Jangan Asal Pakai, Simak Tips Memilih Tas yang Tepat untuk Tubuh Kamu

Ilustrasi tas kulit. Pixabay

mode

Jangan Asal Pakai, Simak Tips Memilih Tas yang Tepat untuk Tubuh Kamu

Rabu, 8 September 2021 08:13 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Tidak seperti busana yang selalu jadi perhatian penting bagi yang mengenakan, tas biasanya jadi pelengkap dan lebih sering fokus pada warnanya. Padahal, jika kamu tidak asal pakai, fungsi tas juga bisa menunjuang postur tubuh, lho.

Seperti halnya dengan tas tangan atau hand bag yang bisa menunjang postur tubuh kamu hampir sama seperti saat kamu memakai celana jeans yang tepat. Sebab, tidak hanya dapat menurunkan berat badan secara visual, tetapi juga akan memoles gaya kamu dalam sekejap.

Terapkan tips memilih tas yang dilansir dari laman Live About, 8 September 2021 berikut ini untuk menemukan tas proporsional sesuai dengan postur tubuh kamu: 

1. Bentuk Tas Tangan versus Bentuk Tubuh

Jika kamu mencoba mengecilkan tipe tubuh, pilih bentuk yang berlawanan dengan siluet tubuh. Misalnya, jika kamu sangat tinggi dan kurus, dapat menambahkan tas bundar untuk menambahkan beberapa lekukan. Jika tinggi kamu standar mainkan hal yang berlawanan dengan memilih tas tangan yang tinggi dan persegi panjang seperti clutch.

Secara umum, semakin berisi postur tubuhmu, semakin terstruktur tas yang dipakai. Itu tidak berarti bahwa kamu harus membawa tas kotak siluet persegi panjang atau persegi dengan kulit atau kain lembut akan berhasil. Misalnya, sosok mungil dan melengkung (seperti Kim Kardashian atau Adele) akan terlihat bagus dengan membawa tas clutch persegi panjang yang besar.

Berikut adalah beberapa bentuk populer tas yang biasa dipakai:

Tote: Tas dengan bagian atas terbuka dengan tali atau pegangan

Tas hobo: Tas bahu berbentuk bulan sabit

Wol: Tas bahu yang tinggi, seringkali dengan bukaan yang lebih lebar di bagian atas.

Flap-top: Tas dengan penutup tipe utilitas (gesper, kancing, dll).

Kopling: Tas genggam kecil atau bentuk geometris yang lebih besar yang diselipkan di bawah lengan atau dibawa di tangan Anda.

Baguette: Tas bahu panjang dan bundar menyerupai roti senama (dan dipopulerkan oleh Fendi).

Tas kurir: Tas bahu besar dan lembut dengan satu tali panjang yang dikenakan di seluruh tubuh.

Kotak cerutu: Sebuah tas kecil, berbentuk kotak, keras, juga disebut minaudiere.

Kantong: Tas kecil yang lembut.

Tas Kelly: Gaya Hermes klasik dinamai Grace Kelly; tas tangan besar yang terstruktur dengan penutup perangkat keras yang khas — sangat unik sehingga memiliki kategorinya sendiri.

Tas selempang: Tas yang seringkali berukuran mini lalu dikenakan di seluruh tubuh dengan tali atau rantai panjang.

Apakah tas yang tepat akan membuatmu terlihat lebih kurus? Tidak persis, tetapi itu bisa menunjang bentuk tubuhmu. Meskipun bentuknya harus berlawanan dengan tipe tubuhmu untuk mendapatkan tampilan maksimal, maka ukuran tas harus proporsional dengan bentuk tubuh.

2. Memlih tas sesuai dengan skala

Pikirkan tentang skala di sini: Seorang perempuan yang tingginya 6 kaki dan ukuran 14 akan terlihat tersesat dengan tas genggam yang sangat kecil. Ukuran mungil 0 akan terlihat kewalahan oleh tas yang sangat besar. Panjang tas bahu (di mana bagian bawah tas menyentuh tubuhmu) akan menonjolkan bagian tubuh mana pun yang didekati.

Misalnya, tas bahu yang ujungnya melingkari pinggul akan melebarkan pinggulmu (mata tertarik ke tas). Kebanyakan perempuan tampak hebat dengan tas yang menyentuh bagian tengah tubuh karena menyangga pinggang. Tas selempang sulit dibawa-bawa untuk perempuan berdada besar karena talinya memotong tepat melewati garis payudara.

3. Luangkan waktu di toko untuk mencoba tas tangan di depan cermin seperti halnya pakaian

4. Jangan tergiur dengan bentuk trendi yang tidak sesuai dengan gaya kamu

5. Pikirkan gaya hidup saat berbelanja tas tangan yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Baca: