7 Tips Makeup untuk Ibu Kamu, Arah Riasan ke Atas dan ke Luar

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi ibu dan anak perempuan. Shutterstock

Ilustrasi ibu dan anak perempuan. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Jenis kulit setiap orang berbeda tergantung pada berbagai faktor seperti pola makan, gaya hidup, rutinitas perawatan kulit hingga usia. Ketika berbicara tentang wanita di atas 50 tahun seperti ibu kita, ada beberapa tips makeup yang membuat mereka terlihat elegan dan bergaya tanpa berlebihan.

Seiring bertambahnya usia, kulit wajah cenderung berubah. Akan muncul beberapa garis halus dan kerutan. Kulit juga bisa menjadi sedikit kering dan memiliki tekstur atau warna yang tidak rata. Berikut beberapa teknik riasan atau makeup yang bisa diterapkan saat kamu merias wajah ibumu dikutip dari laman Pink Villa, Kamis, 28 Oktober 2021.

1. Terlebih dahulu uji produk makeup di area yang tepat

Hal pertama yang harus selalu diingat saat mengaplikasikan riasan pada kulit yang menua adalah selalu menguji riasan di tempat yang tepat. Ini berarti bahwa setiap kali Anda menguji produk rias, hindari mengujinya di punggung tangan ibu Anda, sebagai gantinya ujilah pada ibu jari atau jari telunjuk Anda untuk melihat bagaimana tampilannya pada tekstur kulit ibu Anda. 

2. Aplikasikan makeup di bagian tengah

Cobalah untuk menerapkan jumlah riasan maksimum di bagian tengah wajah ibu kamu. Bagian tengah wajah ibu kamu merupakan salah satu area terpenting di mana harus ada riasan untuk menutupi garis dan kerutan tersebut.

Mulailah dari hidungnya untuk menyembunyikan pori-pori, garis ekspresi, dan yang lainnya. Kemudian sembunyikan lingkaran hitam dengan mengoleskan alas bedak atau krim pengoreksi warna di bagian tengah lalu membaurkannya ke arah luar. Padukan riasan semulus mungkin dan cobalah untuk menutupi area bermasalah dengan sempurna.

3. Selalu aplikasikan riasan ke arah atas dan ke luar

Hal penting lainnya yang harus selalu diingat adalah mengaplikasikan makeup ke arah luar dan ke atas untuk menghilangkan kulit kendor dan garis ekspresi. Setiap kali Anda menerapkan krim, minyak wajah atau serum bekerja jauh lebih baik, bila Anda mengaplikasikannya ke arah luar untuk mendapatkan sirkulasi dan memastikan bahwa produk tersebut tercampur sempurna ke dalam kulit Anda.

Anda bisa mulai dari pangkal leher Anda kemudian ke arah atas garis rahang. Ini akan memastikan bahwa Anda memijat wajah Anda dengan cara ke atas dan ke luar alih-alih menarik kulit Anda ke bawah dan membuatnya terlihat basah dan lelah.

4. Sesuaikan tekstur lipstik

Jika Anda merasa bahwa lipstik glossy terlalu mencolok untuk ibu kamu, maka sesuaikan tekstur dan tampilannya. Bisa dicampur dengan lipstik matte atau memilih lipstik matte saja.

5. Coba aplikasikan riasan alis sebelum area mata lainnya

Dahulukan merias alis dari area mata lainnya. Saat merias bentuk alis dan memanjangkannya, itu memberi area mata ibu kamu bingkai yang lebih besar. Ini akan membantu kamu memahami seberapa banyak riasan untuk menutupi bingkai dan area itu.

6. Buat lipatan kelopak mata baru

Masalah umum yang kerap dihadapi wanita tua adalah mata lelah, berkantong, dan kendor. Seiring bertambahnya usia, mata ibu kamu bisa terlihat lebih kecil. Jadi, disarankan lebih memperhatikan area tersebut. Caranya?

Yang bisa kamu lakukan adalah merias kelopak mata dengan warna yang lebih gelap untuk membaurkannya dari garis bulu mata dan di atas area lipatan untuk memperpanjang lipatan kelopak mata. Ini akan membantu mata ibu kamu terlihat lebih segar, lebih besar, dan lebih cantik. Bukan itu saja, kiat makeup itu juga menciptakan area yang lebih luas untuk mengaplikasikan eyeshadow dan eyeliner.

7. Terima ketidaksempurnaan

Ketika kulit mulai menua, hal yang sangat alami jika kulit menjadi lebih asimetris seiring bertambahnya usia. Mungkin satu baris sedikit lebih tinggi dari yang lain atau satu sisi wajah Anda memiliki lebih banyak kerutan di garis daripada sisi lainnya. Jadi, alih-alih mencoba menyembunyikan ketidaksempurnaan ini dan mencoba membuat wajah ibu kamu terlihat simetris, buatlah ibumu percaya diri dengan tampilan cantik sesuai usianya. Ingatlah, the power of makeup semakin memancarkan wajah cantik seseorang, bukan tampil menjadi orang lain.

 Baca juga: Tips Makeup ala Lady Boss, Riasan Mata dan Bibir Lebih Dominan

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."