Sebentar Lagi Gajian, Lakukan 5 Langkah Ini Agar Gaji Tidak Cepat Ludes

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi perencanaan keuangan. Mommysdiary.com

Ilustrasi perencanaan keuangan. Mommysdiary.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Karyawan ada yang mendapatkan gaji pada 25 atau 27 atau bahkan awal bulan. Biasa hari itu adalah hari yang sangat ditunggu-tunggu.

Pada pandemi, situasi dengan ketidakpastian yang sangat tinggi menuntut masyarakat lebih jeli dalam mengelola keuangan. Riset 2020 Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat - Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia mengungkap rata-rata pengeluaran bulanan masyarakat sebelum dan saat pandemi di Tokopedia meningkat 71 persen. “Mengelola penghasilan dengan bijaksana sangat penting agar setiap bulan ada dana yang dialokasikan untuk kebutuhan mendadak, terutama di tengah situasi tidak pasti seperti saat pandemi ini," kata AVP of Payment Tokopedia, Astrid Theresia Tampubolon dalam keterangan pers yang diterima Cantika pada 22 Oktober 2021.

Tokopedia pun membagikan tips mudah mengelola penghasilan dengan bijak di masa pandemi. Berikut 5 langkah penting yang bisa diambil.

1. Catat Semua Pengeluaran
Rutin mencatat pengeluaran akan membantu memonitor keluar masuk dana. Hal ini membantu kita mengevaluasi dan mengeliminasi pengeluaran yang tidak perlu ke depannya.

2. Atur Prioritas Kebutuhan
Mengatur keuangan bulanan penting dilakukan agar gaji yang dimiliki bisa dialokasi dengan baik. Terutama di tengah pandemi, atur prioritas pengeluaran berdasarkan kebutuhan, bukan keinginan.

3. Manfaatkan Promo
Jeli memanfaatkan promo akan membuat belanja kebutuhan sehari-hari menjadi lebih efisien. Di Tokopedia misalnya, masyarakat bisa mendapatkan promo setiap hari di Tokopedia (tokopedia.com/promo), salah satunya cashback hingga Rp75 ribu jika menggunakan Gopay atau GoPayLater hingga 31 Oktober 2021 mendatang.

4. Pisahkan Rekening Tabungan
Menabunglah di awal ketika baru saja menerima gaji dan pisahkan rekening tabungan dengan rekening pengeluaran sehari-hari. Hal ini akan membuat pengelolaan keuangan lebih efektif.

5. Jangan Lupa Investasi
Financial Consultant, Prita Hapsari Ghozie, menyarankan saat mulai berinvestasi, masyarakat perlu mempelajari serta memilih jenis investasi sesuai dengan risiko dan keuntungan masing-masing. “Pastikan produk investasi tersebut telah memiliki izin yang tepat serta menyajikan portofolio laporan investasi yang transparan,” ujarnya di acara virtual Tokopedia beberapa waktu lalu.

Jadi, kamu sudah lakukan apa untuk menyelamatkan gaji kamu?

Baca: Mau Gaji Tinggi? Coba Asah 6 Keterampilan Ini

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."