Kisah Jane Fonda Mengidap Kanker Limfoma, Rasanya Menjadi Lebih Kuat

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Jane Fonda. REUTERS/Gus Ruelas

Jane Fonda. REUTERS/Gus Ruelas

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Aktris Hollywood senior, Jane Fonda mengungkapkan awal bulan ini bahwa dia telah didiagnosis mengidap kanker limfoma non-Hodgkin.

Menurut pemenang Oscar dua kali ini kanker yang diidapnya bisa diobati, dan kini ia sudah memulai kemoterapi, sebuah sumber memberi tahu People secara eksklusif bahwa Fonda masih memiliki jadwal yang padat — antara lain pekerjaan aktivisme iklimnya dan "bersiap untuk merilis beberapa film.

"Dalam gaya Jane yang sebenarnya, ini hampir tidak memperlambatnya," kata orang dalam itu. "Sejauh ini, dia telah melakukan perawatan dengan sangat baik dan merasa cukup baik."

Sumber tersebut menambahkan bahwa perempuan 84 tahun ini sekarang sedang menantikan pemutaran perdana film mendatangnya Moving On di Festival Film Toronto, salah satu dari tiga film yang akan dirilis aktris tersebut atau sedang dalam pascaproduksi.

"Meskipun dia tidak bisa hadir, itu adalah film yang sangat dia banggakan dan dia menantikan penonton akhirnya melihatnya," kata orang dalam itu.

Fonda juga menulis di blognya untuk berbagi bahwa dia "sangat tersentuh oleh semua ekspresi cinta dan dukungan" sejak dia menceritakan diagnosisnya ke publik, mencatat bahwa itu sekitar tiga minggu setelah dia memulai putaran pertamanya. kemoterapi.

"Saya ingin mengatakan lagi bahwa ini adalah kanker dapat diobati dan banyak kemajuan telah dibuat dengan obat-obatan yang diberikan kepada pasien," tulis Fonda.

"Sejak minggu lalu, begitu banyak orang telah menulis kepada saya atau memposting bahwa mereka menderita kanker jenis ini dan telah bebas kanker selama beberapa dekade," tambahnya. 
"Yah, saya akan segera berusia 85 tahun, jadi saya tidak perlu khawatir tentang 'berpuluh-puluh tahun.' Seseorang akan baik-baik saja."

Fonda menulis bahwa dia saat ini merasa "lebih kuat dari yang saya miliki selama bertahun-tahun" dan berjuang melawan kelelahan yang disebabkan oleh kemoterapi dengan berolahraga dan berjalan di pagi hari.

"Ini bukan pertemuan pertama saya dengan kanker. Sebelum kanker limfoma, saya pernah menderita kanker payudara dan menjalani mastektomi dan menjalaninya dengan sangat baik dan saya akan melakukannya lagi," tulis Fonda.

"Saya sangat menyadari bahwa perlakuan paling buruk yang saya terima bukanlah sesuatu yang dapat diandalkan oleh semua orang di negara ini dan saya menganggap itu sebuah parodi," tambahnya. "Ini tidak adil, dan saya akan terus berjuang untuk perawatan kesehatan yang berkualitas untuk semua."

Baca: Walau Harapan Sembuh Tinggi, Tetap Waspada Tangani Kanker Limfoma Hodgkin

PEOPLE 

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."