam buku The Dughess: The Untold Story oleh Junor. “Bahwa setelah 'hubungan yang begitu bahagia, damai, dan saling bahagia', takdir telah memutuskan bahwa itu hanya akan berlangsung enam bulan," tulis Junor.

Meskipun begitu, Pangeran Charles dan Camilla tetap berteman baik selama beberapa tahun setelah perpisahan mereka dan selama Camilla menjalani hubungan pernikahan dengan Andre Parker Bowles. 

1978 atau 1979: Pangeran Charles dan Camilla menjalin hubungan kembali

Camilla Parker Bowles. Instagram.com/@clarencehouse

Setelah menikahi Andrew Parker Bowles, hal ini tidak mengentikannya untuk tetap berhubungan dengan Charles. Charles dan Camilla kembali memulai hubungan mereka kembali pada 1978 atau 1979. Mereka saling bercengkrama kembali dan saling bertemu dalam acara Polo. Selama tahun 1970-an itu mereka semakin terlihat sering bersama di luar walaupun Camilla sudah berkeluarga. Menurut Junor, Andrew Parker Bownes, suami Camilla, menyadari hal tersebut. 

 “Andrew tidak mengeluh dan ketika dia mengetahui apa yang sedang terjadi, dia dengan bijak tidak membuat keributan," tulis Junor dalam The Duchess: The Untold Story.

1980: Pangeran Charles memulai hubungan dengan Putri Diana

Pangeran Charles memulai hubungan dengan Putri Diana di tahun 1980. Pangeran Charles dan Putri Diana menikah pada 29 Juli 1981. Menurut tradisi dan kepercayaan keluarga kerajaan, Putri Diana dinilai cocok untuk menikahi Charles, sang pewaris takhta karena Putri Diana lahir dari keluarga bangsawan. 

Meskipun Pangeran Charles berkencan dengan Diana, ia dan Camilla masih cukup dekat. Camilla dan Diana sama-sama terlihat menghadiri acara balapan yang diikuti oleh Charles pada 1980. Lalu pada Februari 1981, Charles melamar Putri Diana. 

Setelah melamar Diana pada Februari 1981, Pangeran Charles dan Putri Diana menikah pada 29 Juli 1981. Pada acara pernikahannya. Camilla menjadi tamu bersama putranya, Tom Parker Bowles.

1986: Pangeran Charles dan Camilla memulai hubungan lagi

Pangeran Charles dan Camilla dilaporkan mulai bertemu lagi pada tahun 1986, meskipun keduanya masing-masing sudah berkeluarga. Setelah Diana menyadari hubungan suaminya dengan perempuan lain, ia mendatangi Camilla dan mengajaknya berbicara.

Diana memberitahukan dalam pertemuannya dengan Camilla bahwa dirinya mengetahui hubungan Camilla dan Pangeran Charles. “Saya tahu apa yang terjadi antara kamu dan Pangeran Charles dan saya hanya ingin kamu mengetahui hal itu,” ucap Diana kepada Camila.

Camilla membalas perkataan itu dengan mengatakan, “Kamu telah mendapatkan semua yang diinginkan, kamu mendapatkan lelaki yang jatuh cinta kepadamu, kamu mendapatkan dua orang anak yang baik, lalu apalagi yang kamu mau?” 

Diana pun menjawab, “Saya mau Suami saya.”

9 Desember 1992: Pangeran Charles dan Putri Diana mengumumkan perpisahan mereka

Pangeran Charles dan Putri Diana mengumumkan perpisahan mereka pada 9 Desember 1992. Meski begitu, keduanya masih menghadiri acara kerajaan bersama. 

11 Januari 1995: Camilla dan Andrew Parker Bowles bercerai

Pada 11 Januari 1995, Camilla dan Parker Bowles mengumumkan rencana mereka untuk bercerai. Pasangan itu mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka sudah hidup terpisah selama dua tahun sebelum memutuskan untuk berpisah secara sah. Perceraian Camilla dan Andrew diakhiei pada Maret 1995. 

18 Oktober 1995: Camilla dan Pangeran Charles menghadiri pesta 

Camilla dan Pangeran Charles menghadiri pesta untuk teman mereka, Sarah Keswick pada Oktober 1995. Charles dan Camilla menari bersama selama dua jam di acara tersebut. Sampai saat itu, Camilla dan Charles telah bersusah payah untuk tidak selalu hadir di acara yang sama, terutama karena Pangeran Charles masih menikah secara resmi dengan Putri Diana meskipun sudah berpisah secara tidak resmi.

28 Februari 1996: Putri Diana dan Pangeran Charles setuju untuk bercerai

Pada Februari 1996, Putri Diana mengumumkan bahwa dia menyetujui permintaan cerai Pangeran Charles. Negosiasi berlanjut selama beberapa bulan dan mereka mencapai kesepakatan penyelesaian pada Juli 1996. Pada 28 Agustus 1996, perceraian mereka diselesaikan. Satu tahun kemudian, Putri Diana meninggal dalam kecelakaan mobil.

Januari 1999: Pangeran Charles dan Camilla tampil di depan publik sebagai pasangan untuk pertama kali

Pangeran Charles dan Camilla pertama kali keluar sebagai pasangan di pesta ulang tahun saudara perempuan Camilla, Annabel Elliot, di Ritz Hotel London pada Januari 1999. Meskipun Pangeran Charles tiba setelah Camilla, sekitar 150 fotografer hadir untuk mengabadikan pasangan tersebut pergi bersama.

10 Februari 2005: Pangeran Charles dan Camilla mengumumkan pertunangan mereka

Pangeran Charles dan Camilla mengumumkan pertunangan mereka pada 10 Februari 2005. Pasangan itu mengungkapkan bahwa mereka akan menikah pada 9 April 2005. 

9 April 2005: Pangeran Charles menikahi Camilla

Pangeran Charles menikahi Camilla yang menerima gelar Duchess of Cornwall, pada tanggal 9 April 2005. Pernikahan Charles dan Camilla relatif sederhana, dengan upacara sipil yang diadakan di Windsor Guildhall, tepat di luar Kastil Windsor. Meskipun Pangeran Philip dan Ratu tidak menghadiri upacara sipil, mereka kemudian bergabung dengan pasangan itu untuk pemberkatan di Kapel St. George dan mengadakan resepsi. 

9 April 2020: Pangeran Charles dan Camilla merayakan ulang tahun pernikahan ke-15 mereka

Untuk merayakan ulang tahun pernikahan ke-15 mereka, Charles dan Camilla membuat ulang foto pengumuman pertunangan mereka. Pasangan itu berpose untuk foto bersama di depan Rumah Birkhall mereka di Skotlandia dengan anjing terrier Jack Russell milik Camilla. Teras adalah lokasi yang sama yang mereka gunakan untuk foto pengumuman pertunangan mereka pada Februari 2005.

5 Februari 2022: Ratu Elizabeth mengakui Camilla sebagai Permaisuri masa depan

Pada Februari 2022, Ratu mengatakan sebuah pernyataan bahwa gelar yang akan Camilla dapatkan adalah menjadi Permaisuri ketika Charles menjadi Raja. Pengumuman itu datang lebih dari sebulan setelah Ratu menunjuk Camilla ke Ordo Garter, ordo kesatria paling senior dalam sistem kehormatan Inggris. Knights of the Garter dipilih secara pribadi oleh raja untuk menghormati mereka yang telah memegang jabatan publik, yang berkontribusi pada kehidupan nasional atau secara pribadi melayani raja.

8 September 2022: Pangeran Charles dan Camilla menerima gelar baru setelah kematian Ratu Elizabeth

Ratu Elizabeth, bersama putranya Pangeran Charles dan Camilla, Duchess of Cornwall, Pangeran William dan Kate Middleton, Duchess of Cambridge, bersama dengan Putri Charlotte, Pangeran George dan Pangeran Louis muncul di balkon Istana Buckingham sebagai bagian dari parade Trooping the Color selama Perayaan Platinum Jubilee atau 70 tahun bertakhta di London, Inggris, 2 Juni 2022. Ratu wafat berselang setahun setelah kematian suaminya, Pangeran Philip. Ian Vogler/Pool via REUTERS/File Photo

Setelah Ratu Elizabeth meninggal pada 8 September 2022, Pangeran Charles langsung menjadi Raja Charles III. "Hari ini Mahkota menyerahkan, seperti yang telah dilakukan selama lebih dari seribu tahun kepada raja baru kita, kepala negara baru kita: Yang Mulia Raja Charles III," kata Perdana Menteri Liz Truss.

Camilla juga menerima gelar baru, dan sekarang akan disebut sebagai Permaisuri, sebuah kehormatan yang pertama kali diungkapkan oleh Ratu Elizabeth pada bulan Februari.

9 September 2022: Raja Charles menunjuk Camilla sebagai Permaisuri

Dalam pidato pertamanya sebagai raja, Raja Charles secara resmi menyebut Camilla sebagai Permaisuri untuk pertama kalinya. "Saya tahu dia akan membawa tuntutan peran barunya dengan pengabdian yang teguh pada tugas yang sangat saya andalkan," kata Raja Charles dalam pidatonya.

Beberapa hari kemudian, pasangan itu naik takhta untuk pertama kalinya sejak kematian Ratu saat mereka bertemu dengan 900 anggota badan legislatif dan anggota House of Lords.

Baca: Soal Rumah Tangga, Camilla: Kadang bak Kapal yang Lewat di Malam Hari

NABILA RAMADHANTY PUTRI DARMADI | PEOPLE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika