Putra Kedua Raffi Ahmad dan Nagita Slavina Disunat, Cek Manfaat dan Risikonya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
(paling kanan) Nagita Slavina bersama suami, Raffi Ahmad, dan kedua buah hati mereka, Rafathar Malik Ahmad dan Rayyanza Malik Ahmad. Foto: Instagram/@raffinagita1717

(paling kanan) Nagita Slavina bersama suami, Raffi Ahmad, dan kedua buah hati mereka, Rafathar Malik Ahmad dan Rayyanza Malik Ahmad. Foto: Instagram/@raffinagita1717

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaRaffi Ahmad dan Nagita Slavina mengkhitankan anak bungsunya, bayi Rayyanza Malik Ahmad, yang baru berusia 1 bulan 9 hari itu pada Selasa, 4 Januari 2022. Khitan atau sunat dilakukan di tempatnya dia dilahirkan di RS Bunda, Jakarta.

"Sunat ya sayang ya, bismillahirahmanirrahim. Bismillah, Rayyanza mau sunat. Doain, aamiin. Selamat punya bentuk baru," kata Raffi di ruang tindakan saat Rayyanza yang dikelilingi para dokter menyunat Rayyanza Malik Ahmad.

"Enggak nangis ya," kata seorang dokter wanita yang memegang kepala Rayyanza agar tidak bergerak. Tapi kemudian terdengar tangisan Rayyanza. "Oh sayang," kata dokter perempuan itu.

Raffi Ahmad mengunggah video saat putra bungsunya, Rayyanza Malik Ahmad disunat. Foto: IG @raffinagita1717.

Seperti yang dipilih Raffi dan keluarga yang memutuskan menyunatkan bayi laki-laki mereka sejak awal, Anda tidak diharuskan secara medis atau hukum untuk menyunat bayi Anda. Namun, ada sejumlah faktor medis, agama, dan sosial yang dapat Anda pertimbangkan saat memutuskan apakah akan menyunat putra Anda atau tidak.

Kebijakan American Academy of Pediatrics saat ini mengenai sunat menyatakan, "Evaluasi bukti saat ini menunjukkan bahwa manfaat kesehatan dari sunat laki-laki yang baru lahir lebih besar daripada risikonya."

Beberapa manfaat sunat yang diteliti antara lain:

1. Penurunan risiko infeksi saluran kemih (ISK), terutama pada tahun pertama kehidupan seorang anak. ISK yang parah atau berulang dapat menyebabkan kerusakan ginjal atau bahkan sepsis (infeksi aliran darah).

2. Penurunan risiko tertular HIV, serta beberapa penyakit lain yang ditularkan melalui kontak seksual. (Tetapi penting untuk diingat bahwa sunat bukanlah pencegahan infeksi menular seksual!)

3. Penurunan risiko kondisi kulit yang dapat memengaruhi penis, seperti phimosis.

4. Risiko lebih rendah terkena kanker penis (walaupun kanker ini sangat jarang terjadi).

5. Penurunan risiko kanker serviks pada pasangan wanita dari pria yang disunat.

Banyak anak laki-laki merasa lebih mudah untuk menjaga kebersihan alat kelamin saat kulup dilepas. Tapi kami ingin menjadi jelas di sini: Kebersihan yang baik adalah kebersihan yang baik. Ajari anak Anda cara menjaga kebersihan area genital mereka — kulup atau tidak — dan mereka akan berada dalam kondisi yang baik.

Ada penelitian yang menunjukkan bahwa tidak ada efek sunat pada sensasi atau kesenangan seksual. Studi lain, seperti yang satu ini dari 2008, telah menemukan peningkatan sensitivitas seksual untuk pria yang disunat.

Meskipun ini bisa menjadi hal yang tidak nyaman – dan memang jauh – untuk dipikirkan ketika menyangkut bayi Anda yang baru lahir, itu layak untuk dipertimbangkan.

Khusus sebagai orang tua baru, Anda mungkin sangat gugup tentang bagian ini. Seperti halnya prosedur pembedahan, ada beberapa faktor risiko yang perlu dipertimbangkan ketika memutuskan apakah akan menyunat bayi Anda.

Untuk meyakinkan Anda, sunat adalah prosedur yang sangat umum dan komplikasi jarang terjadi. Tetapi risikonya mungkin termasuk; pendarahan pada saat prosedur
infeksi, nyeri, dan kerusakan atau kelainan bentuk pada penis, yang mungkin muncul kemudian dalam perkembangan.

Insiden komplikasi serius (seperti kerusakan pada penis) sangat rendah, diperkirakan serendah 0,2 persen dan sering terjadi dengan sunat yang dilakukan di luar rumah sakit. Insiden komplikasi ringan (seperti perdarahan atau infeksi) dilaporkan sekitar 3 persen.

Pasti ada risiko yang harus dipertimbangkan. Namun risiko ini minimal bila prosedur dilakukan oleh profesional medis terlatih dalam lingkungan yang steril.

Baca: Putra Raffi Ahmad Dapat Simpanan Jumbo, Simak Langkah Bikin Tabungan Anak

ISTIQOMATUL HAYATI | HEALTHLINE

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."