Jelang Lebaran, Nadiem Makarim Ingatkan Tetap Jaga Kesehatan

Potret Nadiem Makarim bersama sang istri Franka Franklin saat mengimbau masyarakat tetap menjaga kesehatan saat berkumpul dengan keluarga/Foto: Instagram/Nadiem Makarim

kesehatan

Jelang Lebaran, Nadiem Makarim Ingatkan Tetap Jaga Kesehatan

Minggu, 1 Mei 2022 09:08 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Hari Raya Idul Fitri sudah di depan mata, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengunggah foto kebersamaan dengan istri tercinta Franka Franklin saat sedang menyantap hidangan.

Dalam foto yang diunggah pada Sabtu 30 April itu terlihat mereka tengahh menikmati nasi kuning lengkap dengan sayur, perkedel, dan sate. Penampilan mereka pun terlihat serasi, Nadiem Makarim mengenakan baju koko warna kuning gading, sementara Franka anggun dengan dress brokat putih yang dilengkapi anting warna senada.

"Hari-hari menjelang Idulfitri selalu terasa sangat spesial, karena kita akan kembali berkumpul dengan orang-orang terkasih. Selamat libur panjang dan tetap jaga kesehatan ketika bersama keluarga," tulisnya.

Imbauan perihal kesehatan seperti yang dikatakan Nadiem memang penting sebagai pengingat agar kita tidak kalap dan bisa membatasi keinginan lebih saat menyantap hidangan Lebaran. Sebab, tak dimungkiri melihat aneka makanan khas Lebaran, sejumlah orang ingin menyantap semuanya dalam satu waktu. Terlebih lagi, jika ada masakan yang hanya dibuat sekali dalam setahun.

Ketupat dan Opor Ayam. shutterstock.com

Sejumlah hidangan Lebaran identik dengan kandungan tinggi lemak dan kolesterol seperti hidangan serba santan dan camilan yang digoreng. Oleh karena itu, disarankan Anda tidak mengonsumsinya secara berlebihan, bukan berarti dilarang. Tujuannya agar Anda tetap bersuka cita dan sehat di hari nan fitri.

"Pada hari Idul Fitri, Anda dapat menikmati satu kali makan besar, mungkin seperti makan siang keluarga, tetapi makan secukupnya. Usahakan untuk tidak berlebihan," kata pakar diet dari Prime Hospital, Dubai, Lama Sinjer seperti dilansir Khaleej Times.

Ia menyarankan Anda menghindari konsumsi makanan terlalu banyak variasi, namun cukup makan satu atau dua hidangan utama. Kemudian hindari minuman ringan, jus atau lebih baik air putih saja.

Jangan pula menyantap makanan manis dan lemak tinggi secara berlebihan agar tak mengganggu kondisi perut. Lebih baik menyantap makanan olahan dengan jenis makanan sehat segar untuk menjaga kesehatan.

Sementara waktu hindari asupan kafein untuk mencegah dehidrasi, Anda bisa beralih ke minuman herbal atau kopi tanpa kafein Ingatlah, jangan membebani perut dengan makanan dalam jumlah besar. Sebagai gantinya, makan dalam jumlah kecil namun lebih sering.

Hindari konsumsi berlebih asam jenuh dan trans-lemak seperti makanan yang digoreng dan gantikan dengan lemak sehat seperti kacang mentah dan alpukat. Selain itu, jangan makan larut malam karena akan membebani perut dan membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna.

Baca: Dampingi Suami Buka Puasa dengan Para Staf, Intip Gaya Sederhana Franka Franklin

SILVY RIANA PUTRI