Arumi Bachsin bagi Cerita Menjadi Ketua PKK, Kadang Terkendala Birokrasi

Arumi Bachsin berpose dengan seragam khas ibu-ibu PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga). Sebagai istri Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak, Arumi disibukkan dengan berbagai aktivitas, salah satunya bersama organisasi PKK. Instagram/@Arumibachsin_94

karir

Arumi Bachsin bagi Cerita Menjadi Ketua PKK, Kadang Terkendala Birokrasi

Sabtu, 5 Maret 2022 07:10 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, JakartaArumi Bachsin mengawali kariernya sebagai model sejak usia 12 tahun. Lalu, pada Agustus 2013 dia mantap menikah dengan Emil Elestianto Dardak yang saat ini menjabat sebagai Wakil Gubernur Jawa Timur. Sejak menikah, Arumi Bachsin sudah jarang muncul dilayar kaca.

Rupanya Arumi Bachsin kini juga ikut terjun didalam dunia politik, dia menjabat sebagai Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Timur menggantikan Nina Soekarwo. Melalui tayangan yang diunggah lewat YouTube milik TS Media pada 1 Maret 2020, Arumi Bachsin berbagi pengalamannya terjun dalam dunia politik serta berbagi cerita terkait susahnya berurusan dengan birokrasi.

"Ketemu sama masyarakat, ketemu sama ibu-ibu doing something yang berguna it's actually fun," ungkapnya kepada Luna Maya dan Marianne Rumantir sebagai host dalam acara TS Talks.

"Tapi buat memperjuangkan suatu hal untuk jadi program, memperjuangkan itu tuh susah. Kita ini punya anggaran untuk masyarakat, untuk stunting, dan lainnya. Itu aku harus memperjuangkan dalam birokrasi. Nah, itu yang sulit," lanjutnya ketika ditanya tentang anggaran dan keputusan terkait birokrasi.

(dari kiri) Arumi Bachsin bersama suami, Emil Dardak, saat menjadi bintang tamu di TS Talks 105 yang diunggah ke kanal YouTube TS Media, Senin, 28 Februari 2022. Foto: tangkapan layar Youtube

Selain itu, dia juga membagikan pengalaman pribadinya tentang hal apa yang harus dilakukan untuk mengurus permasalahan tersebut. "Dan kalo memperjuangkan program ya harus gini, aku sampe nanya ini harus kemana. Harus ke Bappeda, akhirnya minta Mas Emil telfonin ke Bappeda dong. Aku mau rapat nanti," ujarnya.

Arumi Bachsin juga tak menyangka dengan kehidupannya saat ini, selain berfokus pada keluarga ia juga mengabdikan dirinya untuk masyarakat. "Itu aku bilang ga pernah nyangka, maksudnya aku bisa sampe disini. Aku sampe bilang, aku kira aku bakal dampingi kamu (Emil) aja as a wife. Tapi ternyata punya amanah yang lebih (dalam dunia politik)."

Sebelum Arumi membahas mengenai pengalamannya, suaminya Emil Dardak juga telah mengungkapkan terlebih dahulu bahwa masuk dalam dunia politik itu tidaklah mudah. "Semakin kita masuk ke pemerintahan, semakin kita tau nggak semua gampang. Tapi semua dapat berpengaruh, jadi kita lebih banyak menanam kebaikan kayak nolongin orang dan lainnya."

Sebagai Ketua PKK Provinsi Jawa Timur, Arumi Bacshin juga kerap disibukkan dengan berbagai aktivitas seperti halnya berperan sebagai pembicara, menghadiri pelantikan, dan lain sebagainya.

Baca: Awal Suami jadi Pejabat, Arumi Bachsin Kaget Tamu Datang Pukul 10 Malam

DIAH RETNO ANDANI