Tips Jadi Freelancer dengan Gaji Besar Tiap Bulan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi wanita karier. Shutterstock.com

Ilustrasi wanita karier. Shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Pegawai lepas atau freelancer menjadi salah satu pekerjaan yang berkembang dan tercipta berkat kemajuan teknologi. Sistem ini memungkinan pegawai tidak terikat pada perusahaan atau pun jabatan dan hanya melakukan pekerjaan sesuai dengan kesepakatan yang dibuat di awal bersama klien.

Meski demikian salah satu kelemahan menjadi freelancer adalah tidak menentunya pemasukan di tiap bulannya karena tidak terikat kontrak kerja selayaknya pegawai tetap.

Kondisi itu pun pernah dirasakan oleh CEO Ternak Uang yaitu Raymond Chin sebelum akhirnya mendirikan perusahaan rintisan Ternak Uang.
Dalam siaran persnya, Rabu 11 Agustus 2021, Raymond pun berbagi kiat bagi para pegawai lepas agar bisa tetap berpenghasilan besar setiap bulannya. Berikut tipsnya.

1. Cari Bidang Pekerjaan sesuai Hobi
Langkah awal bagi seorang freelancer yang ingin punya penghasilan besar adalah dengan menekuni bidang yang digemari. "Kalau kita bekerja sesuai dengan hobi, kita akan mengeluarkan semua kemampuan kita tanpa memikirkan bayaran terlebih dahulu. Karena ketika semua skill yang kita miliki dicurahkan untuk sebuah pekerjaan yang kita sukai, hasilnya akan baik," kata Raymond Chin.

Saat orang melihat hasil pekerjaan kita bagus, lanjut Raymond, otomatis harga jasa yang kita miliki juga naik dengan sendirinya. Di sisi lain, kemampuan kita juga akan berkembang. "Skill yang lu pelajari buat kerja, most likely bukan skill yang diajarkan di edukasi formal. Skill paling penting itu kita dapatkan dari waktu," ujar pria berkacamata itu.

Sekadar informasi, Raymond mengumpulkan Rp 70 juta pertama dalam kurun 3 bulan. Saat itu, ia menjadi seorang pegawai lepas untuk sebuah perusahaan EduTech. Sementara Rp 30 juta sisanya ia dapatkan setelah menerima proyek dari sebuah start-up.

2. Selalu Terbuka dengan Setiap Peluang
Ketika menjadi seorang freelancer, kesempatan untuk mendapatkan proyek terkadang datang dengan cara yang tidak terduga. Jadi, bukalah pintu selebar-lebarnya terhadap semua kesempatan yang ada. "Pas jadi mahasiswa, gue ikut seminar. Siapa sangka, dari seminar itu gue kenalan sama orang yang ngasih gue kerjaan," ujarnya.

Meski demikian, peluang tidak akan bisa maksimal seandainya seorang freelancer tidak memiliki kemampuan. Oleh karena itu, seorang pegawai lepas harus terus mengasah kemampuannya sehingga pada saat bekerja dapat optimal. "Menurut gue, hoki itu adalah ketika persiapan bertemu dengan kesempatan. Saat kita siap dengan skill yang dimiliki, kesempatan itu bisa jadi peluang emas," kata pengusaha muda itu.

3. Perluas Jaringan
Berbeda dengan pegawai tetap yang kemungkinan hanya bertemu dengan orang yang sama, seorang pegawai lepas tentunya memiliki peluang besar untuk bertemu orang baru.

Artinya, jaringan atau relasi kerja seorang pegawai lepas lebih luas. Manfaatkan momen tersebut untuk menjalin relasi sehingga bisa menciptakan peluang yang mendatangkan pemasukan.

Baca: 5 Pekerjaan Freelance yang Bisa Dilakukan Akhir Pekan

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."