Alasan Ivan Gunawan Pilih Kostum Reog Ponorogo untuk Andina Julie di Miss Grand International 2022

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ivan Gunawan. Foto: Instagram/@ivan_gunawan

Ivan Gunawan. Foto: Instagram/@ivan_gunawan

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Menjelang 49 hari Miss Grand International 2022 di Bali dan Jakarta pada awal Oktober mendatang, Ivan Gunawan, desainer sekaligus National Director Miss Grand Indonesia, bagikan bocoran terkait kontes kecantikan yang diikuti 75 peserta dari berbagai negara. Salah satu yang diungkap Igun sapaan akrabnya adalah kostum nasional yang akan dipakai Andina Julie, Miss Grand Indonesia 2022.

"Andina bakal pakai national costume reog ponorogo. Karena kita tuan rumah, aku pengen konsepnya besar. Jadi, aku pengen bajunya besar," ungkap Ivan Gunawan ditemui usai perayaan 27 tahun agensi Indolima di Hotel Le-Meridien Jakarta, pada Senin malam,15 Agustus 2022.

"Kita tuan rumah tidak memikirkan excess baggage (kelebihan bagasi)," sambungnya. Kostum tersebut dibuat oleh dua desainer Indonesia, salah satunya Inggi Indrayana Kendran atau lebih dikenal Inggi Kendran.

Miss Grand Indonesia 2022 Andina Julie dan Miss Face of Humanity 2022 Nadia Tjoa di acara perayaan ulang tahun ke-27 Indolima di Jakarta, Senin, 15 Agustus 2022 (Istimewa)

Saat dikulik, busana khas Indonesia yang akan dikenakan Andrina jika masuk 10 besar Miss Grand International, Igun tak bagikan detailnya. "Kalau masuk top ten, pasti pakai busana khas Indonesia. Entah itu kebaya atau apa. Kita tunggu aja apa busananya, belum bisa saya bagikan detailnya," jelas pria 40 tahun itu.

Terkait kolaborasi desainer Indonesia dalam gelaran Miss Grand International 2022, Igun menyebutkan ada sekitar 15 desainer seperti Ghea Panggabean, Didiet Maulana, Eko Tjandra, tim Irwan Tirta Batik, Rinaldy Yunardi, hingga Ivan Gunawan sendiri.

Didiet Maulana dan tim Irwan Tirta Batik merupakan dua desainer yang didapuk untuk merancang busana untuk sportswear competition sebagai pengganti sesi baju renang. Untuk kali pertama kompetisi baju renang di atas panggung dalam Miss Grand International ditiadakan. Igun berkomitmen saat ditawarkan menjadi tuan rumah bakal mengganti sesi baju renang mengingat budaya ketimuran dan Indonesia negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia.

Miss Grand International 2022 diadakan di dua tempat, yaitu Bali dan Jakarta. Di Bali dari tanggal 4 Oktober 2022 - 14 Oktober 2022, kemudian di Jakarta pada 14 Oktober 2022 - 25 Oktober 2022. Ivan Gunawan mengungkapkan gelaran Miss Grand International 2022 didukung penuh oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta Kementerian Perdagangan. Bekerja sama dengan Indolima sebagai event organizer Miss Grand International 2022, Ivan juga bagikan acara akan dimeriahkan dengan penampilan sederet penyanyi seperti Krisdayanti, Titi DJ, Rossa, Vierratale, hingga Fabio Asher.

Baca juga: Cerita Ivan Gunawan Mendesain Mahkota Miss Grand Indonesia 2020

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."