Benarkah Posisi Bercinta Percepat Masa Kehamilan? Simak Kata Ahli

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi pasangan bercinta. Shutterstock

Ilustrasi pasangan bercinta. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta -  Upaya memiliki keturunan bisa dimulai pasangan suami istri dengan berhubungan seksual atau bercinta secara rutin beberapa kali setiap pekan tanpa kontrasepsi selama setahun. Menurut spesialis kebidanan dan kandungan Dokter Yassin Yanuar sebanyak 85 persen istri akan hamil secara alami jika bersenggama dua sampai empat kali per minggu selama satu tahun.

Lantas, apakah ada posisi bercinta yang efektif agar pasangan suami istri bisa lekas dikaruniai buah hati? "Tidak ada data atau bukti yang menunjukkan gaya hubungan yang satu lebih baik dari yang lain dalam meningkatkan peluang kehamilan," kata Yassin dalam bincang-bincang Bamed, Kamis, 29 Juli 2022. 

Chief Executive Officer Bamed itu mengatakan, gaya bercinta yang paling penting adalah posisi di mana suami dan istri sama-sama merasa nyaman saat melakukannya. Bagi pasangan yang ingin hamil, dia menyarankan untuk berhubungan seksual dengan jeda satu atau dua hari. Dengan demikian, ketika ovulasi terjadi sudah ada sperma yang berada di saluran kandungan sehingga peluang kehamilan pun meningkat.

Yassin menambahkan, fokus program hamil bukan cuma sekadar sukses hamil, tetapi mempersiapkan diri calon ayah dan calon ibu secara fisik dan mental untuk menghadapi kehamilan sehingga calon ibu dapat mengalami kehamilan yang sehat.

Bagi pasangan yang usia istrinya sudah lebih dari 35 tahun, dan atau haidnya tidak teratur atau jarang, mengalami rasa nyeri berat saat haid, dan usia pernikahannya sudah lebih dari satu tahun tapi tidak kunjung hamil, disarankan untuk segera mengunjungi dokter kandungan untuk melakukan berbagai tes atau skrining kesehatan agar dapat mendeteksi kesehatan dan mencegah berbagai kemungkinan di kemudian hari.

Pasangan suami istri yang sedang menjalani program hamil harus menjaga gaya hidup sehat dengan menjaga berat badan ideal, mengatur pola makan sehat, olahraga teratur, juga meninggalkan gaya hidup yang merusak, seperti, merokok, konsumsi alkohol, zat-zat terlarang, serta menghindari polusi atau zat yang mengandung dioksin atau radikal bebas.

Baca: 6 Tips Bercinta saat Lelah, Pilih Posisi Santai dan Melambat Saja

ANTARA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."