Andien Ungkap Kunci Harmonis dengan Pasangan, Jujur Sama Diri Sendiri Dulu

Cara Andien memaknai kejujuran pada pasangan/Foto: Instagram/Andien

cinta

Andien Ungkap Kunci Harmonis dengan Pasangan, Jujur Sama Diri Sendiri Dulu

Jumat, 3 September 2021 22:25 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Banyak pasangan yang terus berproses agar bisa saling jujur saat menjalin hubungan. Begitu pula dengan penyanyi Andien dan suaminya Irfan Wahyudi atau yang akrab disapa Ippe.

Bicara mengenai kejujuran, Andien berbagi cerita saat mengikuti sesi coaching dan mengatakan rasa syukur dalam menjalani hubungan bersama suami di laman instagramnya, Jumat 3 September 2021.

"Lucu deh, tadi siang pas sesi coaching tiba-tiba keluar pernyataan dari mulutku “Aku bersyukur banget dalam relationship aku sama @cyclonesia aku bisa jujur, nggak ada yang diumpetin,” tulisnya dalam unggahan foto bersama suami dan kedua anaknya, Anaku Askara Biru dan Anaku Tarisma Jingga.

Kemudian, setelah sesi selesai perempuan kelahiran 25 Agustus 1985 ini jadi berpikir lebih lanjut kenapa bisa begitu jujur pada pasangan. Selama menjalin hubungan dengan suami, ia merasa bisa jujur tentang hal apapun, padahal di hubungan sebelumnya sama sekali tidak begitu.

"Lalu setelah sesi aku jadi berpikir lebih lanjut.. Kok bisa ya aku being really honest gitu ke Mas Ippe. Ini hubungan di mana aku bisa jujur tentang apa pun ke pasanganku, di mana aku sama sekali nggak kayak gitu di relationships terdahulu," ucapnya.

Andien mengaku, semenjak kecil ia melihat berbagai keluarga di sekitarnya dan sering banget menyaksikan bahwa kejujuran itu seperti suatu hal yang sepele, tapi “mahal” dan tidak gampang diterapkan.

"Karena banyak alasan, selalu ada rahasia dan hal-hal yang nggak diobrolin. Kuakui, emang nggak gampang untuk keluar dari pattern orangtua dan lingkungan," tambahnya. 

Pelantun Bisikan hati ini berharap agar keluarga kecilnya ini bisa menjadi ruang yang nyaman dimana semua anggotanya belajar, bertumbuh dan berproses. Termasuk tentang kejujuran.

Kembali ke sesi coaching yang diikuti oleh Andien dikatakan oleh Coach Yusa menanggapi pernyataan Andien di atas, “Good. Because only when you are honest to yourself, you can be really honest to your partner, tanpa merasa terpaksa”

"Jadi, sudahkah Anda jujur pada diri sendiri? Atau apakah Anda masih menyembunyikan diri Anda yang sebenarnya?" tulis Andien memungkasi keterangan fotonya. 

Baca: Kolaborasi dengan Brand Fashion Lokal, Andien: Motifnya Sarat Nilai Alam