Bank OCBC NISP Rilis Aplikasi untuk Kelola Uang Pribadi Hingga Siapkan Investasi

Direktur Bank OCBC NISP Ka Jit dalam konferensi pers OCBC NISP Financial Fitness Index pada 19 Agustus 2021/OCBC NISP

ragam

Bank OCBC NISP Rilis Aplikasi untuk Kelola Uang Pribadi Hingga Siapkan Investasi

Senin, 18 Oktober 2021 22:50 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Mitra Tarigan

CANTIKA.COM, Jakarta - Bank OCBC NISP menghadirkan pembaharuan dari aplikasi ONe Mobile. Direktur Bank OCBC NISP Ka Jit mengatakan ONe Mobile merupakan sebuah aplikasi untuk menumbuhkan uang, baik dalam nominal besar atau kecil, jangka panjang maupun jangka pendek, yang dapat dilakukan dengan mudah dan aman.

"Kapabilitas dan fitur dari ONe Mobile membantu nasabah untuk dapat mengelola keuangan pribadi dengan baik, mengatur pengeluaran serta mempersiapkan investasi yang sesuai dengan kebutuhan nasabah, mulai dari reksadana, obligasi, deposito, tabungan berjangka, bahkan tabungan valuta asing (valas)," kata Ka Jit dalam peluncuran ONe Mobile, Jumat, 15 Oktober 2021.

Peluncuran aplikasi itu, kata dia, merupakan upaya untuk membangun generasi yang financially fit.

Sebelumnya, kemudahan dan kepraktisan yang disediakan oleh aplikasi keuangan dalam melakukan transfer, beli dan bayar berbagai kebutuhan ditambah dengan banyaknya promo menarik tidak selalu memberikan dampak positif bahkan dapat menjebak masyarakat dalam perilaku konsumtif. Ditambah dengan kurangnya literasi keuangan, perilaku tersebut menyebabkan pengelolaan keuangan yang tidak tepat yang bisa membuat saldo tabungan tidak tumbuh dan terus berkurang. Inilah yang menjadi salah satu penyebab banyak masyarakat yang memiliki kondisi keuangan yang tidak sehat.

Hasil riset dari Financial Fitness Index by OCBC NISP yang menyebutkan bahwa sebanyak 46 persen responden percaya diri memiliki perencanaan finansial yang baik, namun faktanya sangat disayangkan hanya 16 persen dari responden yang memiliki dan menyiapkan dana darurat serta hanya 3 persen saja yang sudah memiliki produk investasi. Untuk mencapai kondisi keuangan pribadi yang financially fit, diperlukan keseimbangan dalam pengelolaan keuangan, mulai dari mempersiapkan dana darurat, asuransi, sampai dengan investasi, baik itu berupa reksadana, deposito, maupun tabungan berjangka.

Dengan ONe Mobile, nasabah dapat menumbuhkan uangnya dengan berbagai kemudahan fitur seperti semua rekening dalam satu aplikasi. Nasabah, kata dia, bisa buat banyak rekening tanpa batasan dalam satu aplikasi yang sama untuk beragam kebutuhan, mulai dari rekening tabungan untuk transaksi keuangan harian (pembayaran tagihan, top up uang elektronik, transfer), rekening investasi seperti reksadana, obligasi, tabungan berjangka dan rekening pinjaman (kartu kredit, KTA, KPR).

Di ONe Mobile, nasabah dapat menabung dana darurat di tabungan berjangka, reksadana pasar uang, dan deposito tenor pendek mulai dari Rp 1 juta. Di ONe Mobile, tersedia beragam produk investasi seperti Tabungan Berjangka, Obligasi, Reksadana mulai Rp 20 ribu yang bisa dibeli harian / mingguan / bulanan dan bisa bandingkan tiga produk reksadana sekaligus sebelum memutuskan membeli produk yang diinginkan.

Beragam produk investasi dengan return yang lebih tinggi dari deposito juga tersedia. Diantaranya seperti Surat Berharga Negara, Obligasi Retail, Sukuk Tabungan dan Sukuk Retail dengan nilai investasi mulai Rp 1 juta.

Dengan aplikasi yang sama, nasabah bisa bertransaksi dengan cepat, aman dan nyaman. Nasabah bisa gunakan online debit card untuk belanja online biar lebih aman dan terkontrol dengan baik sekaligus bisa bayar Netflix, online transportation on demand dengan nyaman tanpa top-up. Nasabah juga bisa kontrol pengeluaran dengan Kartu Kredit yang bisa ubah transaksi jadi cicilan, tanpa minimum transaksi.

Di ONe Mobile, nasabah juga dapat melakukan transaksi jual/beli dan simpan valuta asing (valas) secara online mulai dengan kurs yang kompetitif mulai dari Rp 50 ribu dan tersedia dalam 11 mata uang asing.

Selain itu, aplikasi ONe Mobile memberikan kemudahan kontrol finansial dengan melihat rincian tabungan, investasi, hingga pinjaman. "Seluruh aktivitas dalam New ONe Mobile dilengkapi dengan fitur Face ID maupun fingerprint untuk login dan PIN untuk transaksi sehingga masyarakat tidak perlu risau akan keamanan dan kenyamanan dalam bertransaksi secara online," kata dia.

Baca: 46 Persen Milenial Percaya Diri dengan Pengelolaan Keuangannya, Padahal...