Belajar dari Ibunya, Begini Cara Betty White Memandang Masa Tua

Betty White. tamedcynic.org

ragam

Belajar dari Ibunya, Begini Cara Betty White Memandang Masa Tua

Sabtu, 1 Januari 2022 22:15 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Melalui percakapan dengan kolumnis New York Times, Frank Bruni, aktris ikonik Betty White pernah mengatakan pandangannya yang optimis terhadap masa tua, proses penuaan, dan kematian.

Betty White, yang meninggal dalam usia 99 tahun ini membeberkan "tidak ada" yang sulit untuk menjadi tua, mengutip pendekatan optimis ibunya sendiri terhadap kematian.

"Ibuku memiliki pendekatan yang luar biasa terhadap kematian," kata White. "Dia selalu menganggapnya sebagai — dia berkata, 'Kami tahu kami telah berhasil menemukan hampir semua yang ada, tetapi tidak ada yang tahu ... apa yang terjadi pada saat itu ketika semuanya berakhir.' "

Dia melanjutkan: "Dan dia berkata, 'Itu satu-satunya rahasia yang tidak kita ketahui.' Jadi, setiap kali kita kehilangan seseorang yang sangat dekat dan sangat kita sayangi, dia akan selalu berkata, 'Nah, sekarang dia tahu rahasianya.' Dan itu menghilangkan kutukan itu entah bagaimana."

Pandangan itu memicu pandangan White sendiri tentang proses penuaan dan kematian, katanya kepada Bruni: "Saya tidak takut atau takut akan kematian," menambahkan sambil tersenyum.

White membuat komentar serupa dalam sebuah wawancara dengan Katie Couric di CBS Sunday Morning pada 2012, ia menjelaskan bagaimana ibunya selalu mengatakan kepadanya, "Tidak ada yang tahu [apa yang terjadi ketika Anda mati]. Orang-orang berpikir mereka tahu - Anda bisa percaya apa pun yang Anda ingin percayai apa terjadi pada saat terakhir itu — tetapi tidak ada yang tahu sampai itu terjadi.'"

Betty White memiliki karier bertingkat yang mencakup peran tak terlupakan di The Golden Girls dan The Mary Tyler Moore Show dan, kemudian, bagian ikonik di Hot in Cleveland dan dalam film 2009 The Proposal.

Dalam beberapa tahun terakhir, dia menjalani kehidupan yang tenang di Los Angeles bermain teka-teki silang dan permainan kartu dan menonton film dokumenter hewan, Jeopardy! dan olahraga, khususnya golf. White juga merupakan pendukung Pusat Pembelajaran Satwa Liar, Akuarium Teluk Monterey.

Berbicara kepada People menjelang cerita sampul minggu ini - yang merayakan ulang tahunnya yang ke-100 yang akan datang - aktris veteran itu berkata: "Saya sangat beruntung berada dalam kesehatan yang baik dan merasa sangat baik pada usia ini. Sungguh menakjubkan."

White menambahkan bahwa "terlahir sebagai seorang optimis yang sombong" adalah kunci dari sifat optimisnya. "Saya mendapatkannya dari ibu saya, dan itu tidak pernah berubah," katanya. "Saya selalu menemukan yang positif."

White meninggal "dengan damai dalam tidurnya di rumahnya" pada hari Jumat, 31 Desember 2021 dalam usia 99 tahun, hanya dua setengah minggu sebelum dia merayakan ulang tahunnya yang ke-100.

"Meskipun Betty akan berusia 100 tahun, saya pikir dia akan hidup selamanya," kata agen dan teman dekatnya Jeff Witjas kepada People dalam sebuah pernyataan.

"Saya akan sangat merindukannya dan begitu juga dunia binatang yang sangat dia cintai. Saya tidak berpikir Betty pernah takut meninggal karena dia selalu ingin bersama suaminya yang paling dicintai Allen Ludden. Dia percaya dia akan bersamanya lagi."

Baca: Betty White Meninggal Jelang Usia Seabad, Simak Kiprahnya di Industri Hiburan

PEOPLE