4 Fakta Menarik Konser BTS Permission to Dance on Stage di Seoul

Fans ARMY berfoto di depan stadion Olimpiade Seoul yang digunakan sebagai gedung konser BTS di Seoul, Korea Selatan, 10 Maret 2022. REUTERS/Kim Hong-Ji

ragam

4 Fakta Menarik Konser BTS Permission to Dance on Stage di Seoul

Sabtu, 12 Maret 2022 19:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Mitra Tarigan

CANTIKA.COM, Jakarta - Rangkaian konser BTS Permission to Dance on Stage di Seoul, menjadi salah satu konser yang sangat ditunggu oleh ARMY, penggemar setia BTS. Setelah lama tidak menyapa penggemar Korea Selatan secara langsung akibat adanya pandemi, BTS akhirnya bisa mengadakan konser secara offline di Seoul, Korea Selatan pada 10, 12, 13 Maret 2022. Konser yang diadakan selama tiga hari tersebut bertajuk 'Permission To Dance On Stage - Seoul'.

Ada beberapa fakta menarik tentang konser BTS Permission to Dance on Stage di Seoul tersebut. Untuk itu, simak kompilasi dari Cantika berikut ini. 

1. Konser offline terbesar sejak masa pandemi 

Konser BTS Permission to Dance on Stage bertempat di Jamsil Olympic Park, Seoul. Konser BTS Permission to Dance on Stage ini juga jadi konser offline terbesar sejak masa pandemi. Meskipun kapasitas Jamsil Olympic Park dapat memuat hingga 70 ribu penonton. Namun, sesuai arahan dari Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Korea Selatan telah membatasi setiap pertunjukan hanya bisa diisi oleh 15 ribu penonton per malam. Hal ini bertujuan untuk memberikan jarak fisik di tengah pandemi yang sampai saat ini masih berlangsung. Namun, tetap saja jumlah tersebut masih jadi yang terbesar untuk konser musik manapun sejak pandemi yang dimulai pada awal 2020.

Bangtan Boys alias BTS meluncurkan teaser video musik pertama mereka jelang comeback mendatang dengan judul "Boy with Luv". Youtube BigHit Entertainment

2. Disiarkan secara online lewat bioskop di lebih dari 70 negara termasuk Indonesia 

Selain diadakan secara offline, konser BTS Permission to Dance on Stage tersebut juga akan disiarkan secara online di lebih dari 70 negara. Jadi, para penggemar internasional dapat ikut menonton berbagai penampilan dari boygroup asuhan HYBE ini. 

Rencananya untuk penyiaran konser BTS Permission to Dance on Stage secara online ini, hanya akan mengambil satu hari dari keseluruhan jadwal konser. Tepatnya pada tanggal 12 Maret 2022, para penggemar internasional bisa menyaksikan dari bioskop yang ada di kota mereka.

Di Indonesia sendiri hanya ada 3 bioskop yang akan menyiarkan live viewing konser tersebut yaitu CGV Grand Indonesia di Jakarta, Paris Van Java di Bandung, dan BG Junction di Surabaya. Untuk waktu pemutarannya sendiri yaitu pada pukul 15.45 WIB, sementara untuk harga tiket yaitu senilai Rp 450 ribu. 

3. Demi protokol kesehatan, penonton konser offline tidak boleh bersorak keras

Berlangsung di masa pandemi, peraturan ketat bagi para ARMY yang menonton secara langsung konser tersebut harus mematuhi beberapa peraturan. Diantaranya penonton tidak boleh bertepuk tangan, bersorak dengan keras, dan berdiri selama di dalam konser.  Namun, sebagai gantinya perusahaan akan menyediakan clapper bagi para penonton. Clapper ini merupakan alat musik yang bisa berbunyi seperti tepuk tangan sebagai ganti teriakan. 

Sementara untuk ARMY yang menyaksikan konser tersebut secara online. Hal-hal seperti bersorak, makan dan/atau minum di dalam bioskop mungkin dibatasi tergantung pada situasi COVID-19 di wilayah masing-masing 

4. Set panggung akan gunakan teknologi AR dan XR 

Konser BTS Permission to Dance on Stage akan dipersiapkan secara luar biasa dengan menggunakan kecanggihan teknologi seperti AR dan XR, sehingga diharapkan dapat membantu para anggota dan penggemar untuk saling memperhatikan satu sama lain. Akan ada layar LED besar yang dipasang di atas panggung seperti pada konser yang diadakan di Los Angeles tahun lalu. 

"Teknologi tinggi akan digunakan seperti augmented reality (AR) dan extended reality (XR), kami akan berfokus pada hal tersebut untuk pertunjukan mendatang," kata Big Hit Music bersumber dari Yonhap News pada 8 Maret 2022. 

Konser BTS Permission to Dance on Stage berdurasi selama tiga jam. BTS menampilkan lagu-lagu hits terbesar BTS dari seluruh album mereka. Ha Jung Jae sebagai perwakilan dari penanggungjawab konser menyebutkan bahwa BTS juga akan membawakan lagu-lagu yang sebelumnya belum pernah ditampilkan dalam konser, seperti lagu 'On' dan 'Black Swan' yang terdapat pada full album ke-4 BTS yaitu Map of the Soul: 7.

Baca: BTS Akan Konser di Allegiant Stadium Las Vegas Pada April 2022

YONHAP | REUTERS | DIAH RETNO ANDANI