Simak 3 Tips Mengelola Uang untuk Pelajar yang sedang di Luar Negeri

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Tampilan aplikasi Wise pada Handphone/Wise

Tampilan aplikasi Wise pada Handphone/Wise

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Setiap tahunnya ribuan pelajar Indonesia melanjutkan pendidikan tinggi di luar negeri. Menurut data yang dikumpulkan oleh UNESCO, jumlah siswa Indonesia yang belajar di luar negeri dari tahun 2013 hingga 2019 telah tumbuh sebesar 21 persen. Pandemi tidak menghalangi semangat para mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri. Terbukti dengan meningkatnya jumlah total penerima beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) yang berangkat ke luar negeri sebanyak 24 ribu pelajar di tahun 2020, dibandingkan dengan tahun 2019 lalu sebanyak 20 ribu pelajar.

Manfaat yang beragam dari mulai akademis, peningkatan karier, hingga pengembangan diri serta menambah pengalaman membuat minat belajar di luar negeri terus naik. Namun, mengejar pendidikan di luar negeri bisa tergolong mahal dan membutuhkan perencanaan keuangan yang matang, mulai dari mengelola pengeluaran pribadi, membayar sewa, hingga transfer uang kembali ke rumah.

Berikut adalah tips terbaik dalam pengelolaan uang salah satu pelajar Indonesia yang memperoleh gelar Master di bidang Kesehatan Masyarakat dari Harvard T.H. Chan School of Public Health melalui beasiswa LPDP, Nadhira Afifa.

1. Membuat rencana keuangan
Menurut Nadhira, hal utama dan terpenting dalam pengelolan keuangan adalah membuat rencana keuangan yang jelas. Saat merencanakan biaya hidup mingguan dan bulanan, biaya tak terduga seperti memperbaiki ponsel yang rusak juga harus diperhitungkan. “Hal - hal kecil yang kadang dianggap sepele, seperti membetulkan barang yang rusak justru bisa menimbulkan biaya yang cukup besar, dan pada akhirnya berdampak pada total biaya hidup keseluruhan yang sudah kita bagi sebelumnya,” ujar Nadhira Afifa dalam keterangan pers yang diterima Cantika pada 30 September 2021.

2. Memahami biaya transfer uang ke luar negeri
Ada berbagai biaya yang terkait dengan transaksi mata uang asing, seperti ketika kita ingin mengirim uang ke negara lain atau ketika kita menggunakan kartu ATM dari Indonesia di luar negeri. Menurut Nadhira, terdapat banyak layanan transfer uang ke luar negeri tetapi sebagian besar harganya tidak transparan. "Saya sering tidak tahu berapa charge bank dan apakah saya mendapatkan harga yang bagus. Ditambah lagi sulit untuk memastikan kapan uang itu akan sampai ke tujuan," kata Nadhira Afifa.

Wise merupakan layanan transfer uang ke luar negeri yang dianggap Nadhira memiliki biaya yang murah, mudah dan nyaman untuk digunakan, juga terdapat rincian biaya pengiriman dan status pengiriman. “Wise punya proses yang cukup simpel dan memberikan kepastian dalam mentransfer uang ke luar negeri. Selama saya menggunakan Wise, transfernya hanya butuh 10 menit saja dan uang sudah sampai. Ratenya terbilang baik. Selain itu, transfer fee nya pun sangat affordable. Biasanya biaya sekali transaksi sekitar Rp 200 ribu, namun bila menggunakan aplikasi Wise hanya Rp 63 ribu,” kata Nadhira Afifa.

3. Cermati nilai tukar uang
Saat mengirim atau menerima uang dari luar negeri, pastikan untuk lebih jeli melihat nilai tukar agar kita mendapatkan harga yang bagus. Memahami perbedaan mata uang asing merupakan hal yang perlu kita cermati karena perbedaan nilai tukar uang sangat penting bagi pelajar internasional. "Ini tidak dapat diremehkan karena sesuatu yang awalnya terlihat kecil membuat perbedaan besar untuk transaksi besar, terutama di negara seperti Amerika Serikat di mana biaya hidup relatif tinggi," kata Nadhira Afifa.

Indonesia Country Manager Wise Elian Ciptono menanggapi problematika Nadhira Afifa. Menurutnya sebagian besar orang cenderung membayar lebih dari yang mereka butuhkan karena layanan tradisional cenderung menambahkan biaya tersembunyi pada nilai tukar yang mereka gunakan. "Sehingga sulit bagi pengguna untuk mengetahui biaya lain yang dibebankan," katanya.

Elian menambahkan bahwa Wise tidak membebankan biaya nilai tukar kepada pelanggan. "Kami menggunakan tarif pasar menengah yang adil yang dapat dilihat siapapun di Google dan Reuters, selalu menunjukkan harga kami dengan transparan dan hanya membebankan biaya yang rendah kepada pelanggan," kata Elian.

Wise telah memiliki lisensi sebagai Penyelenggara Transfer Dana dari Bank Indonesia. Pengguna Wise di dunia, dapat mengirimkan uang dari 43 negara termasuk Indonesia, dan juga dapat mengirimkan uang ke 80 negara di dunia.

Baca: 6 Kiat Menghasilkan Uang dari Tiktok bagi Pemula

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."