Memahami Pasangan dengan Bahasa Cinta, Waktu Berkualitas dan Kata-kata Penegasan

ilustrasi cinta valentine (pixabay.com)

cinta

Memahami Pasangan dengan Bahasa Cinta, Waktu Berkualitas dan Kata-kata Penegasan

Selasa, 5 Oktober 2021 08:16 WIB
Reporter : Bisnis.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Dalam menjalani sebuah hubungan, dibutuhkan beberapa cara untuk dapat mempertahankan hubungan tersebut. untuk Apa yang benar-benar dibutuhkan oleh pasangan manapun untuk berkembang adalah pemahaman yang jelas tentang bagaimana satu sama lain memandang cinta.

Menurut penasihat pernikahan AS Gary Chapman, penulis The Five Love Languages: The Secret to Love That Lasts, kita masing-masing memiliki kosakata sendiri untuk mengenali kasih sayang. Dalam buku terlarisnya di New York Times, Chapman menjelaskan bahwa bahasa cinta yang kita ‘bicarakan’ menentukan bagaimana kita mengekspresikan dan menafsirkan cinta.

Terapis memahami nuansa persepsi ini setelah bertahun-tahun memberikan nasihat kepada pasangan yang frustasi oleh kenyataan bahwa mereka tidak dapat memahami satu sama lain, tidak peduli seberapa keras mereka mencoba.

Teori Chapman menyatakan bahwa Anda bisa bersikap baik dan secantik yang Anda suka kepada pasangan Anda. Tetapi jika Anda tidak berbicara dalam bahasa mereka, itu tidak akan berhasil. Namun, jika Anda mengerti bagaimana mereka memandang cinta, dan bereaksi sesuai dengan itu, mereka akan langsung merasa senang dan puas.

Setiap orang memiliki bahasa cinta primer dan sekunder untuk membuat mereka merasa dihargai. Berikut adalah lima bahasa cinta yang berbeda, seperti dilansir dari Stylist.

1. Waktu berkualitas

Jika pasangan Anda adalah orang yang memiliki waktu berkualitas, hal paling menarik yang dapat Anda lakukan adalah mengusir semua gangguan untuk menghabiskan waktu bersama tanpa hambatan, seperti tidak ada telepon, handphone atau TV. Hanya kalian berdua.

2. Menerima hadiah

Semua orang suka dengan hadiah. Namun rupanya, bahasa cinta ‘menerima hadiah’ bukanlah tentang keinginan yang tak tahu malu untuk mendapatkan barang, melainkan pemikiran yang diinvestasikan dalam kesenangan itu. Ketika mereka melihat bahwa pasangannya meluangkan waktu untuk memilih sesuatu yang membuat mereka tersenyum, sang pecinta hadiah merasa benar-benar dicintai.

3. Tindakan pelayanan

Pemahaman tentang cinta ini menonjolkan ungkapan “biarkan aku melakukannya untukmu” pada intinya. Jika pasangan Anda berbicara bahasa ini, mereka akan menghargai tawaran bantuan nyata yang berhasil mengangkat beban mereka dengan cara tertentu. Misalnya, memasak makan malam dan kemudian bersih-bersih setelahnya, menyiram tanaman atau memperbaiki keran yang rusak. Kedengarannya tidak romantis, tetapi jika pasangan Anda adalah orang yang suka melayani, gerakan semacam ini akan berbicara banyak.

4. Sentuhan fisik

Rupanya, orang yang berbicara bahasa sentuhan fisik perlu merasa terhubung dengan pasangannya secara fisik. Berpegangan tangan adalah hal favorit mereka di dunia. Jika ini adalah pasangan Anda, Anda harus “tidak pernah menahan diri dari sentuhan” dalam kehidupan sehari-hari.

5. Kata-kata penegasan

Tidak mengherankan, pria atau wanita yang berbicara bahasa ini tidak pernah bosan mendengarkan kalimat “Aku mencintaimu”. Bagi orang-orang ini, tanda kasih sayang yang kecil sangat penting. Mereka adalah tipe mitra yang menghargai kartu lama dengan pesan-pesan sentimental. Mereka tidak membutuhkan ungkapan yang panjang dan rumit, tetapi pengingat biasa tentang bagaimana perasaan Anda seperti, teks romantis atau pujian, setiap hari.

Baca: 5 Bahasa Cinta yang Bikin Hubunganmu Makin Awet dengan Pasangan