Sejauh Mata Memandang bagi Tips Ramah Lingkungan, Mulai dari Pakaian

Sejauh Mata Memandang Menghadirkan Pameran "Kisah Punah Kita" di Artjog 2022 dan "Sejauh Rumah Kita" di Daerah Istimewa Yogyakarta/Sejauh Mata Memandang

ragam

Sejauh Mata Memandang bagi Tips Ramah Lingkungan, Mulai dari Pakaian

Jumat, 5 Agustus 2022 12:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, JakartaSejauh Mata Memandang menghadirkan “Sejauh Rumah Kita” sebagai tempat berbagi ilmu serta berbagai tips dalam merawat bumi dengan melibatkan berbagai komunitas di Yogyakarta yang telah menjalani slow living, melalui kegiatan Belajar Bersama yang rutin diadakan setiap hari Sabtu yang dibagi dalam dua sesi, pagi dan sore.

Kegiatan Belajar Bersama yang pertama diadakan pada hari Sabtu 17 Juli 2022, yaitu Bincang Santai tentang upcycle dan recycle bersama Chitra Subyakto yang dibagi dalam dua sesi, pagi dan sore, dan dihadiri oleh total 30 peserta. 

Dalam kegiatan ini, Chitra mengungkapkan cara untuk lebih bertanggung jawab terhadap barang-barang di sekitar kita, salah satunya pakaian, yang sering kali kita tidak pedulikan perawatannya hingga  tak terpakai lagi dan berakhir menjadi sampah. Hal ini selaras dengan komitmen Sejauh Mata Memandang yang menerapkan model bisnis sirkular guna meminimalisasi limbah dan polusi dari industri tekstil.

Banyak cara untuk memanfaatkan pakaian bekas agar tidak berakhir menjadi sampah dan tetap ramah lingkungan. Misalnya memanfaatkan kembali pakaian yang tidak terpakai menjadi kantong belanja, sarung bantal, atau mainan untuk binatang peliharan saya. Jika ada pakaian yang berlubang atau sobek namun masih layak pakai, saya biasanya menjahitnya kembali atau ditambal dengan kain perca untuk menambahkan aksen agar terlihat lebih menarik. 

"Intinya, penting untuk kita selalu berusaha menjaga masa pakai dan daya guna pakaian kita agar lebih panjang dan tetap berputar”, jelas Chitra Subyakto, Pendiri dan Direktur Kreatif Sejauh Mata Memandang.

Tak hanya itu, di kegiatan tersebut Chitra juga mengajak para peserta untuk mempraktikkan upayanya dalam memanfaatkan kembali kaos yang tidak terpakai dengan mengubah fungsinya menjadi tas kain lipat menggunakan kain perca produksi Sejauh yang dijahit di bagian luarnya sebagai kantong dan untuk menambahkan aksen unik.

Baca: Raisa Bersiap Rilis Brand Kecantikan, Perayaan Self Love dan Ramah Lingkungan