Manfaat Minum Air Rebusan Kayu Manis, Menyehatkan Jantung dan Pencernaan

Ilustrasi kayumanis. shutterstock.com

kesehatan

Manfaat Minum Air Rebusan Kayu Manis, Menyehatkan Jantung dan Pencernaan

Senin, 2 Agustus 2021 09:10 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Air rebusan kayu manis salah satu minuman kaya antioksidan yang menghidrasi tubuh. Selain itu, juga kaya vitamin D dan kalsium

"Ini pada dasarnya adalah teh kayu manis yang dibuat dengan merebus air dan batang kayu manis segar di dalam panci, lalu didinginkan," kata koki selebriti dan ahli gizi Serena Poon, pendiri Culinary Alchemy dan Just Add Water, dikutip laman Well + Good, Ahad, 1 Agustus 2021.

Menurut Poon, menambahkan kayu manis ke air Anda tidak hanya menghidrasi dan lezat, tetapi juga dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan, seperti anti-inflamasi, antikanker, mendukung kesehatan jantung, menurunkan kolesterol, dan berpotensi membantu penurunan berat badan.

Lalu, kapan waktu terbaik meminum air rebusan kayu manis? "Banyak orang mengatakan bahwa minum air kayu manis di malam hari dapat membantu menurunkan berat badan. Sementara yang lain menerapkan prinsip Ayurveda, minum air hangat di pagi hari untuk mendorong pencernaan. Anda bisa mencoba keduanya," kata Poon.

Untuk membuatnya, Anda cukup menyediakan kayu manis dan air secukupnya. Masukkan batang kayu manis dan air ke dalam panci, lalu biarkan mendidih hingga rebusan air berubah warna menjadi coklat tua atau rebus selam 10 menit. "Angkat air rebusan dari panci atau teko, keluarkan batang kayu manis," imbuh Poon. Nikmatilah selagi hangat!

Meskipun kayu manis dapat meningkatkan metabolisme Anda, ia memperingatkan agar tidak mencoba menggunakan air kayu manis sebagai pengganti penurunan berat badan. Selain itu, ada beberapa kondisi yang tak dianjurkan minum air rebusan kayu manis.

“Dalam dosis tinggi kayu manis bisa menjadi racun bagi hati, sehingga orang yang memiliki penyakit hati mungkin sebaiknya berhati-hati. Seperti banyak hal, ada sedikit penelitian tentang efek kayu manis pada ibu hamil, sehingga sebaiknya menghindari minuman ini,” paparnya.

Ia juga menegaskan jika Anda sedang menjalani pengobatan tertentu, ada baiknya berkonsultasi dulu ke dokter sebelum konsumsi air rebusan kayu manis.

Baca juga: Konsumsi Kayu Manis secara Berlebihan Bisa Memicu 5 Penyakit Ini

WELL + GOOD