4 Tips Menjaga Kesehatan Kulit saat Berpuasa, Pelembap Jangan Lupa

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi perawatan kulit. Unsplash.com/Pressfoto

Ilustrasi perawatan kulit. Unsplash.com/Pressfoto

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Bulan Ramadhan sebentar lagi. Ada beberapa cara yang perlu kamu ketahui agar memiliki kulit yang prima dan terlihat sehat. Dokter spesialis kulit dan kelamin Aninda Marina memberikan tips menjaga kesehatan kulit saat berpuasa agar tetap prima di bulan Ramadan.  

1. Penuhi kebutuhan cairan

Tips untuk menjaga kesehatan kulit saat berpuasa pertama adalah tetap penuhi kebutuhan cairan. "Dehidrasi dan kurangnya tidur dapat menyebabkan tampilan kulit kusam, tidak cerah, gelap maupun tampilan kulit yang sayu," kata Aninda pada konferensi pers virtual bertajuk Siap hadapi Ramadhan untuk keluarga Indonesia" pada 31 Maret 2022.

Direkomendasikan untuk minum air putih paling sedikit 1,5 liter dalam 24 jam. Serta ada baiknya untuk menghindari kopi, soda, dan minuman manis lainnya. 

2. Gunakan pelembap

Tips untuk menjaga kesehatan kulit saat berpuasa selanjutnya adalah tidak lupa menggunakan pelembap. Terkadang kulit pada tubuh mengalami kekeringan karena kurangnya asupan air bagi tubuh. Karena itu penggunaan pelembab sangat direkomendasikan untuk menjaga kulit agar tetap lembab dan sehat. Selain itu, adapun jenis pelembab yang disarankan ialah yang mengandung hyaluronic acid atau gliserin atau ceramide karena dapat mempertahankan kulit dari kekeringan. Lalu untuk bibir gunakan pelembab yang mengandung petroleum jelly, serta hindari pelembab yang wangi. 

3. Konsumsi makanan yang bergizi

Tips untuk menjaga kesehatan kulit saat berpuasa ketiga adalah makan makanan yang bergizi, selain sehat juga dapat memberikan manfaat bagi tubuh serta kulit. Pastikan untuk mengonsumsi karbohidrat kompleks rendah gula, protein, sayur dan buah-buahan. Jangan lupa untuk menghindari makanan dan minuman yang terlalu manis pada saat sahur ataupun berbuka untuk menjaga kesehatan kulit agar tetap prima saat berpuasa. 

4. Gunakan tabir surya

Meskipun berpuasa akan tetapi aktivitas harian juga tetap berjalan seperti biasanya. Sehingga penggunaan tabir surya sangat direkomendasikan untuk mencegah sinar UVA dan UVB yang dapat merusak sel kulit dan menyebabkan penuaan. Pilihlah tabir surya yang mengandung SPF minimal 30 dengan minimal PA++ serta jangan lupa penggunaan tabir surya ialah dua buku jari untuk wajah dan oleskan lagi setiap 4 jam sekali.

Baca: Tak Hanya Menjaga Kesehatan Kulit, Skincare juga Termasuk Cara Self Love

DIAH RETNO ANDANI

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."