4 Bahan Alami Ini Bisa Mengobati Jerawat, Ada Madu dan Lidah Buaya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi jerawat di dahi. Freepik.com/Cookie_studio

Ilustrasi jerawat di dahi. Freepik.com/Cookie_studio

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Jerawat merupakan gangguan pada kulit dengan kondisi yang berhubungan dengan produksi minyak secara berlebihan sehingga menyebabkan benjolan pada kulit. Dilansir medicalnewstoday pada Jumat, 26 Agustus 2022, penyebab jerawat adalah hipersensitivitas kelenjar sebaceous pada kulit disebabkan oleh obat-obatan tertentu, gangguan endokrin, genetika dan merokok, terutama pada orang yang lebih tua. 

Dalam mengatasi penyakit ini, orang-orang dapat menggunakan pengobatan rumahan khusus untuk membantu menyeimbangkan kadar minyak kulit, mengurangi peradangan, membunuh bakteri, dan mencegah timbulnya jerawat di masa depan. 

Simak empat cara mengobati jerawat ala rumahan dengan bahan alami berikut ini: 

1. Minyak Pohon Teh 

Minyak pohon teh adalah antibakteri dan antiinflamasi alami, yang berarti dapat membunuh bakteri penyebab jerawat. Sifat antiinflamasi dari minyak pohon teh juga dapat membantu mengurangi pembengkakan dan kemerahan pada jerawat. 

Dalam sebuah penelitian pada 2019, para peneliti menemukan bahwa produk minyak pohon teh dapat mengurangi jumlah luka jerawat karena kemampuan antimikroba pohon teh. Penelitian lain juga menunjukkan jumlah total lesi jerawat pada peserta penelitian berkurang dari 23,7 menjadi 10,7 setelah 8 minggu ketika menggunakan produk wajah minyak pohon teh. 

Cara menggunakan minyak pohon teh: Orang dapat mengoleskan ekstrak pohon teh ke jerawat mereka dalam krim, gel, atau minyak esensial. Namun, artikel ulasan tahun 2016 menunjukkan bahwa minyak pohon teh dapat menyebabkan reaksi alergi pada beberapa individu, dan menyarankan orang menggunakan produk minyak pohon teh di bawah 5 persen untuk menghindari iritasi kulit. 

2. Minyak Jojoba 

Minyak jojoba adalah zat lilin alami yang diekstrak dari biji semak jojoba. Zat lilin dalam minyak jojoba dipercaya dapat membantu memperbaiki kulit yang rusak, mempercepat penyembuhan luka, termasuk lesi jerawat. Beberapa senyawa dalam minyak jojoba dapat membantu mengurangi peradangan kulit, yang dapat mengurangi kemerahan dan pembengkakan di sekitar jerawat, dan lesi meradang lainnya.

Cara menggunakan minyak jojoba: Cobalah mencampur minyak esensial jojoba dengan masker wajah gel, krim, atau tanah liat dan oleskan ke jerawat. Jika tidak, Anda dapat meneteskan minyak jojoba pada kapas dan gosokkan dengan lembut di atas luka jerawat. 

3. Lidah Buaya 

Lidah buaya merupakan antibakteri dan antiinflamasi alami, yang berarti dapat mengurangi munculnya jerawat dan mencegah timbulnya jerawat. Tanaman ini mengandung molekul gula, asam amino, dan seng, menjadikannya pelembab dan pelindung kulit yang sangat baik, yang artinya lidah buaya ini sangat cocok untuk orang yang mendapatkan kulit kering dari produk anti-jerawat lainnya. 

Dalam penelitian pada 2021, peneliti menentukan bahwa jumlah benjolan, lesi, dan kulit kering berkurang saat menggunakan lidah buaya yang dikombinasikan dengan aplikasi ultrasound dan masker lembut. Cara menggunakan gel lidah buaya Seseorang harus membersihkan luka jerawat, kemudian terapkan lapisan tipis krim atau gel dua kali sehari setelah dibersihkan dengan sabun. 

4. Madu 

Selama ribuan tahun, madu telah dipercaya sebagai  bahan untuk merawat kondisi kulit karena mengandung banyak antioksidan yang dapat membantu membersihkan pori-pori yang tersumbat. Cara menggunakan madu Menggunakan jari bersih atau kapas, gosokkan sedikit madu ke jerawat. Jika tidak, tambahkan madu ke masker wajah atau tubuh.

Baca: Tips Mencegah Jerawat, Pilih Skincare yang Mengandung Prebiotik

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."