Cek 5 Hal Ini Saat Terima Pesanan Online

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi belanja online / e-commerce. freepik.com

Ilustrasi belanja online / e-commerce. freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Belanja online sudah menjadi hal yang lumrah di masa pandemi ini. Mungkin hampir setiap hari tulisan petugas pengantar paket memanggil nama kamu tanda belanjaan favoritmu sudah sampai. Dalam rangka Hari Hak Konsumen Sedunia pada 15 Maret 2022, Tokopedia membagikan lima hal yang penting dilakukan pengguna saat terima pesanan online.

1. Jangan Buru-buru Klik ‘Selesaikan Pesanan’ 

“Pembeli harus memastikan terlebih dahulu produk yang diterima betul-betul sesuai dengan pesanan. Karena jika pengguna sudah klik ‘Selesaikan Pesanan’ otomatis dana akan langsung diteruskan Tokopedia ke penjual,” jelas External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya dalam keterangan pers yang diterima Cantika pada 17 Maret 2022.

2. Segera Cek Barang

Saat terima pesanan online, buka pelan-pelan sambil foto atau lakukan video unboxing sebagai bukti atas produk yang diterima. Apabila produk yang diterima tidak sesuai dengan pesanan atau deskripsi produk, klik ‘Ajukan Komplain’ dan sertakan bukti yang diperlukan - bisa dalam bentuk foto atau video - untuk mendapatkan solusi yang terbaik. Dana hanya akan diteruskan market place ke penjual jika produk yang diterima sudah sesuai dengan pesanan pembeli.

3. Perhatikan Batas Waktu Komplain

Apabila barang yang diterima bermasalah, pembeli dapat mengajukan komplain dalam waktu maksimal 2x24 jam sejak status pesanan tiba di tujuan. “Pastikan Anda mengajukan komplain sesuai dengan batas waktu supaya kendala bisa ditangani di Pusat Resolusi Tokopedia,” kata Ekhel. 

4. Cek Ongkos Kirim Akhir

Jika mengalami kendala biaya pengiriman yang tidak sesuai, maka pengguna dapat mengajukan pengembalian ongkos kirim kepada penjual. Pengguna hanya perlu mengajukan komplain dan sertakan alasan biaya pengiriman berbeda lalu unggah bukti foto yang menampilkan ketidaksesuaian biaya pengirimannya. 

5. Jangan Lupa Kasih Review 

Saat terima pesanan online, ada baiknya kamu mereview atau memberi ulasan. Review dari pembeli bisa sangat membantu penjual meningkatkan reputasi toko. “Ulasan pembeli bisa mendukung kemajuan belasan juta penjual di Tokopedia yang hampir 100 persen UMKM,” kata Ekhel. 

“Tokopedia melihat tren belanja online di Indonesia terus meningkat. Tingginya animo ini mendorong kami terus berkomitmen membantu masyarakat memenuhi kebutuhan sehari-hari melalui platform kami, sekaligus menjaga kelangsungan bisnis para pegiat usaha lokal dan mendorong pemulihan ekonomi nasional,” tutup Ekhel. 

Berapa banyak kamu terima pesanan online dalam sehari? 

Baca: 5 Tips Agar Jualan Online Untung Berkali Lipat

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."