Keluhan Jerawat Akibat Maskne Makin Banyak Saat Pandemi, Simak Cara Mencegahnya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi protokol kesehatan / menjaga jarak atau memakai masker. REUTERS/Kim Hong-Ji

Ilustrasi protokol kesehatan / menjaga jarak atau memakai masker. REUTERS/Kim Hong-Ji

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaMaskne (masker acne) merupakan istilah untuk menggambarkan kondisi wajah berjerawat akibat penggunaan masker selama pandemi berlangsung. Penggunaan masker wajah sebagai langkah meminimalisir terinfeksi virus corona, justru dapat menyebabkan berbagai masalah kulit seperti jerawat.

Jerawat yang timbul akibat masker dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti minyak pada pori-pori yang tersumbat, terhambatnya kelembapan kulit, dan menumpuknya keringat. Kasus lain menyebutkan bahwa maskne juga dapat disebabkan oleh dermatitis kontak, alergi atau sensitif pada bahan masker.

Terdapat berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mencegah maskne yaitu dengan menjaga kebersihan masker. Jika menggunakan masker kain maka pastikan masker telah dicuci sebelum digunakan kembali, namun bila menggunakan masker medis maka buang masker setelah pemakaian pertama.

Dilansir dari laman Healthline.com, American Academy of Dermatology Association menyarankan untuk melepas masker setiap 4 jam sekali selama 15 menit, guna meminimalisir terjadinya maskne. Selain itu, membersihkan wajah secara teratur juga dipercaya mampu mencegah kondisi jerawat akibat masker

Namun jika jerawat yang disebabkan masker sudah muncul, kamu dapat menggunakan cara dan perawatan berikut untuk menguranginya, yakni :

1. Gunakan pelembab dan eksfoliasi
Eksfoliasi yang lembut dan pelembab dapat bantu mengangkat serta membersihkan kotoran yang menempel pada wajah hingga menyumbat pori-pori. Namun perawatan harus dilakukan secara berjangka, seperti selama seminggu sekali. Hal ini dilakukan, guna mencegah iritasi atau masalah kulit lain yang disebabkan penggunaan perawatan berlebihan.

Pelembab non comedogenic, produk dengan tekstur ringan dan sedikit kandungan minyak, dianjurkan untuk digunakan guna menjaga hidrasi kulit dan meminimalisir kemungkinan penumpukan minyak dalam pori-pori.

2. Obat jerawat
Gunakan obat jerawat yang berfokus pada spot atau bagian berjerawat saja. Adapun bahan yang dapat digunakan untuk obat jerawat seperti asam salisilat, sulfur, seng, 2,5 persen benzoil peroksida.

3. Kurangi penggunaan make up
Jika terdapat jerawat di wajah, kurangi penggunan riasan terlebih riasan selama menggunakan masker. Riasan seperti bedak, foundation, BB cream, concealer dan lainnya dapat menyumbat pori-pori sehingga membuat proses penyembuhan jerawat semakin lama.

Baca: Banyak Bicara Picu Jerawat di Area Masker

HEALTHLINE.COM | NEXTSTEPSINDERN.COM | FAHIRA NOVANRA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."