Pernah Tak Sengaja Menyakiti Pasangan? Simak 5 Cara Perbaiki Hubungan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi wanita memberikan dukungan untuk pasangannya. Freepik.com/Wayhomestudio

Ilustrasi wanita memberikan dukungan untuk pasangannya. Freepik.com/Wayhomestudio

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta -  Dalam menjalin hubungan, terkadang kita semua memiliki momen ketika kita mengatakan atau melakukan sesuatu yang menyakiti pasangan kita secara tidak sengaja.

Hal ini mungkin karena rasa frustrasi kita dalam kehidupan di tempat kerja atau secara umum, semacam stres dan tanpa sadar kita menyerang atau mengatakan sesuatu yang seharusnya tidak kita ucapkan. Bahkan beberapa lelucon yang selama ini dianggap lucu, ternyata semuanya salah.

Jadi untuk menghibur dan menemani pasangan kamu yang terluka atas kesalahan yang tidak kamu sengaja, berikut beberapa tips yang mungkin bisa membantu.

1. Kenali kesalahan kamu

Alih-alih merasa bersalah dan tidak membicarakannya dengan pasangan  kamu, bicaralah padanya dan beri tahu dia bahwa kamu menyesal telah melakukan kesalahan itu. Berikan pelukan hangat dan minta maaf. Penting untuk tidak hanya mengenali kesalahan Anda tetapi juga menindaklanjutinya dan menghibur orang lain. Jangan lari dengan anggapan bahwa dia tidak ingin melihat kamu karena kamu adalah pelakunya.

2. Perubahan strategi

Semua orang berbeda sehingga cara mereka menangani rasa sakit juga bervariasi. Terkadang efeknya terlalu banyak sehingga tidak bisa diperbaiki dalam sekejap. Di sini Anda mengubah taktik Anda, strategi Anda tentang cara menghadapinya. Sesuaikan dan sesuaikan pendekatan Anda. Lihat di mana Anda perlu mengubah diri sendiri karena "Saya seperti itu" bukanlah jawaban dalam situasi ini

3. Tunjukkan cinta

Jika Anda seorang yang jarang mengungkapkan kata cinta tetapi sangat mencintainya, tetapi dalam kasus ini itu mungkin tidak berhasil. Terkadang penting untuk mengungkapkannya dengan kata-kata dan tindakan. Memeluk, berpegangan tangan, meyakinkan pasangan Anda dengan kata-kata cinta dan perhatian. Katakan bahwa Anda ingin tahu apa yang dia alami selain Anda meminta maaf dan mengakui kesalahan Anda.

4. Apa yang dapat kamu lakukan untuk memperbaiki kerusakan?

Setelah kamu memulai proses memberikan kenyamanan, kamu harus melakukan sesuatu terhadap efek yang kamu lakukan juga. Tanyakan apa yang dapat Anda lakukan, bagaimana Anda dapat membantu karena Anda tidak dapat mengambilnya kembali. Katakan kepada mereka bahwa Anda tidak ingin memperburuk keadaan. Jika Anda tidak yakin apa yang dapat Anda lakukan, katakan juga - "Saya tidak yakin bagaimana melakukannya, tetapi saya bersedia melakukan apa saja untuk memperbaiki situasi". 

5. Terbuka dan komunikasi

Kamu telah meminjamkan telinga ke pasangan, tetapi pastikan kamu membuat pasangan juga memahami kenapa kamu tak sengaja melakukannya. Pasangan kamu juga akan merasa nyaman dan baik jika jika terbuka padanya. Jangan biarkan ada ruang untuk miskomunikasi. Dalam suatu hubungan, selalu ada lalu komunikasi dua arah. 

Baca: 3 Cara Mudah untuk Menjaga Hubungan dengan Pasangan Tetap Harmonis

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."