Soal Invasi Rusia, Ini Simpati Blake Lively Hingga Priyanka Chopra untuk Ukraina

Blake Lively pakai gaun sequin pink di premier film Free Guy di New York. Film tersebut dibintangi suaminya, Ryan Reynolds. Foto: Instagram @prabalgurung

ragam

Soal Invasi Rusia, Ini Simpati Blake Lively Hingga Priyanka Chopra untuk Ukraina

Selasa, 1 Maret 2022 21:30 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Mitra Tarigan

CANTIKA.COM, Jakarta - Konflik antara Rusia dan Ukraina masih menjadi perhatian dunia. Armada pasukan tempur dengan kendaraan lapis baja Rusia dalam jumlah besar merangsek mendekati ibu kota Kyiv, Selasa, 1 Maret 2022. Sejumlah daerah sipil pun jadi sasaran. Hampir seminggu sejak melancarkan perang terhadap tetangganya, Rusia gagal merebut satu kota besar Ukraina setelah mengalami perlawanan sengit yang tak terduga.

Ratusan orang tewas akibat pertempuran ini. Bahkan menurut laporan dari Menteri Dalam Negeri Ukraina pada 27 Februari 2022, lebih dari 1,1 ribu orang, termasuk anak-anak, ikut terluka. Masih ada ribuan orang lagi yang harus mengungsi ke beberapa negara tetangga Ukraina demi menyelamatkan diri dari serangan itu.

Kejadian ini mengundang simpati dari banyak orang, tak terkecuali dari jajaran aktris Hollywood. Dalam sebuah unggahan Instagram, para aktris hollywood tergerak untuk memberikan dukungan baik secara materi maupun moril. Beberapa diantaranya adalah Blake Lively, Priyanka Chopra, Mila Jovovich, dan Angelina Jolie.

1. Blake Lively

Pada 26 Februari 2022, Blake Lively mengunggah sebuah foto di Instagram resminya, potret seorang anak kecil yang tengah digendong dan mengulurkan tangan ke tangan orang lain yang menunggu. Disertai sebuah pernyataan bahwa ia dan suaminya, Ryan Renolds, akan menggandakan setiap dollar yang disumbangkan ke United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR) hingga $1M atau sekitar 14 miliar rupiah.

Dalam unggahanya, ia juga menuliskan bahwa UNHCR berada di lapangan untuk membantu lebih dari 50.000 warga Ukraina yang harus meninggalkan rumah dalam waktu kurang dari 48 jam. "@usaforunhcr memberikan bantuan penyelamatan jiwa, dan juga bekerja dengan negara-negara tetangga untuk memastikan perlindungan bagi keluarga-keluarga ini," tulisnya melalui Instagram.

Menanggapi hal tersebut, pada 1 Maret 2022. Melalui Instagram resmi UNHCR mereka berterima kasih atas donasi yang diberikan serta mengatakan, " Dalam waktu kurang dari 48 jam, kemurahan hati Anda yang berjumlah $1 juta telah dipenuhi untuk memberikan bantuan, perlindungan, dan harapan yang menyelamatkan nyawa bagi para pengungsi Ukraina." 

2. Priyanka Chopra

Ada pula Priyanka Chopra. Dia juga mengajak orang-orang untuk membantu rakyat Ukraina melalui donasi yang bisa disalurkan lewat tautan pada bio Instagramnya. Priyanka Chopra juga membagikan ulang sebuah video dari NowThis yang berisi kondisi saat ini dari para pengungsi Ukraina yang tengah berlindung di stasiun bawah tanah.

Priyanka Chopra mengumumkan bahwa ia dipilih menjadi duta merek Bvlgari. Instagram.com/@priyankachopra

Melalui unggahannya ia mengungkapkan situasi yang terjadi di Ukraina mengerikan. "Orang-orang yang tidak bersalah hidup dalam ketakutan akan kehidupan mereka dan kehidupan orang yang mereka cintai, ketika mencoba untuk menavigasi ketidakpastian masa depan yang dekat," katanya.

Priyanka Chopra juga mengungkapkan bahwa dirinya sulit untuk memahami bagaimana di dunia modern seperti sekarang ini dapat terjadi suatu bencana sampai ke titik tersebut (perang). Ia juga menyampaikan keprihatinan atas konflik yang terjadi antara Ukraina dan Rusia dengan menuliskan, "Ada kehidupan tak berdosa yang tinggal di zona perang ini. Mereka sama seperti Anda dan saya," katanya.

3. Milla Jovovich

Pemain Resident Evil yaitu Milla Jovovich juga turut membagikan rasa simpatinya terhadap konflik yang terjadi di negara asalnya. Ia mengaku patah hati dan tercengang atas peristiwa yang terjadi di Ukraina yang diakibatkan oleh invasi Rusia.

"Saya terbelah dua saat menyaksikan kengerian yang terjadi, negara dihancurkan, keluarga-keluarga terlantar, seluruh hidup mereka tergeletak di puing-puing hangus di sekitar mereka," tulisnya melalui Instagram resminya pada 26 Februari 2022.

Milla Jovovich berpose saat berada di karpet merah ketika menghadiri acara amfAR gala di New York, 7 Februari 2019. REUTERS/Shannon Stapleton

"Saya ingat perang di tanah air ayah saya di bekas Yugoslavia dan kisah-kisah yang diceritakan keluarga saya tentang trauma dan teror yang mereka alami.  Perang," katanya. Dia juga menyimpulkan dalam unggahanya, perang terjadi karena pemimpin yang tidak bisa membawa perdamaian, sementara orang-orang harus membayar akibat dari peperangan tersebut dengan pertumpahan darah dan air mata.

4. Angelina Jolie

Di sisi lain, ada pula Angelina Jolie. Melalui unggahannya Jolie mengatakan segala kemungkinan akan dilakukan untuk memastikan perlindungan Hak Asasi Manusia (HAM) yang terlantar, dan pengungsi di wilayah tersebut. Diketahui bahwa Angelina Jolie juga menjabat sebagai utusan khusus UNHCR.

Sementara dalam unggahan terbarunya, ia menyampaikan sudah lebih dari setengah juta orang telah meninggalkan Ukraina ke negara-negara tetangga dalam beberapa hari terakhir. UNHCR memperkirakan mungkin hingga 4 juta jika situasinya semakin meningkat.

Angelina Jolie berbicara di samping anggota Kongres tentang Undang-Undang Kekerasan Terhadap Perempuan, di Capitol Hill di Washington, AS, 9 Februari 2022. REUTERS/Tom Brenner

Angelina Jolie juga meminta para negara-negara lain untuk menyambut para pengungsi dari Ukraina. "Sangatlah penting bagi negara-negara penerima untuk terus menyambut semua yang melarikan diri dari konflik dan ketidakamanan," tulisnya melalui unggahan di Instagramnya pada 1 Maret 2022.

Baca: Soal Invasi Rusia, Ibu Negara Ukraina: Saya Tidak akan Panik dan Menangis

DIAH RETNO ANDANI