7 Kiat Hemat Baterai Ponsel kala Perjalanan Mudik Lebaran

Ilustrasi aplikasi pada ponsel pintar atau smartphone (Pixabay)

ragam

7 Kiat Hemat Baterai Ponsel kala Perjalanan Mudik Lebaran

Rabu, 20 April 2022 18:40 WIB
Reporter : Bisnis.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Kurang dari dua minggu menyambut Hari Raya Idul Fitri 1443 H, sejumlah warga mulai mudik. Sebelum mudik, ada sejumlah persiapan yang perlu diperhatikan, salah satunya kiat menghemat daya baterai ponsel. Sebab ponsel saat ini menjadi perangkat wajib yang tidak boleh ketinggalan saat bepergian termasuk mudik Lebaran.

Ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk menghemat baterai ponsel terutama saat bepergian dikutip dari beberapa sumber.

Cara Hemat Baterai saat Perjalanan Mudik Lebaran

1. Aktifkan Mode Hemat Baterai

Saat ini hampir semua ponsel cerdas dilengkapi fitur penghematan daya untuk menyesuaikan kapasitas baterai dengan beragam aktivitas yang sedang berjalan di perangkat. Dengan mengaktifkannya, maka baterai otomatis akan awet selama digunakan. Anda juga bisa menggunakan aplikasi tambahan yang dikhususkan menghemat penggunaan baterai. 

2. Nonaktifkan Push Notification

Salah satu fungsi hadirnya fitur notifikasi adalah untuk mendapat informasi sedini mungkin. Kendati demikian, push notification dapat menguras kapasitas baterai smartphone. Fitur ini menghadirkan isi notifikasi langsung dari aplikasi ke layar ponsel sehingga sistem bekerja lebih keras dan baterai ponsel atau daya yang digunakan juga lebih banyak. 

3. Turunkan Level Brightness Ponsel

Tingkat kecerahan layar ponsel bisa menguras kapasitas baterai. Untuk itu, pastikan tingkatannya ada pada level terendah atau dalam kondisi gelap. Anda bisa mengaktifkan fitur 'Otomatis' agar tidak perlu melakukannya secara manual.

4. Batasi Penggunaan Fitur Kamera

Jika Anda bertujuan mendokumentasikan kegiatan atau aktivitas tertentu menggunakan kamera ponsel, upayakan menghemat baterai dengan beberapa cara. Salah satunya jika di siang hari, manfaatkan sinar matahari sebagai pendukung pencahayaan dan jangan gunakan flash. Begitu pun saat baterai ponsel mau habis, jangan gunakan fitur kamera jika tidak ingin benar-benar kehabisan daya. Gunakanlah kamera secukupnya dan bijaksana.

5. Nonaktifkan Fitur Lokasi, Jika Tidak Diperlukan

Sama halnya dengan brightness, menonaktifkan fitur lokasi juga dapat mengurangi kapasitas baterai ponsel. Jika sedang tidak memerlukan fitur lokasi, sebaiknya matikan saja.

6. Aktifkan Airplane Mode dan Manfaatkan Wi-Fi

Airplane mode (mode pesawat) merupakan alternatif lain dari cara menghemat baterai yang dapat dilakukan. Dengan mengaktifkan mode ini, ponsel sedang beristirahat dan terputus sementara dengan berbagai konektivitas seperti sinyal. Selain itu, jika membutuhkan internet, manfaatkan Wi-Fi yang ada di sekitar sehingga daya yang digunakan lebih hemat daripada jaringan seluler biasa.

7. Kurangi Penggunaan Aplikasi dengan Koneksi Internet

Dalam keadaan darurat, sebisa mungkin kurangi penggunaan aplikasi yang dapat menguras baterai. Jika baterai ponsel hampir sekarat dan Anda belum menemukan solusi untuk mengisi ulang daya, maka jangan buka aplikasi apa pun dan aktifkan mode pesawat.

Baca juga: 5 Cara Atasi Kecanduan Ponsel, Coba Tema Hitam Putih dan Kurangi Aplikasi