Jelang Natal 2021, Ini Inspirasi Hidangan Spesial ala Keluarga Indonesia

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi hidangan Natal. businessinsider.sg

Ilustrasi hidangan Natal. businessinsider.sg

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Perayaan Natal 2021 tidak lengkap tanpa sajian lezat yang tersedia di meja makan. Setiap keluarga tentunya memiliki menu favoritnya masing-masing, namun ada beberapa makanan yang tidak pernah absen disajikan.

Indonesia yang terdiri dari berbagai suku memiliki makanan khasnya masing-masing. Rasanya juga bervariasi dari manis hingga pedas.

Masakan Indonesia ini biasanya hadir di hari-hari istimewa, terutama Natal. Berikut beberapa hidangan Natal khas Indonesia yang bisa menjadi inspirasi perayaan pada Sabtu nanti. 

Katak ayam

Hidangan ini tak pernah absen dihidangkan saat Natal. Ayam kodok sendiri adalah ayam utuh atau satu ekor yang telah dikeluarkan isi perutnya.

Kemudian, daging sapi yang sudah diolah dan dibumbui, dimasukkan ke dalam ayam yang masih utuh. Ayam kemudian disajikan di atas nampan atau piring besar dengan hiasan.

Sup Brenebon

Asli dari Manado, sup ini terdiri dari kacang merah, iga sapi, dan sayuran. Menu ampuh ini sangat cocok disantap di malam Natal dan bisa menambah kehangatan keluarga.

Klappertaart

Resep Klapertart. Gulaku.com

Masih dari Manado, kue manis berbahan dasar kelapa, telur, tepung, susu dan mentega ini praktis tidak pernah absen saat Natal. Tak hanya masyarakat Manado yang menghidangkan kue ini, banyak masyarakat Indonesia yang menyediakan klapertart sebagai menu Natal di rumah.

Babi panggang

menu ini wajib hadir bagi masyarakat Sumut yang merayakan Natal. Babi bakar dengan karo adalah daging babi yang dipanggang hingga garing kemudian ditambah dengan bumbu pelengkap seperti bawang putih, daun serai, kecap manis dan sambal spesial.

Ikan arsik

Ini juga menjadi menu wajib Natal bagi masyarakat Sumut. Ikan yang digunakan biasanya berupa ikan mas yang dipadukan dengan bumbu seperti asam patikala, bunga kecombrang, dan lokio. Agar lebih nikmat, ditambahkan pula sambal andaliman pedas.

Selat Solo

Ini adalah menu khas dari Jawa yang dipengaruhi oleh masakan Eropa dan berasal dari Solo. Makanan ini terdiri dari daging sapi yang direbus dengan kuah yang terbuat dari bawang putih, cuka, kecap, air, dan dibumbui dengan pala dan merica.

Selat solo kemudian disajikan dengan telur rebus dan sayuran seperti buncis, kentang, tomat, selada, mentimun, kol atau brokoli dan wortel, dan di sebelahnya ditambahkan sedikit mustard atau mayones.

Kuah ikan kuning

Menu ini menjadi menu wajib dalam perayaan Natal masyarakat Ambon. Ikan yang digunakan biasanya berupa tongkol kemudian dimasak dengan campuran bawang merah, bawang putih, kemiri, dan kunyit.

Baca: Sambut Natal 2021, Intip Foto Puput Nastiti Devi dan Keluarga Berbusana Merah

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."