5 Sebab Kulit Mudah Memar, Konsumsi Obat Pengencer Darah Salah Satunya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi kulit memar. Greatist.com

Ilustrasi kulit memar. Greatist.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Anda pasti pernah mengalami kulit memar kebiruan akibat terantuk tembok atau benda keras. Tetapi, ada orang yang sering mengalami memar tanpa sebab, atau mudah memar walau hanya tersenggol benda keras. Orang yang lebih tua lebih rentan mengalami memar.

Memar biasanya merupakan hasil dari cedera jaringan yang menyebabkan perubahan warna kulit. Ini terbentuk ketika ada pendarahan di bawah kulit setelah cedera dan menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah. Warna memar dapat berkisar dari hitam dan biru hingga kecoklatan atau ungu dan seseorang mungkin mengalami rasa sakit ringan ketika area yang terluka ditekan.

Namun, hal yang paling penting untuk diperhatikan adalah kemungkinan penyebab di balik mengapa seseorang memar. Bisa jadi karena kondisi kesehatan atau beberapa obat. Berikut kemungkinan penyebab orang mudah mengalami memar di kulitnya dilansir dari laman Times of India

1. Gangguan pendarahan

Salah satu penyebab umum memar adalah gangguan pendarahan. Ini adalah sekelompok kondisi yang terjadi ketika darah seseorang tidak membeku sama sekali atau melakukannya dengan sangat lambat. Gangguan pendarahan seperti hemofilia atau penyakit von Willebrand adalah beberapa penyebab paling umum dari memar. Penyakit tersebut memiliki protein yang rusak atau tidak ada yang penting untuk pembekuan darah.

2. Konsumsi alkohol berlebihan atau penyakit hati

Asupan alkohol berlebih dapat menyebabkan masalah hati seperti sirosis. Ketika penyakit hati berkembang dan menjadi lebih kompleks, itu membatasi produksi protein dari hati yang sangat penting untuk pembekuan darah. Hal ini dapat menyebabkan pendarahan yang berlebihan, menyebabkan sering dan mudah memar.

3. Kekurangan vitamin C atau vitamin K

Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan kondisi kesehatan seperti penyakit kudis. Hal ini selanjutnya menyebabkan gusi berdarah yang menyakitkan, luka yang tidak dapat dijelaskan, dan mudah memar. Selain itu, vitamin K, yang merupakan nutrisi penting yang membantu membentuk pembekuan darah dan menghentikan pendarahan, sangat penting untuk mencegah terjadinya memar. Kekurangan Vitamin K dapat menyebabkan peningkatan tiba-tiba tanda memar pada tubuh.

4. Obat pengencer darah

Obat pengencer darah seperti aspirin dapat mencegah pembekuan darah, membuat seseorang berdarah lebih banyak dan menyebabkan memar. Sampai dan kecuali sangat diperlukan dan diresepkan oleh dokter, hindari minum obat pengencer darah. Mereka dapat melemahkan dan mengubah arah pembuluh darah, menyebabkan peradangan dan meningkatkan risiko pendarahan dan memar.

5. Kanker

Tidak semua, tetapi kanker tertentu yang terkait dengan darah atau sumsum tulang, yang dikenal sebagai Leukemia, dapat menyebabkan memar. Mereka yang menderita leukemia cenderung memar karena tubuh mereka tidak menghasilkan cukup trombosit untuk menghentikan pendarahan pembuluh darah. Memar akibat leukemia tidak berbeda dengan memar yang disebabkan oleh alasan lain. Tetapi mereka mungkin muncul di area tubuh yang tidak biasa.

Baca juga: 3 Bahan Alami untuk Mengatasi Memar atau Lebam

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."