Menu Sahur untuk Vegetarian, Coba 2 Kreasi Resep Olahan Zucchini

Ilustrasi zucchini. Heilpraxisnet.de

kuliner

Menu Sahur untuk Vegetarian, Coba 2 Kreasi Resep Olahan Zucchini

Rabu, 27 April 2022 03:15 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Bagi Vegetarian yang tetap ingin menikmati menu sahur, kamu bisa mencoba beragam menu non-hewani yang tetap bisa menjaga tubuh kamu agar tetap berenergi. Salah satunya ialah olahan zucchini yang bisa menjadi makanan sehat dan enak.

Zucchini dikenal karena bisa dijadikan buah atau sayuran. Rasa ringan dari labu musim panas ini cocok dengan berbagai macam resep. Banyak penggemar mennyukai zucchini karena kalorinya yang terbatas dan kandungan nutrisinya yang tinggi.

Meskipun sering dianggap dan digunakan sebagai sayuran, zucchini adalah buah. Sebagai labu pada musim panas, itu dipanen dan dimakan saat belum matang. Ini membedakannya dari jenis labu lainnya, seperti halnya kulitnya yang lembut.

Zucchini mengandung dengan banyak vitamin, mineral, dan antioksidan penting. Ini memiliki kandungan serat yang tinggi dan jumlah kalori yang rendah. Serat memainkan peran penting dalam pencernaan dan dapat membatasi kemungkinan menderita berbagai masalah kesehatan.

Yuk ikuti kreasi dua resep berbahan zucchini bagi Vegetarian dari Chef Yuda Bustara berikut ini:

1. Nasi Goreng Zucchini

Ilustrasi nasi goreng. Unsplash.com/Annie Spratt

Bahan:

1/2 batang mentega1 (masing-masing) Zucchini potong dadu, dan labu kuning1 hingga 2 cangkir wortel dan kacang polong potong dadu beku (atau segar)2 siung bawang putih – potong dadu1 piring nasi putih atau beras merah2 cc air atau kaldu sayuran2 sdm kedelai3 butir telur orak-arikGaram dan merica secukupnya

Cara Membuat:

1. Tambahkan mentega ke wajan Anda (set ke sedang/tinggi) dan biarkan mulai meleleh

2. Tambahkan wortel dan kacang polong, dan bawang putih dan masak selama kira-kira 2 menit.

3. Tambahkan beras, dan air didihkan, tutup dan kecilkan api selama 15 menit.

4. Di wajan terpisah, orak-arik telur dan taruh di mangkuk.

5. Dalam wajan yang sama tambahkan sedikit minyak dan tumis Zucchini dan labu (Anda dapat menambahkan sayuran tambahan yang Anda suka).

6. Setelah 15 menit buka tutupnya, aduk nasi, tambahkan telur, zucchini, labu siam, kedelai dan garam dan merica secukupnya, lalu aduk.

7. Siapkan piring dan sajikan!

2. Zucchini Parmesan

Bahan:

1 buah zucchini (kira-kira ukuran sedang)1/4 cangkir keju parmesan parut 1/4 cangkir remah roti 1 sdm minyak zaitun1/4 sendok teh garam lada secukupnya

Cara Membuat:

1. Panaskan oven hingga 325 derajat.

2. Iris zucchini atau labu menjadi bulatan setebal 1/4 inci. Lumuri bulatannya dengan minyak, lapisi dengan baik.

3. Dalam mangkuk atau piring lebar, gabungkan remah roti, Parmesan, garam dan merica. tambahkan zucchini dan tutupi kedua sisi dalam campuran.

4. Lapisi bagian bawah loyang dengan marinara, lalu letakkan sederet zucchini. tutup dengan saus, dan keju, taburi dengan zucchini lainnya, dan ulangi. di atas zucchini terakhir terakhir dengan saus dan berton-ton keju.

5. Panggang pada suhu 325 derajat selama 30-45 menit, buka hingga 375 dan masak selama 10 menit lagi hingga keju berwarna cokelat.

Baca: 2 Kreasi Resep Menu Sahur Serba Telur, Ada Egg Spinach Salad

WEBMD | URBAN COOK