Refleksi Angelina Sondakh, Semua yang Dialami jadi Pembelajaran Luar Biasa

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Angelina Sondakh/Foto: Instagram/Angelina Sondakh

Angelina Sondakh/Foto: Instagram/Angelina Sondakh

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Mantan politikus, Angelina Patricia Pinkan Sondakh atau disapa Angelina Sondakh berbagi cerita mengenai dirinya yang mendapatkan pembelajaran luar biasa melalui kasus yang menimpa dirinya. Seperti yang diketahui, Angelina terbukti bersalah karena terlibat kasus korupsi pembangunan Wisma Atlet SEA Games 2011 di Palembang dan harus menjalani hukuman penjara selama 10 tahun.

"Itulah pembelajaran luar biasa yang aku dapetin bahwa apapun yang aku punya, ini cuman dipinjemin," katanya, bersumber dari YouTube Venna Melinda Channel yang dipublikasikan pada 12 Mei 2022. Dia mengungkapkan semua itu hanya titipan dari Yang Maha Kuasa dan sewaktu-waktu dapat diambil kembali dengan cara-cara yang tak terduga.

Angelina mengaku bahwa dulu dia adalah orang yang sombong. Merasa memiliki semuanya mulai dari popularitas, harta, hingga jabatan. Dia mengungkapkan terlalu menempatkan dirinya sendiri di atas sehingga membuatnya menjadi terlalu percaya diri. "Aku tuh terlalu menakarnya di atas, jadi over-confident. Posisi juga ada di DPR, akhirnya aku jadi overwhelming sama apa yang aku punya," katanya.

(dari kanan ke kiri) Angelina Sondakh bersama putranya, Keanu Massaid. Foto: Instagram/@angelinasondakh09

Kemudian, Angelina melanjutkan ceritanya bahwa Allah seakan menenggelamkan sedalam-dalamnya apa yang dia miliki. Pada akhirnya dia menyadari bahwa semua yang dimilikinya tak lain adalah milik Allah, dia hanya dipinjamkan. Angelina baru tersadar akan hal tersebut ketika terlibat kasus dan harus menghadapi hukuman penjara.

"Yang dulunya disanjung-sanjung, terus dihina. Yang dulunya diangkat-angkat, sekarang dibanting," jelasnya mengungkapkan perbedaan yang dia dapatkan ketika masih berada dipuncak dengan kepercayaan dirinya, dibandingkan saat terlibat dengan kasus tersebut. Meskipun begitu, pada akhirnya ia jadikan pembelajaran agar lebih memaknai arti hidup.

Mantan anggota DPR dari Fraksi Partai Demokrat ini juga sampai membuat daftar orang-orang yang pernah disakitinya, hingga berniat untuk meminta maaf kepada mereka semua. "Aku mulai, oh iya ya ternyata aku pernah nyakitin Oma, Opa, dan yang lainnya. Aku berani berkata jujur kepada diriku sendiri untuk memperbaikinya," jelasnya, hingga pada akhirnya dia mulai bisa menerima cobaan-cobaan yang menimpanya dengan ikhlas.

Baca: Saat di Penjara, Angelina Sondakh Pernah Titipkan Keanu di Rumah Supir

DIAH RETNO ANDANI

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."