Tak Lagi Romantis pada Pasangan? Ingat Lagi Sesuatu yang Membuat Jatuh Cinta

ilustrasi manipulator cinta by boldsky

cinta

Tak Lagi Romantis pada Pasangan? Ingat Lagi Sesuatu yang Membuat Jatuh Cinta

Jumat, 3 September 2021 07:05 WIB
Reporter : Terjemahan Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Tidak jarang pasangan menemukan diri mereka kehilangan perasaan romantis dan menghadapi keputusan apakah akan tetap bersama atau berpisah.

Jika kamu berada di posisi ini sekarang dan tidak yakin apakah kamu ingin melanjutkan hubungan, penting untuk diingat bahwa hubungan dapat melalui banyak fase yang berbeda.

Hanya karena kamu kehilangan perasaan saat ini, bukan berarti kamu tidak akan pernah bisa mendapatkannya kembali. Melansir laman Very Well Mind, Kamis, 2 September 2021, berikut tanda hubungan kamu bermasalah dan tips menghangatkan kembali. 

Tanda Hubungan Kamu Mungkin Bermasalah

1.  Berhenti melakukan percakapan

Jika kamu biasa berbagi detail hari kamu dengan pasangan dan menanyakan pendapat mereka tentang berbagai hal, tetapi berhenti, itu bisa menjadi tanda koneksi yang terputus.

2. Sikapmu telah berubah

Jika kamu merasa memperlakukan orang lain dengan cara yang sama tetapi pasangan kamu berbeda dari biasanya, itu mungkin pertanda bahwa sikapmu terhadap mereka telah berubah.

3. Kurang merespons pasangan

Kamu merasa seperti menarik diri dari pasangan, atau kamu tidak secara fisik responsif terhadap mereka.

4. Mengabaikan pasangan 

Jika kamu dulu bertanya tentang jadwal mereka selama hari kerja tetapi merasa kehilangan minat, itu bisa menjadi pertanda bahwa segalanya telah berubah.Kamu tidak berdebat lagi. Mungkin kamu merasa tidak ada waktu untuk berdebat. 

Meskipun ini hanya beberapa tanda bahaya yang harus diperhatikan dalam hubungan kamu, itu tidak selalu berarti hubunganmu berakhir. Jika kamu bersedia bekerja untuk menyalakan kembali percikan itu, ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan.

Bagaimana Menghidupkan Kembali Hubungan

Jika Anda tertarik untuk mencoba menghidupkan kembali hubunganmu, ada beberapa cara untuk melakukannya. Faktor terpenting adalah Anda dan pasangan menginginkan hal yang sama, entah itu terapi hubungan atau perceraian.

Jika salah satu dari kamu tidak tertarik untuk menyelamatkan hubungan, itu tidak akan berhasil kecuali kamu memiliki alasan yang sangat kuat untuk tetap bersama.

1. Hidupkan momen indah

Luangkan waktu untuk memikirkan seperti apa fase pertama hubungan itu. Tanyakan pada diri sendiri apa yang berbeda. Apakah kamu memperlakukan satu sama lain seperti yang kamu lakukan sekarang?

Cobalah untuk menghidupkan kembali momen-momen itu, apakah dengan berkencan, memesan makanan yang sama dengan yang kamu makan saat itu, atau melakukan beberapa hal lama yang biasa kamu berdua lakukan untuk bersenang-senang satu sama lain.

Hal-hal ini mungkin tampak kecil, tetapi mereka dapat menjadi penting dalam memicu pikiranmu untuk mengingat bagaimana perasaanmu tentang seseorang dan mengapa kamu merasakan hal yang pernah kamu rasakan.

2. Ingat Hal-Hal yang sukai tentang pasangan

Luangkan waktu untuk merenungkan kualitas yang kamu cintai dan hargai dari pasanganmu. Perhatikan hal-hal yang mereka lakukan yang membuat mereka tersenyum, seperti selera humor mereka atau betapa spontannya mereka.

Jika sifat-sifat itu paling penting, rencanakan untuk bersenang-senang bersama dengan menjelajahi aktivitas baru dengan cara yang menarik. Jika bukan kualitas-kualitas ini, melainkan persahabatan dan sikap kasih sayang yang membuat mereka menjadi pasangan yang hebat, maka cobalah berhubungan dengan mereka setiap hari daripada membiarkan hal-hal lain menjadi prioritas.

3. Dukungan Pasangan

Pada tahap awal suatu hubungan, kamu berdua masih melihat dirimu terpisah, sehingga kamu mempertahankan aspek siapa diri kamu yang membuat kamu merasa terpenuhi. Seringkali, kualitas yang sama inilah yang membuat kamu jatuh cinta dengan pasanganmu. 

4. Saling menghargai

Kita semua memiliki kekurangan kita. Daripada berfokus pada kekurangan pasangan Anda, belajarlah untuk menerimanya. Dan kapan pun kamu dapat mengungkapkan hal-hal yang kamu hargai tentang pasanganmu, pastikan untuk melakukannya.

Menurut Kyle Benson, pakar hubungan, "idenya adalah untuk menangkap pasanganmu melakukan sesuatu yang benar dan berkata, 'terima kasih telah melakukan itu. Saya perhatikan kamu menurunkan mesin cuci piring, dan saya menghargainya.'"

5. Perkuat kecerdasan emosional 

Erin Leonard, PhD, mengatakan, "Mendekat itu mudah tetapi tetap dekat mengharuskan dua orang memiliki kemampuan emosional tertentu. Perbedaan dalam kecerdasan emosional dapat menyebabkan perpecahan."

Hubungan yang sehat membutuhkan kedua pasangan untuk bekerja keras dan berempati satu sama lain agar bisa berjalan lancar. Jika salah satu pasangan tidak mau, itu dapat menyebabkan masalah yang perlu diselesaikan dengan cepat sebelum hubungan memburuk.

6. Bicaralah dengan dari hati ke hati

Meskipun mungkin tampak jelas, banyak pasangan lupa bagaimana cara duduk dan berbicara satu sama lain dari hati ke hati. Percakapan kecil dapat membantu membuka pintu untuk diskusi yang bermakna di kemudian hari.

Ketika itu terjadi, jujurlah dan beri tahu pasangan bagaimana perasaan kamu. Bersama-sama, kamu dapat memutuskan bagaimana bergerak maju. Dengan kejujuran dan kepercayaan, berkomunikasi dapat memberi kamu dorongan yang kamu butuhkan untuk menghidupkan kembali suatu hubungan.

7. Berkencan dengan pasangan lagi

Sangat mudah untuk berhenti memperhatikan pasangan kamu seperti yang kamu lakukan pada awalnya, tetapi jika kamu ingin menyalakan kembali perasaan yang dulu kamu bagikan, itu bisa sesederhana memberi lebih banyak perhatian pada hubungan itu.

Baca: