Peringatan Hari Kartini Tahun Ini Bikin Tara Basro Evaluasi Diri

Tara Basro/Instagram -@tarabasro

karir

Peringatan Hari Kartini Tahun Ini Bikin Tara Basro Evaluasi Diri

Kamis, 21 April 2022 21:06 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Mitra Tarigan

CANTIKA.COM, Jakarta - Aktris Tara Basro biasa memperingati Hari Kartini setiap tahun. Namun peringatan tahun ini cukup berbeda baginya. "Namun kali ini sangat membuka mata gue," katanya di Instagram pada 21 April 2022.

Ia menyadari bahwa Kartini tidak hanya memperjuangkan pendidikan kaum wanita. Ia juga orang yang menggerakkan komunitas di lingkungannya. "Kartini adalah seorang pemikir dan penggerak. Salah satunya kejayaan seni ukir Jepara," kata Tara Basro.

Pemain film Pendekar Tongkat Emas ini mengatakan pahlawan Kartini ternyata sangat memerhatikan nasib para perajin yang hidupnya jauh dari kata sejahtera. Para pengrajin itu karyanya nyaris tak dihargai. Bahkan upah yang diterima para pengrajin kala itu tak sebanding dengan jerih payah mereka.

"Kartini memerjuangkan ukiran Jepara ke dunia luar, bahkan turut memelopori pembuatan motif ukiran wayang, lung-lungan bunga, dan macan kurung," kata Tara Basro>

Ia terus bercerita bahwa pada 1898 Kartini dan saudarinya berhasil mengirimkan beberapa karya perajin Jepara pada sebuah pameran di Belanda. "Dan menjadi lompatan besar bagi citra seni ukir Jepara di mata mancanegara," katanya.

Semua tindakan Kartini itu dilakukannya pada usia yang sangat amat muda. Ternyata kisah Kartini itu membuat Tara Basro berpikir lebih dalam. "Kisah ini bikin gue mengevaluasi diri gue, apakah gue udah cukup berperan bagi pejuang seni Indonesia? Apa yang bisa gue lakukan lebih dari sekarang? Kalau kalian sendiri bagaimana?" katanya.

Ungkapan itu dituliskan Tara Basro dengan tampilan 3 gambar dalam satu unggahan. Unggahan pertama, Tara Basro mengenakan kebaya silver penuh payet dan menengok ke samping. Dengan tambahan kain dan rambut disanggul, Tara Basro memperlihatkan ekspresinya yang tajam. Pada foto kedua, masih mengenakan pakaian yang sama, namun, istri dari Daniel Adnan ini menambahkan aksesori kacamata dalam penampilannya. Pada foto ketiga, Tara Basro menampilkan foto lama hitam putih berupa enam orang lelaki sedang sibuk membuat karya ukiran.

Pesan Tara Basro dalam tulisannya itu mendapatkan respon positif dari pengikutnya. Salah satunya adalah penyanyi Andien. Ia bersyukur Tara Basro telah membagikan kisah Kartini yang mungkin belum banyak diketahui publik itu. "Wah thank u for sharing (terima kasih telah berbagi kisah)," kata Andien.

Baca: Self Love ala Tara Basro, Menghargai Setiap Momen yang Dirasakan