Tren Interior 2022, Dekorasi Resor hingga Lime Wash Bisa jadi Pilihan

Ilustrasi dinding lime wash. Foto: Portolapaints.com

ragam

Tren Interior 2022, Dekorasi Resor hingga Lime Wash Bisa jadi Pilihan

Senin, 3 Januari 2022 20:50 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Berencana mengubah atau menambahkan interior rumah di awal tahun ini? Jika iya, jangan lewatkan tren interior 2020 menurut sejumlah desainer interior. Beberapa di antara mereka menyebutkan tren interior bergaya resor dan lime wash kian digemari.

Mengingat masih di tengah pandemi, sejumlah pakar interior memprediksi ruang serbaguna kian diminati. Misalnya ruang olahraga sekaligus ruang kantor di rumah. Itu menjadi salah satu strategi untuk tak lupa berolahraga selama aktivitas di rumah saja.

Berikut sejumlah tren interior untuk pilihan Anda

1. Parisian Style

"Tren desain rumah yang akan populer tahun ini berpusat pada interpretasi modern dari desain yang terinspirasi Paris," kata Kelley Carter, direktur mode Bloomingdale untuk rumah.

Contohnya, desain dalam warna-warna pastel yang menerawang dan metalik yang ramping. Tujuannya menciptakan suasana futuristik namun hangat dan mengundang. Juga akan ada elemen surealisme, dengan potongan-potongan yang dapat menciptakan efek bercahaya melalui kombinasi cahaya alami dan elemen tembus pandang."

2. Dinding Lime Wash

"Lime wash muncul kembali di akhir tahun 2021, tetapi saya memperkirakan ini akan menjadi salah satu tren teratas dalam hal pelapis dinding," kata desainer interior Alvin Wayne.

Karena jenis cat dinding ini mengandung kapur, saat permukaan mengering, kapur akan tampak sebagai area putih berawan, menciptakan getaran halus daripada dinding warna solid. Untuk penggemar pesona dunia lama, pertimbangkan sentuhan lime wash untuk memberi warna baru di interior hunian.

3. Nuansa 90-an

Lain lagi menurut pandangan desainer interior Mikel Welch, ia memprediksi interior bergaya tahun 90-an bakal kembali. "Kita akan kembali ke lorong-lorong lengkung, warna cat hijau hutan, dan hasil akhir hitam matte, bukan kuningan dan perak," jelasnya.

4. Berani Bermain Warna

Setelah bertahun-tahun condong ke netral dan getaran Scandinavia, sejumlah pemilik hunian menginginkan adanya maksimalisme dalam warna agar tak membosankan. "Bahkan mereka yang menyukai 'Scandi' meminta sentuhan warna berani. Lebih warni dalam dekorasi," kata Velinda Hellen dari Velinda Hellen Design

5. Interior Resor 

Dalam tren desain 2022, orang-orang akan memperhatikan ruang tamu mereka dan merasa ketika di ruang tamu mereka sedang berlibur di resor impian mereka. Pilihan perabotan dan pajangan membawa euforia bersantai.

6. Satu Nuansa

Wayne juga memprediksi interior suatu nuansa, warna utama dan turunannya, terus diminati. Ia mencontohkan kamar dicat dalam satu warna dari dinding hingga langit-langit, sementara warna perabotan dalam nuansa lain, warna turunan dari cat dinding.

"Lupakan kontras tinggi, tetapi pertimbangkan dinding terakota dengan penutup selimut berwarna tanah liat, atau dinding hijau tua dengan lemari hijau lembut. Pilih warna, lalu mainkan dengan variasi tema yang halus," tuturnya.

7. Nuansa kayu terang

"Tren lain yang akan muncul adalah pesona kayu ek ringan," kata Welch. "Untuk waktu yang lama kami telah bekerja dengan warna abu-abu di lantai dan lemari, tetapi sekarang semuanya bergeser ke warna kayu yang lebih terang," katanya. Jika Anda tidak berencana mengganti lantai hunian dalam waktu dekat, bisa berkreasi dengan perabotan atau pajangan berbahan kayu ringan.

8. Art Deco

Sentuhan art deco kembali hits tahun ini. "Bentuk bulat, ubin campuran, sisik yang menyenangkan, dan pajangan berwarna campuran hijau dan merah muda," Hellen mencontohkan. Pertimbangkan juga untuk memasukkan Art Deco melalui detail-detail kecil, seperti cermin dekoratif atau mug corak ubin.

9. Ruang serbaguna

Di masa pandemi ini, sejumlah pakar desain melihat area multifungsi akan menjadi tren interior 2022. Ia mencontohkan area pusat kebugaran dan ruang kantor bisa  sekaligus dijadikan ruang tamu.

SHELAMITA AZZAHRA | REAL SIMPLE