5 Tips Hemat Air dan Energi, Coba Tampung Air Hujan untuk Kegiatan Ini

Ilustrasi sari kaktus. shutterstock.com

ragam

5 Tips Hemat Air dan Energi, Coba Tampung Air Hujan untuk Kegiatan Ini

Rabu, 23 Maret 2022 21:05 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Mitra Tarigan

CANTIKA.COM, Jakarta - Menyambut Hari Air Sedunia di 22 Maret dan Earth Hour di 26 Maret 2022 mendatang, Tokopedia pun mengajak lebih banyak masyarakat untuk mencoba 5 tips hemat air dan energi demi mengusung kehidupan yang berkelanjutan.

1. Pilih Tanaman Hemat Air

Aditia memberikan tips hemat air dan energi dengan melakukan urban farming atau berkebun di ruang terbatas menjadi hobi yang digemari masyarakat selama pandemi. “Benih atau bibit tanaman, pupuk serta pot menjadi beberapa produk dan perlengkapan tanaman terlaris di kategori Rumah Tangga di Tokopedia pada 2021,” ujar Senior Lead Public Affairs Tokopedia, Aditia Grasio Nelwan dalam keterangan pers yang diterima Cantika pada 23 Maret 2022.

Pilihlah jenis tanaman yang lebih hemat air dan cocok digunakan sebagai pemanis dekorasi ruangan, seperti tanaman sukulen termasuk giok atau kaktus anggur.

2. Gunakan Air Bekas untuk Siram Tanaman

Mencuci beras, buah atau sayuran di bawah air mengalir tanpa disadari bisa menghabiskan lebih banyak air dari yang diperkirakan. Tips hemat air dan energi lain adalah dengan biasakan untuk menampung air yang telah digunakan dan siramkan pada tanaman.

3. Tampung Air Hujan

Menampung air hujan dalam bak atau ember bisa menjadi alternatif untuk penyiraman tanaman atau pencucian kendaraan juga bisa jadi tips hemat air dan energi. Jangan lupa menutup ketika hujan reda agar menghindar nyamuk bertelur.

4. Matikan atau Cabut Perangkat Elektronik yang Tidak Digunakan

Menurut organisasi lingkungan WWF, mematikan lampu dan peralatan elektronik selama satu jam ternyata dapat mengurangi ratusan ton emisi karbon dioksida di atmosfer. Cabutlah perangkat elektronik dan matikan lampu pada siang atau malam hari saat tidak dibutuhkan. “Berbagai pegiat usaha lokal di Tokopedia juga menjual stop kontak otomatis dengan timer yang dapat mengatur aliran listrik sesuai waktu yang ditentukan,” kata Aditia menyarankan.

5. Terapkan Prinsip 3R

Prinsip reuse, reduce dan recycle (3R) sangat penting diimplementasikan di kehidupan sehari-hari demi mengurangi sampah. “Contohnya, bisa menggunakan tas lipat pakai ulang saat berbelanja. Kami mencatat penjualan produk ini meningkat hampir lima kali lipat di Tokopedia selama pandemi di 2021,” kata Aditia.

Aditia mengatakan bahwa jumlah pencarian produk eco-friendly atau ramah lingkungan di Tokopedia meningkat 2,5 kali lipat selama pandemi di 2021 jika dibandingkan dengan sebelum pandemi.

Baca: Mesin Pencuci Piring Dinilai Bisa Lebih Hemat Air