Rachel Zoe Ungkap Kiat Jadi Penata Gaya Selebriti, Hormati Privasi Klien

Rachel Zoe, penata gaya selebriti Hollywood. Foto: Instagram/@rachelzoe

karir

Rachel Zoe Ungkap Kiat Jadi Penata Gaya Selebriti, Hormati Privasi Klien

Rabu, 21 Juli 2021 11:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Penata gaya selebriti Hollywood, Rachel Zoe membagikan kiatnya saat menata penampilan selebriti selama 15 tahun terakhir ini. Diketahui sederet bintang Hollywood seperti Lindsay Lohan, Nicole Richie, Mischa Barton, Kate Hudson hingga Cameron Diaz sudah pernah didandaninya. 

“Ketika saya mulai menjadi penata gaya selebriti, saya tidak akan berbicara tentang klien, kecuali saya berbicara dengan klien, humas mereka, manajer mereka, dan agen mereka. Saya bahkan tidak akan menyebutkan bahwa saya mengenal mereka atau bekerja dengan mereka,” kata Zoe, dikutip dari laman Page Six, Selasa, 20 Juli 2021.

Istri Rodger Berman itu mengaku lebih senang berada di balik layar. Ia menikmati momen di mana masyarakat menyadari perubahan gaya selebriti yang didandaninya dan menjadi inspirasi.

'Hei, mengapa dia terlihat keren untuk pergi ke Coffee Bean?' Atau, 'Mengapa dia terlihat baik pergi ke bandara?' " ucapnya.

Meski begitu, ia menyadari zaman telah berubah dan media sosial berperan besar dalam mempromosikan pekerjaanya. Ia pun memanfaatkan betul platform tersebut untuk karyanya, tim glam yang membantunya serta mempromosikan para penata gaya pemula.

“Nah, itu hal yang sangat normal, dipahami, di mana bakat adalah bagian dari dunia tim glam,” jelas Zoe. “Mereka mendukung produk rambut mereka, merek makeup mereka, merek pakaian mereka, video YouTube mereka. Mereka mengunggah di media sosial dan menandai semua orang. Ini waktu yang sama sekali berbeda,” tutur ibu dua anak itu.

Dalam soal padu padan busana, Rachel menyebutkan pentingnya ikatan antara penata gaya dan klien mereka. Menurutnya, itu adalah kunci yang tidak berubah sedikit selama bertahun-tahun.

“Penata gaya memainkan peran yang sangat berbeda dengan orang yang berbeda,” imbuh Zoe. “Terkadang mereka lebih seperti pembelanja pribadi, terkadang mereka ada di sana untuk menyajikan pilihan, dan terkadang mereka ada di sana untuk melakukan segalanya.”

Baca juga: Intip Koleksi Marc Jacobs Musim Gugur 2021, Dominan Bentuk Kepompong

Selain berbagi pengalamannya menjadi penata gaya, Rachel mengungkap ada perkembangan dalam cara berpakaian A-listers untuk acara-acara besar seperti di musim penghargaan. Dulunya, banyak selebriti yang berani tampil beda, penuh pernyataan, dan mencuri perhatian. Kini, para bintang lebih fokus kepada penampilan bergaya cantik, dapat diprediksi, dan terikat promosi suatu merek.

“(Gaya selebriti) Karpet merah mungkin dimainkan sedikit lebih aman sekarang. Saya melihat lebih banyak klien mengenakan satu desainer [dari ujung rambut hingga ujung kaki] - saya pikir ada lebih banyak bisnis di sana,” kata Zoe, mengacu pada bagaimana rumah mode secara resmi bermitra dengan selebriti dan kemudian mendandani mereka secara eksklusif sepanjang musim penghargaan.

“Itulah hal yang orang tidak selalu tahu ketika mereka berbicara tentang mode. Mereka melihat glamor, mereka melihat foto, dan mereka melihat penampilan bintang di karpet merah, tetapi pada akhirnya, mode adalah bisnis lebih dari apa pun," ujar perempuan 49 tahun itu.

Walaupun penampilan selebriti zaman sekarang sering terikat promosi suatu merek, Rachel mengatakan ada momen di mana para desainer dan selebriti menunjukkan kreativitasnya dalam industri fashion.

"Sesekali, Anda benar-benar melihat seseorang yang benar-benar memiliki [penampilan mereka] dan tahu bagaimana melakukannya sendiri," katanya. "Saya bahkan mengenal satu aktris tertentu yang benar-benar melakukan glam-nya sendiri."

Selama berkarir di industri mode hampir dua dekade, Rachel Zoe juga telah meluncurkan lini pakaian dan layanan berlangganan gaya, menulis dua buku, membintangi reality show Bravo, dan mendirikan situs web gaya hidup.

PAGE SIX