Penasaran dengan Permen Dalgona di Squid Game? Yuk Coba Bikin Sendiri

Permen dalgona hanya membutuhkan dua bahan tapi prosesnya cukup rumit/Foto: Gwangjunewsgic

kuliner

Penasaran dengan Permen Dalgona di Squid Game? Yuk Coba Bikin Sendiri

Minggu, 3 Oktober 2021 13:05 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta -  Drama serial asal Korea Selatan Squid Game yang tayang di Netflix masih ramai dibincangkan oleh masyarakat. Premisnya adalah adalah bahwa 456 kontestan harus memainkan permainan anak-anak untuk bertahan hidup. Salah satunya, membuat kue permen dalgona tanpa merusaknya bisa menjadi perbedaan antara memenangkan banyak uang atau ditembak.

Pada episode 3, para pesaing ditugaskan untuk membuat kue yang sangat rapuh dan lembut yang disebut permen dalgona tanpa memecahkannya. Pada Squid Game, kegagalan untuk menghasilkan suguhan yang sempurna mengakibatkan kematian pemain.

Melansir laman Bustle, 3 Oktober 2021, dalgona adalah makanan penutup Korea yang juga dikenal sebagai permen gula Korea atau ppopgi. Jika nama itu terdengar asing, itu karena dalgona coffee dinamai sesuai dengan suguhannya; campuran kopi gula kocok menjadi tren di TikTok pada awal 2020 karena semua orang terbiasa dengan penguncian.

Permen tradisional dibuat dengan hanya dua bahan dan memiliki konsistensi seperti sarang lebah. Saat mengeras, ia rapuh dan mudah retak — oleh karena itu, sangat berisiko menggunakan pemotong kue untuk mengukir bentuk seperti payung atau bintang.

Saat dikonsumsi dalam keadaan yang tidak mengancam jiwa, permen tersebut ternyata sangat nikmat. Inilah cara membuatnya sendiri.

Ada kemungkinan besar Anda tidak perlu pergi ke toko kelontong untuk yang satu ini — yang Anda butuhkan hanyalah soda kue dan gula. Menurut Bapsang Korea, blog memasak Korea, semua jenis gula bisa digunakan, tetapi Anda tidak bisa mengganti baking soda dengan baking powder.

Apa saja alat yang dibutuhkan?

1. Siapkan panci atau sendok, sebaiknya antilengket2. Anda juga memerlukan kertas perkamen, mangkuk atau cangkir untuk digunakan sebagai stempel, pemotong kue, spatula karet, dan benda tajam untuk menghilangkan bentuk kue, seperti pisau.

Menurut TikTok dan Bapsang Korea, ini adalah cara terbaik untuk memasak permen Anda:

1. Panaskan wajan dengan api kecil sampai sedang dan tambahkan 1,5 sendok makan gula.2. Saat Anda melihat gula meleleh di sekitar tepinya3. Aduk secara teratur untuk memastikannya meleleh secara merata dan tidak gosong. Jika berasap, matikan api dan turunkan suhunya. 4. Lakukan terus sampai gula benar-benar meleleh. (Jika Anda pernah membuat karamel sebelumnya, ini akan terasa familier.)5. Setelah meleleh, matikan api selama beberapa detik agar dingin, lalu aduk dengan tiga sejumput soda kue.6. Aduk sekeras yang Anda bisa. Saat sudah siap, itu akan mengembang dan terlihat seperti kopi kocok.7. Tuang campuran ke selembar kertas perkamen dengan spatula karet.8. Biarkan dingin selama sekitar 10 detik, lalu tekan cangkir atau mangkuk di atasnya untuk meratakannya. Menurut TikTok, ini adalah bagian tersulit, karena sangat lengket.9. Cap dengan pemotong kue Anda dengan cepat dan lepaskan.10. Sekarang tunggu hingga seluruh bagian mengeras, dan keluarkan permen Anda tanpa merusak bentuk bagian dalamnya.

Baca: Suka Squid Game? Ini Dia Rekomendasi Film dan Serial dengan Genre Serupa