Bocoran Acara Muffest+ 2022 Pekan Depan, Hadirkan Lifestyle Muslim Masa Kini

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Hadirkan warna baru dengan mengedepankan lifestyle muslim, Muffest akan menampilkan 300 desainer dengan target transaksi 35 miliar rupiah/Foto: Doc. Muffest

Hadirkan warna baru dengan mengedepankan lifestyle muslim, Muffest akan menampilkan 300 desainer dengan target transaksi 35 miliar rupiah/Foto: Doc. Muffest

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Memasuki masa transisi endemi dari pandemi global Covid-19, Muslim Fashion Festival atau Muffest+2022 akan kembali digelar pada 21-23 April 2022 di Grand Ballroom The Ritz Carlton Pacific Place Jakarta dengan optimisme untuk mempercepat kebangkitan industri fashion muslim Indonesia pasca-pandemi.

Tahun ini, Muffest hadir dengan menambahkan kata “Plus (+)” sesuai tawaran baru yang diusung, yaitu mengedepankan sektor fashion muslim serta diperluas dengan lifestyle (gaya hidup) muslim melalui tema “Muslim Fashion, Muslim Lifestyle”. Muffest+ 2022 dipersembahkan oleh Indonesian Fashion Chamber (IFC) dan didukung penyelenggaraannya oleh Kinarya Cipta Kreasi.

Sejalan dengan target Pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat fashion muslim dunia, tentunya Indonesia dituntut dapat memberikan tawaran tren dan gaya berpakaian muslim yang diakui dunia sehingga menjadi suatu gaya hidup muslim global. Muffest+ yang telah dilaksanakan secara berkelanjutan sejak 2015, berpotensi menjadi tolak ukur perkembangan gaya hidup muslim termasuk fashion muslim di tanah air.

Hadirkan warna baru dengan mengedepankan lifestyle muslim, Muffest akan menampilkan 300 desainer dengan target transaksi 35 miliar rupiah/Foto: Doc. Muffest

National Chairman Indonesian Fashion Chamber (IFC). Ali Charisma mengatakan
kehadiran Muffest+ diharapkan dapat mendukung para pelaku industri fashion muslim tanah air untuk konsisten menawarkan gaya fashion muslim Indonesia sebagai suatu lifestyle yang baru dan berhasil menarik perhatian dunia. Dengan begitu akan memperkuat positioning Indonesia di industri fashion muslim dunia,”

“Di tahun ini, Muffest+ sudah menjadi bagian penting dari perkembangan busana muslim dan sudah menjadi lifestyle. Busana muslim sudah menjadi tren tidak hanya pelaku industri fesyen tapi juga masyarakat Indonesia. Kami bisa bersinergi dan berkolaborasi untuk meraih mimpi yang sudah hampir menjadi kenyataan. Secara tidak langsung, kita sudah menjadi sumber insipirasi bagi dunia. Tidak hanya itu, MUFFEST+ kali ini juga dilaksanakan di tempat prestise yang menunjukkan bahwa kegiatan tahun ini sudah naik kelas,” ujar Lisa Fitria, Vice Chairman of Indonesian Fashion Chamber (IFC).

Muffest+ 2022 akan menghadirkan rangkaian acara berupa fashion show dengan menampilkan karya lebih dari 100 desainer, trade-expo dengan partisipasi lebih dari 200 peserta/jenama fashion muslim, dan dilengkapi dengan seminar trend, talkshow, dan kegiatan lainnya. Tahun ini, Muffest+ menargetkan 40.000 pengunjung dan nilai transaksi mencapai Rp 35 Miliar.

Koleksi desainer Deden Siswanto saat peluncuran MUFFEST+ 2022 di Istora Senayan, Kamis 16 Desember 2021/Foto: Doc. IFC

Keseluruhan koleksi yang ditampilkan dalam Muffest+ 2022 meliputi ragam gaya busana muslim mulai dari konvensional, kontemporer, hingga syar’i, antara lain karya dari Hannie Hananto, Lisa Fitria, Vivi Zubedi, Deden Siswanto, Sofie, Defrico Audy, Wignyo, Rosie Rahmadi, Monika Jufry, Anggia Handmade, Irmasari Joedawinata, Syukriah Rusydi, Sulika, Nina Nugroho, Opie Ovie, Batik Chic, Benang Djarum Couture, Jenna Kaia, Lace by Artkea, kami., Setara by Irish Bella & Ammar Zoni, dan Dear Dein X Atas Bawah by Dinda Hauw & Rey Mbayang.

Muffesr+ 2022 juga menggandeng delapan spoken person dari kalangan desainer maupun selebriti yang berkiprah di industri fashion muslim, yaitu Dewi Sandra, Dian Pelangi, Dinda Hauw, Irish Bella, Ria Miranda, Itang Yunasz, Khanaan, dan Nycta Gina. Koleksi produk para spoken person tersebut ditampilkan dalam fashion show dan dapat ditemukan di trade-expo.

Tahun ini Muffest+ kembali memberikan kesempatan kepada mahasiswa sekolah tinggi mode untuk turut menampilkan karyanya, yaitu Institut Kesenian Jakarta, Telkom University, Universitas Kristen Maranatha, dan Institut Seni Budaya Indonesia Bandung. Serta mempresentasikan karya SMK dalam bidang fashion dan produk kreatif lainnya dalam rangka pengembangan bakat dan minat peserta didik sehingga #bangga jadi anak SMK, antara lain SMK NU Banat Kudus binaan Djarum Foundation dan SMKN3 Blitar.

Koleksi desainer Ali Charisma saat peluncuran MUFFEST+ 2022 di Istora Senayan, Kamis 16 Desember 2021/Foto: Doc. IFC

Sebagai event dan movement yang berkelanjutan, Muffest+ memberikan sorotan pada kampanye gaya hidup muslim dengan nilai-nilai positif, antara lain mengajak pelaku dan konsumen untuk lebih memiliki tanggung jawab melalui konsep sustainable serta menggaungkan kembali gerakan cinta dan bangga pada produk lokal, antara lain melalui produk sarung, salah satu kekuatan lokal dari Indonesia.

“Sarung is my new style” merupakan kampanye yang turut digaungkan dalam Muffest+ 2022 untuk memberikan inspirasi gaya berpakaian Timur seperti memakai sarung sebagai suatu gaya baru yang mengglobal. Hal ini sejalan dengan program penugasan Kemendikbudristek sebagai Campaign Manager Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia untuk Provinsi Sulawesi Barat. Koleksi dengan kreasi sarung akan ditampilkan dalam acara Seminar Trend Forecasting 2023/2024.

Selain webinar bertema “Sarung is my new style” yang menjadi rangkaian kegiatan pra-event, Muffest+ 2022 kembali menyelenggarakan seminar tentang “Fashion Trend Forecasting (FTF) 22/23 CoExist” dengan tujuan memperkuat pondasi dari sisi Sumber Daya Manusia dan Research & Development bagi para penggiat industri fashion muslim tanah air.

Baca: MUFFEST+ 2022 Resmi Dirilis, Kolaborasi Fashion dan Dua Sektor Industri Halal

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."